5 Pemain Eropa dengan Penampilan Terbanyak di Turnamen Internasional

CR7 catatkan rekor baru!

Benua Eropa merupakan tempat lahirnya pesepak bola top yang tak kalah dari Amerika Latin. Seiring dengan sepak bola Eropa yang maju, para pemain pun bisa berkembang dengan sangat baik. Hal itu juga membuat persaingan untuk membela tim nasional negaranya menjadi tak mudah. Butuh konsistensi agar sang pemain bisa menjadi andalan negaranya, khususnya di turnamen internasional seperti Piala Eropa atau Piala Dunia.

Dalam daftar ini, kami merangkum beberapa pemain yang mencatatkan penampilan cukup banyak di turnamen internasional. Pemain-pemain ini merupakan pemain dengan kualitas yang tak boleh diremehkan. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Cristiano Ronaldo - Portugal (39 Pertandingan) 

5 Pemain Eropa dengan Penampilan Terbanyak di Turnamen InternasionalCristiano Ronaldo (goal.com)

Penampilan Cristiano Ronaldo melawan Hungaria di Piala Eropa 2020 banyak memecahkan rekor baru. Salah satunya adalah menjadi pemain Eropa dengan penampilan terbanyak di turnamen internasional. Ronaldo selama ini memang menjadi andalan Portugal di Piala Eropa dan juga Piala Dunia.

Pemain 36 tahun itu telah mengantarkan Portugal menjuarai Piala Eropa, tepatnya pada tahun 2016, sedangkan untuk Piala Dunia, CR7 belum mampu menjadi juara. Hingga kini ia telah tampil dalam 39 pertandingan turnamen internasional dan masih bisa bertambah.

2. Bastian Schweinsteiger - Jerman (38 Pertandingan)

5 Pemain Eropa dengan Penampilan Terbanyak di Turnamen InternasionalBastian Schweinsteiger (goal.com)

Sebelum Cristiano Ronaldo menorehkan rekor baru, Bastian Schweinsteiger juga mencatatkan pertandingan yang tak kalah banyak di turnamen internasional. Pemain yang telah gantung sepatu pada tahun 2019 itu menjadi andalan Timnas Jerman di Piala Eropa dan Piala Dunia.

Memiliki 121 caps bersama Timnas Jerman, Schweinsteiger mencatatkan 38 pertandingan di turnamen internasional. Prestasi terbaiknya saat membela Der Panzer adalah menjadi juara Piala Dunia 2014. Sementara itu, di ajang Piala Eropa, ia hanya mampu membawa Jerman ke final.

Baca Juga: Persembahan Terakhir Joachim Low untuk Timnas Jerman

3. Lothar Matthaus - Jerman (36 Pertandingan)

5 Pemain Eropa dengan Penampilan Terbanyak di Turnamen InternasionalLothar Matthaus (fifa.com)

Pemain ketiga ini juga merupakan andalan Timnas Jerman, yakni Lothar Matthaus. Ia layak disebut legenda Der Panzer karena menjadi pemain dengan caps terbanyak hingga saat ini, tepatnya 150 caps.

Dari jumlah pertandingan bersama Timnas Jerman itu, Matthaus mencatatkan 36 di antaranya di turnamen internasional, yaitu Piala Eropa dan Piala Dunia. Tak hanya sering tampil, dia pun mencatatkan prestasi gemilang di dua turnamen akbar empat tahunan tersebut. Matthaus juara Piala Eropa pada tahun 1980 dan Piala Dunia pada tahun 1990.

4. Paolo Maldini - Italia (36 Pertandingan) 

5 Pemain Eropa dengan Penampilan Terbanyak di Turnamen Internasionaleurosport.com/imago images

Paolo Maldini adalah salah satu pemain belakang terbaik yang pernah dimiliki Italia. Ia pun kerap diandalkan oleh Timnas berjuluk Gli Azzurri sepanjang kariernya. Sama seperti Lothar Matthaus, pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini mencatatkan 36 pertandingan bersama Italia di turnamen internasional.

Secara total, Maldini mengoleksi 126 caps bersama Timnas Italia. Namun, jumlah pertandingan yang banyak itu tak dibarengi dengan perolehan trofi. Maldini gagal membawa Italia juara, baik Piala Eropa maupun Piala Dunia.

5. Philipp Lahm - Jerman (34 Pertandingan) 

5 Pemain Eropa dengan Penampilan Terbanyak di Turnamen InternasionalPhilipp Lahm (fifa.com)

Pemain Jerman lainnya yang masuk dalam daftar ini adalah Philipp Lahm. Pemain yang telah gantung sepatu pada tahun 2017 itu juga menjadi andalan Timnas Jerman di berbagai turnamen internasional.

Prestasi terbaiknya tentu saja saat membawa Jerman menjadi juara di Piala Dunia 2014. Sepanjang kariernya, Lahm mencatatkan 113 caps bersama Timnas Jerman dengan 34 pertandingan di antaranya ia catatkan di turnamen internasional, yakni Piala Eropa dan Piala Dunia.

 

Rekor ini sepertinya akan sulit dipecahkan oleh siapa pun. Apalagi, Cristiano Ronaldo masih berpeluang besar menambah catatan penampilannya di Piala Eropa kali ini dan bahkan di Piala Dunia 2022 nanti.

Baca Juga: 6 Bek Sayap Terbaik Sepanjang Sejarah Sepak Bola, Ada Philipp Lahm!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya