5 Pemain dengan Rasio Gol per Laga Terbaik dalam Sejarah Piala Eropa

Cristiano Ronaldo tak termasuk?

Cristiano Ronaldo saat ini berstatus sebagai top skor sepanjang masa Piala Eropa. Tambahan 2 golnya saat menghadapi Hungaria di Piala Eropa 2020 kali ini membuatnya telah mencetak 11 gol. Namun, Ronaldo telah memainkan total 22 pertandingan di Piala Eropa.

Jumlah pertandingan tersebut membuat rasio gol per laga CR7 tak terlalu mengagumkan, yakni sebesar 0,5. Piala Eropa 2020 tahun ini adalah yang kelima untuk Ronaldo dan itu pun adalah sebuah rekor. Meski sulit dipercaya oleh sebagian penggemarnya, Ronaldo menempati urutan ke-10 dalam daftar pemain dengan rasio gol per laga terbaik di Piala Eropa. Siapa saja pemain yang masuk dalam 5 besar? Berikut ulasannya.

5. Patrick Kluivert - Belanda (6 gol dari 9 pertandingan)

5 Pemain dengan Rasio Gol per Laga Terbaik dalam Sejarah Piala EropaPatrick Kluivert (uefa.com)

Patrick Kluivert adalah bagian dari Generasi Emas Ajax tahun 1990-an. Ia juga mencetak gol kemenangan di final UCL 1995. Di Barca, ia mencetak 124 gol di semua kompetisi. Selain sukses bersama klub, Patrick juga merupakan bagian penting dari Timnas Belanda.

Dia merupakan pencetak gol terbanyak ketiga di negara itu dengan 40 gol dari 79 penampilan. Khususnya di ajang Piala Eropa, Kluivert sukses mengemas 6 gol dari 9 pertandingan. Rasio gol per laga Kluivert di Piala Eropa sebesar 0,67. Turnamen terbaik Kluivert adalah Piala Eropa 2000 saat ia memelopori Timnas Belanda yang bertabur bintang. Saat itu ia mencetak 5 gol.

Baca Juga: Belanda yang Sudah Berdamai dengan Johan Cruyff Arena

4. Ruud van Nistelrooy - Belanda (6 gol dari 8 pertandingan)

5 Pemain dengan Rasio Gol per Laga Terbaik dalam Sejarah Piala EropaRuud van Nistelrooy (goal.com)

Ruud van Nistelrooy juga menjadi salah satu penyerang terbaik yang pernah dilahirkan Belanda. Dia melakukan debut internasionalnya di Piala Eropa 2004. Saat itu ia mencetak gol di semua pertandingan penyisihan grup dan di pertandingan semifinal.

Di Piala Eropa 2008 ia mencetak dua gol. Satu gol ia cetak dalam kemenangan di penyisihan grup dan gol lainnya ia cetak saat mengalami kekalahan 3-1 dari Rusia di perempat final. Dengan demikian, ia mencetak 6 gol dari 8 pertandingan di Piala Eropa. Rasio gol per laganya sebesar 0,75 gol dan berada di urutan ke-4 dalam daftar ini.

3. Antoine Griezmann - Prancis (6 gol dari 8 pertandingan) 

5 Pemain dengan Rasio Gol per Laga Terbaik dalam Sejarah Piala EropaAntoine Griezmann (goal.com)

Antoine Griezmann menjadi bintang Prancis pada Piala Eropa 2016. Saat itu ia mencetak 6 gol dan membuat 2 assist dalam 7 pertandingan. Dia pun dianugerahi sepatu emas dan dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen. Griezmann dinilai masih membawa ancaman itu di Piala Eropa 2020. Rasio gol per laga yang mencapai 0,75 tentu berbicara banyak tentang bakatnya.

Sejauh ini ia telah mengemas 6 gol dari 8 pertandingan di Piala Eropa. Jika dia mengulang penampilan apiknya pada tahun 2016 di edisi kali ini, Prancis hampir pasti akan membawa pulang Piala Eropa 2020.

2. Alan Shearer - Inggris (7 Gol dari 9 Pertandingan)

5 Pemain dengan Rasio Gol per Laga Terbaik dalam Sejarah Piala EropaAlan Shearer (thefa.com)

Alan Shearer adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah dilahirkan Inggris. Dia mencetak 30 gol dalam 63 pertandingan untuk negaranya dengan 7 di antaranya ia catatkan di Piala Eropa. Piala Eropa 1996 adalah kesuksesan terbesarnya dalam karier sepak bola internasional. Shearer mencetak 5 gol saat mengantat Inggris mencapai semifinal.

Dia dianugerahi sepatu emas dan termasuk dalam tim terbaik turnamen. Piala Eropa 2000 adalah turnamen terakhir Alan Shearer karena ia telah memutuskan untuk pensiun. Dengan 7 gol dalam dua edisi dan 9 pertandingan, Alan Shearer adalah runner-up dalam daftar ini dengan rasio 0,78 gol setiap pertandingan.

1. Michel Platini - Prancis (9 gol dari 5 pertandingan)

5 Pemain dengan Rasio Gol per Laga Terbaik dalam Sejarah Piala EropaMichel Platini (fifa.com)

Mungkin tak ada yang bisa menandingi kehebatan Michel Platini di ajang Piala Eropa. Pada edisi tahun 1984, Platini yang membela Prancis benar-benar spektakuler. Hal ini diakui sebagai kinerja individu terbesar dalam turnamen internasional.

Dalam turnamen antarnegara Eropa ini, dia mencetak 9 dari 14 gol Prancis yang kala itu menjadi tuan rumah. Total 9 gol tersebut dia catatkan hanya dari 5 pertandingan! Rasio gol per laga Platini di Piala Eropa adalah sebesar 1,8.

 

Meskipun rasio gol Cristiano Ronaldo kalah jauh dari pemain-pemain tersebut, performa di Piala Eropa tak boleh diremehkan dengan berbagai rekornya. Dalam daftar ini, siapa pemain favoritmu?

Baca Juga: 10 Pemain dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Euro, CR7 Kejar Platini!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya