8 Pemain Dunia dengan Pertandingan Terbanyak Abad ke-21, CR7 Teratas!

Deretan bintang lapangan hijau!

Perkembangan sepak bola semakin pesat, khususnya di abad ke-21. Penggemar sepak bola patut bersyukur karena bisa menyaksikan duel pesepak bola terbaik di dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Namun, tidak hanya kedua megabintang tersebut yang bisa kita nikmati.

Banyak pemain yang tak kalah hebat dan juga mencatatkan pertandingan yang cukup banyak. Catatan pertandingan ini menunjukkan kualitas yang dimiliki oleh pemain-pemain ini. Lantas, siapa saja pemain di dunia dengan pertandingan terbanyak di abad ke-21? Berikut ulasannya.

1. Cristiano Ronaldo (1.047 Pertandingan)

8 Pemain Dunia dengan Pertandingan Terbanyak Abad ke-21, CR7 Teratas!twitter.com/ManUtd

Cristiano Ronaldo adalah pemain dengan pertandingan terbanyak di abad ke-21. Selama kurun waktu 2001 hingga 2021, megabintang asal Portugal itu membela Sporting CP, Manchester United, Real Madrid, dan Juventus di level klub. Ia juga menjadi andalan timnas hingga menjuarai Euro dan UEFA Nations League.

Di abad ke-21, CR7 telah mencatatkan 1.047 pertandingan di semua kompetisi. Jika dirinci, Ronaldo tampil 595 laga di liga domestik, 91 laga di piala domestik, 191 laga di kompetisi antarklub, dan 170 laga bersama Timnas Portugal.

2. Iker Casillas (974 Pertandingan)

8 Pemain Dunia dengan Pertandingan Terbanyak Abad ke-21, CR7 Teratas!goal.com

Iker Casillas bisa dibilang sebagai salah satu kiper terbaik yang bermain di abad ke-21. Tak hanya sukses bersama klub, ia juga membawa Timnas Spanyol meraih kejayaan. Di abad ke-21, Casillas membela dua klub, yakni Real Madrid dan FC Porto.

Berposisi sebagai penjaga gawang, pemain yang gantung sepatu pada tahun 2020 itu telah tampil dalam 974 pertandingan di abad ke-21. Ia tampil 585 laga di liga domestik, 57 laga di piala domestik, 171 laga di kompetisi antarklub, dan 161 laga bersama Timnas Spanyol.

3. Dani Alves (969 Pertandingan)

8 Pemain Dunia dengan Pertandingan Terbanyak Abad ke-21, CR7 Teratas!fcbarcelona.com

Di urutan ketiga ada Dani Alves yang saat ini masih aktif bermain bersama Sao Paulo. Sebelum bergabung dengan klub Brasil tersebut, pemain Brasil ini telah malang melintang membela klub Eropa, di antaranya Sevilla, Barcelona, PSG, dan Juventus.

Pada abad ke-21, bek kanan ini telah mencatatkan 969 pertandingan bersama klub serta Timnas Brasil. Rinciannya adalah 574 laga di liga domestik, 111 laga di piala domestik, 166 laga di kompetisi antarklub, dan 118 laga bersama timnas.

Baca Juga: Dani Alves Miliki Kebencian yang Besar pada Mourinho dan Real Madrid

4. Xavi Hernandez (937 Pertandingan)

8 Pemain Dunia dengan Pertandingan Terbanyak Abad ke-21, CR7 Teratas!instagram.com/xavi

Pemain berkebangsaan Spanyol lainnya yang juga mencatatkan pertandingan cukup banyak di abad ke-21 adalah Xavi Hernandez. Saat ini Xavi menjadi pelatih Al Sadd setelah sebelumnya berseragam Barcelona dan Al Sadd.

Xavi yang juga menjadi andalan Timnas Spanyol mencatatkan 937 pertandingan sepanjang abad ke-21. Ia tampil 536 laga di liga domestik, 95 laga di piala domestik, 174 laga di kompetisi antarklub, dan 132 laga bersama timnas.

5. Yasuhito Endo (909 Pertandingan)

8 Pemain Dunia dengan Pertandingan Terbanyak Abad ke-21, CR7 Teratas!goal.com/THEO KARANIKOS

Di urutan kelima ada Yasuhito Endo yang berasal dari Jepang. Pemain yang kini berusia 41 tahun tersebut menjalani kariernya di liga Jepang. Kini ia membela Jubilo Iwata setelah sebelumnya pernah membela Gamba Osaka di abad ke-21.

Di abad ke-21, Endo mencatatkan 909 pertandingan bersama kedua klub tersebut serta Timnas Jepang. Rinciannya adalah 575 laga di liga domestik, 116 laga di piala domestik, 66 laga di kompetisi antarklub, dan 152 laga bersama timnas.

6. Zlatan Ibrahimovic (907 Pertandingan)

8 Pemain Dunia dengan Pertandingan Terbanyak Abad ke-21, CR7 Teratas!acmilan.com

Zlatan Ibrahimovic menjadi pemain veteran yang hingga kini tampil di level teratas bersama AC Milan. Pemain Swedia ini telah membela cukup banyak klub, khususnya di abad ke-21. Selain AC Milan, Ibra juga membela Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, Paris Saint-Germain, Manchester United, dan LA Galaxy.

Bersama klub-klub tersebut serta bersama Timnas Swedia, Ibra mencatatkan 907 pertandingan. Rinciannya adalah 573 laga di liga domestik, 72 laga di piala domestik, 146 laga di kompetisi antarklub, dan 116 bersama Timnas Swedia.

7. Rogerio Ceni (904 Pertandingan)

8 Pemain Dunia dengan Pertandingan Terbanyak Abad ke-21, CR7 Teratas!spfc.net

Kiper asal Brasil, Rogerio Ceni, juga tak mau kalah dengan pemain ternama Eropa. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2015 itu hanya membela Sao Paulo di level klub dan pernah membela Timnas Brasil.

Di abad ke-21, Ceni mencatatkan 904 pertandingan bersama satu klub tersebut serta Timnas Brasil. Rinciannya adalah 675 laga di liga domestik, 71 laga di piala domestik, 149 laga di kompetisi antarklub, dan 9 bersama timnas.

8. Lionel Messi (902 Pertandingan)

8 Pemain Dunia dengan Pertandingan Terbanyak Abad ke-21, CR7 Teratas!beinsports.com

Tak mau kalah dari bintang sepak bola lainnya, Lionel Messi juga mencatatkan banyak pertandingan di abad ke-21. La Pulga sangat setia berseragam Barcelona di level klub. Tentunya ia juga menjadi andalan di Timnas Argentina.

Messi mencatatkan 902 pertandingan di abad ke-21. Rinciannya adalah 505 laga di liga domestik, 98 laga di piala domestik, 157 laga di kompetisi antarklub, dan 142 laga bersama Timnas Argentina.

 

Itulah delapan pemain di dunia dengan pertandingan terbanyak di abad 21. Data ini dihimpun oleh IFFHS, organisasi sejarah dan statistik sepak bola dunia. Beberapa pemain yang masih aktif tentunya bisa menambah catatan mereka. Akankah ada pemain yang mengejar CR7?

Baca Juga: Lionel Messi Raja Gol Eropa Tahun 2021, Bukti Performanya Masih Bagus

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya