Comscore Tracker

10 Pemain Dunia yang Torehkan Assist Terbanyak di Abad 21, Fantastis!

Ada pemain yang jadi favoritmu? 

Dalam dunia sepak bola, sebuah gol tak hanya usaha dari sang pencetak gol semata. Namun gol tersebut tercipta dari kerja sama tim selama pertandingan. Sang pemberi umpan matang atau assist juga tak kalah penting dalam terciptanya sebuah gol.

Di abad 21 ini, ada beberapa pemain yang mampu ciptakan assist yang cukup banyak. Tak hanya pemain gelandang, beberapa pemain juga berposisi sebagai penyerang. Siapa saja pemain yang torehkan assist terbanyak di abad 21? Berikut daftarnya. 

1. Lionel Messi - 319 assist

10 Pemain Dunia yang Torehkan Assist Terbanyak di Abad 21, Fantastis!fcbarcelona.cat

Lionel Messi masih tercatat sebagai pemain dengan assist terbanyak hingga saat ini. Pemain asal Argentina ini mengawali kariernya pada tahun 2005. Penyerang sayap ini hanya membela Barcelona dan timnas Argentina sepanjang kariernya. Pemain terbaik dunia ini telah menorehkan 319 assist dari 866 penampilan di semua kompetisi.

2. Cristiano Ronaldo - 258 assist

10 Pemain Dunia yang Torehkan Assist Terbanyak di Abad 21, Fantastis!goal.com

Rival abadi Lionel Messi juga tak mau kalah dalam torehan assist. Siapa lagi kalau bukan mega bintang asal Portugal yaitu Cristiano Ronaldo. Mengawali karier profesionalnya pada tahun 2003, Ronaldo telah membela beberapa klub hingga saat ini. Di antaranya ada Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid dan kini membela Juventus. Dari 1008 penampilannya bersama klub dan timnas Portugal, Ronaldo telah mencatatkan 258 assist

3. Luis Suarez - 256 assist 

10 Pemain Dunia yang Torehkan Assist Terbanyak di Abad 21, Fantastis!fcbarcelona.com

Rekan Messi di Barcelona saat ini yaitu Luis Suarez juga memiliki torehan assist yang tak kalah banyak. Striker asal Uruguay ini telah membela beberapa klub seperti Nacional, Groningen, Ajax, Liverpool dan kini Barcelona. Mengawali karier pada tahun 2005, Suarez telah mencatatkan 256 assist dari 713 penampilan di semua kompetisi. 

4. Mesut Ozil - 253 assist 

10 Pemain Dunia yang Torehkan Assist Terbanyak di Abad 21, Fantastis!thetimes.co.uk

Sementara dari posisi gelandang, Mesut Ozil menjadi pemain dengan assist terbanyak. Pemain Jerman ini telah menorehkan 253 assist dari 653 penampilan di semua kompetisi. Selain membela timnas Jerman, Ozil juga membela beberapa klub seperti Schalke, Werder Bremen, Real Madrid dan kini ia membela Arsenal. 

5. Angel Di Maria - 234 assist 

10 Pemain Dunia yang Torehkan Assist Terbanyak di Abad 21, Fantastis!en.as.com

Angel Di Maria juga menjadi salah satu pemain dengan assist terbanyak di abad 21. Gelandang serang asal Argentina ini telah membela beberapa klub seperti CA Rosario, Benfica, Real Madrid, Manchester United dan Paris Saint-Germain. Dari 695 penampilannya di timnas Argentina dan klub, Di Maria mencatatkan 234 assist

Baca Juga: 5 Pemain dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier League

6. Cesc Fabregas - 234 assist 

10 Pemain Dunia yang Torehkan Assist Terbanyak di Abad 21, Fantastis!twitter.com/premierleague

Cesc Fabregas tak mau kalah dengan gelandang berkualitas lainnya. Hingga saat ini Fabregas telah mencatatkan 234 assist dari 800 penampilan di semua kompetisi. Penampilannya tersebut ia torehkan bersama timnas Spanyol dan beberapa klub seperti Arsenal, Chelsea, Barcelona dan juga AS Monaco. 

7. Xavi - 230 assist 

10 Pemain Dunia yang Torehkan Assist Terbanyak di Abad 21, Fantastis!bleacherreport.com

Gelandang legendaris Spanyol yaitu Xavi Hernandez juga memiliki catatan assist cukup banyak di abad 21. Xavi mengawali karier profesionalnya bersama Barcelona pada tahun 1998. Di abad 21, Xavi sukses menorehkan 230 assist dari 950 penampilan. Selain membela Barca, Xavi juga membela Al Sadd dan tentu saja timnas Spanyol. 

8. Franck Ribery - 227 assist 

10 Pemain Dunia yang Torehkan Assist Terbanyak di Abad 21, Fantastis!bundesliga.com

Pemain berikutnya yaitu Franck Ribery yang mengawali kariernya pada musim 2000/2001. Penyerang sayap asal Prancis ini, telah malang melintang di klub Eropa. Di antaranya yang cukup familier ada Galatasaray, Marseille, Bayern Munchen dan kini ia membela Fiorentina. Sejauh ini, Ribery telah mencatatkan 227 assist dari 649 penampilan di klub dan juga timnas Prancis.

9. Thomas Muller - 224 assist 

10 Pemain Dunia yang Torehkan Assist Terbanyak di Abad 21, Fantastis!fcbayern.com

Thomas Muller menjadi pemain yang layak disebut legenda Bayern Munchen. Sepanjang kariernya, gelandang asal Jerman ini hanya membela Bayern Munchen. Di abad 21 ini, Muller telah menorehkan 224 assist dari 667 penampilan di semua kompetisi termasuk bersama timnas Jerman.

10. Steffen Hofmann - 201 assist 

10 Pemain Dunia yang Torehkan Assist Terbanyak di Abad 21, Fantastis!uefa.com

Pemain terakhir dalam daftar ini mungkin kurang familier bagi pencinta sepak bola. Pemain tersebut yaitu Steffen Hofmann yang berasal dari Jerman. Sepanjang kariernya, Hofmann hanya membela dua tim yaitu Rapid Vienna dan 1860 Munich. Meskipun tidak membela tim elite, Hofmann tetap memiliki catatan fantastis. Sepanjang kariernya Hofmann sukses menorehkan 201 assist dari 629 penampilan.

Torehan pemain-pemain tersebut tak kalah fantastis dengan para pencetak gol. Mereka rela memberi umpan kepada rekannya dan mementingkan kemenangan tim daripada capaian pribadi. Siapa pemain yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: 10 Bek Sayap dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya