5 Pemain Paling Diandalkan Fernando Santos di Timnas Portugal, Ada CR7

Deretan bintang Selecao das Quinas

Portugal akan mengarungi gelaran Piala Dunia 2022 di bawah nahkoda Fernando Santos. Juru taktik 68 tahun itu memang terbilang cukup lama dipercaya menjadi pelatih Portugal. Tepatnya sejak tahun 2014 dan bertahan hingga saat ini.

Ia diharapkan menjadi pelatih Timnas Portugal hingga 2024. Hingga saat ini, Santos telah membawa Timnas Portugal meraih kesuksesan. Salah satu trofi yang diraih Santos bersama Timnas Portugal adalah Piala Eropa 2016.

Hingga saat ini, Santos tentu saja telah memainkan banyak pemain yang ia pilih. Banyaknya pemain berkualitas membuatnya sangat leluasa menentukan skuad Timnas Portugal. Berikut daftar pemain paling diandalkan Fernando Santos selama menangani Timnas Portugal.

1. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Paling Diandalkan Fernando Santos di Timnas Portugal, Ada CR7Cristiano Ronaldo (fifa.com)

Pemain paling diandalkan Fernando Santos selama menangani Timnas Portugal adalah Cristiano Ronaldo. Salah satu bintang sepak bola dunia ini tentu saja menjadi pilar utama Santos.

Pemain yang kini berusia 37 tahun itu dipercaya tampil pertama kali bersama Timnas Portugal pada 20 Agustus 2003. Meskipun sudah cukup senior, kualitas Ronaldo masih terjaga hingga kini.

Santos sendiri telah memainkan penyerang yang satu ini dalam 77 pertandingan di delapan kompetisi berbeda. Memiliki kualitas mumpuni, ia menorehkan 67 gol dan 16 assists dari penampilannya tersebut.

2. Joao Moutinho

5 Pemain Paling Diandalkan Fernando Santos di Timnas Portugal, Ada CR7Joao Moutinho (twitter.com/selecaoportugal)

Pemain berikutnya ini juga sudah cukup senior, yakni Joao Moutinho. Namun jelang Piala Dunia 2022, Moutinho tak lagi dipanggil Fernando Santos untuk perkuat Timnas Portugal.

Terakhir kali ia dimainkan Santos pada September 2022 lalu. Pemain 36 tahun ini sebenarnya masih aktif bermain dengan membela klub Premier League, Wolves.

Moutinho sendiri sempat menjadi tumpuan di lini tengah Portugal. Ia menjalani debut bersama Timnas Portugal pada 17 Agustus 2005. Santos memainkannya dalam 74 pertandingan dengan torehan 5 gol dan 5 assists.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Perkuat Timnas Portugal di Piala Dunia 2022

3. Rui Patricio 

5 Pemain Paling Diandalkan Fernando Santos di Timnas Portugal, Ada CR7Rui Patricio (uefa.com)

Di bawah mistar gawang, Fernando Santos mempercayakan posisi tersebut kepada Rui Patricio. Bahkan pemain yang kini membela AS Roma tersebut masih dipercaya hingga saat ini.

Patricio menjadi pemain yang terbilang senior dan menjalani debut pada 17 November 2010. Patricio juga menjadi bagian Portugal saat menjuarai Piala Eropa 2016.

Meskipun saat ini sudah berusia 34 tahun, kualitas Patricio tak boleh diremehkan. Hingga saat ini, ia sudah dimainkan Santos dalam 72 pertandingan di delapan kompetisi berbeda.

4. Bernardo Silva

5 Pemain Paling Diandalkan Fernando Santos di Timnas Portugal, Ada CR7Bernardo Silva (twitter.com/selecaoportugal)

Bernardo Silva juga menjadi pemain yang hampir selalu dipanggil Fernando Santos ke Timnas Portugal. Pemain yang kini membela Manchester City tersebut memang memiliki kualitas mumpuni.

Bahkan ia menjadi pemain yang jalani debut di Timnas Portugal saat dilatih Santos. Bernardo sendiri debut bersama Timnas Portugal pada 31 Maret 2015.

Saat ini usianya sudah menginjak 28 tahun dan sudah dimainkan Santos dalam 72 pertandingan. Beroperasi di lini tengah, ia menorehkan 8 gol dan 24 assists dari penampilannya tersebut.

5. William Carvalho 

5 Pemain Paling Diandalkan Fernando Santos di Timnas Portugal, Ada CR7William Carvalho (uefa.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah William Carvalho yang saat ini juga dipanggil Timnas Portugal. Ia mulai dikenal saat berseragam Sporting CP.

Hingga akhirnya pada 2018 Carvalho hengkang ke Real Betis dan bertahan hingga kini. Pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut menjadi andalan Santos sebagai gelandang bertahan.

Ia menjalani debut bersama Timnas Portugal pada 19 November 2013. Di bawah asuhan Fernando Santos, ia membela timnas dalam 68 pertandingan dengan torehan 5 gol dan 2 assists.

 

Fernando Santos memang belum menunjukkan kualitasnya di ajang Piala Dunia. Di Qatar nanti, Santos tentu saja akan mengerahkan skuadnya untuk meraih hasil terbaik. 

Baca Juga: 6 Pemain Top yang Tidak Dibawa Timnas Portugal ke Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya