8 Pemain Inggris dengan Caps Terbanyak hingga Kini, Rooney Termasuk!

Deretan legenda Three Lions!

Inggris menjadi salah satu negara yang dihuni pesepak bola berkualitas setiap masanya. Sebagai salah satu penggagas sepak bola, Inggris tentu saja berhasrat ingin meraih prestasi. Meski demikian, prestasi timnas Inggris hingga saat terbilang tak terlalu mentereng. Skuat Three Lions sejauh ini baru meraih 1 trofi Piala Dunia.

Sebenarnya salah satu negara di kawasan Britania Raya ini tampil tak terlalu buruk. Bahkan beberapa pemain memiliki banyak pemain berkualitas yang menjadi andalan. Para pemain andalan tersebut mencatatkan banyak pertandingan bersama Timnas Inggris. Berikut daftar pemain Inggris dengan caps terbanyak hingga kini.

1. Peter Shilton

8 Pemain Inggris dengan Caps Terbanyak hingga Kini, Rooney Termasuk!fifa.com

Pemain Inggris dengan caps terbanyak hingga saat ini adalah Peter Shilton. Penjaga gawang fenomenal tersebut telah memutuskan pensiun pada tahun 1997. Kiper yang merasakan dibobol gol tangan tuhan Maradona ini telah mencatatkan 125 caps. Shilton sendiri menjalani debut bersama Three Lions pada 25 November 1970.

2. Wayne Rooney

8 Pemain Inggris dengan Caps Terbanyak hingga Kini, Rooney Termasuk!fifa.com

Berikutnya ada pemain yang tak kalah fenomenal, yakni Wayne Rooney. Pemain yang baru saja gantung sepatu pada Januari 2021 lalu tersebut pertama kali debut bersama timnas Inggris pada 12 Februari 2003. Sepanjang kariernya, sosok 35 tahun itu telah memiliki caps sebanyak 120 laga. Dari penampilannya tersebut, Rooney menorehkan 53 gol sebagai seorang penyerang.

3. David Beckham

8 Pemain Inggris dengan Caps Terbanyak hingga Kini, Rooney Termasuk!fifa.com

David Beckham menjadi salah satu gelandang Inggris yang sangat populer. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2013 itu tentunya menjadi andalan di lini tengah Timnas Inggris. Beckham pertama kali membela Three Lions pada 1 September 1996. Hingga akhirnya, ia telah mencatatkan 115 caps sepanjang kariernya. Beroperasi di lini tengah, mantan pemain Manchester United dan Real Madrid ini menorehkan 17 gol.

4. Steven Gerrard

8 Pemain Inggris dengan Caps Terbanyak hingga Kini, Rooney Termasuk!thefa.com

Lini tengah Timnas Inggris menjadi salah satu yang terbaik dengan hadirnya beberapa nama seperti Steven Gerrard. Berbeda dengan Beckham, Gerrard menjadi pemain yang sangat setia bersama satu klub, yakni Liverpool. Gerrard juga berusia lebih muda dan menjalani debut bersama Timnas Inggris pada 31 Mei 2000. Pemain yang pensiun pada tahun 2017 itu telah mencatatkan 114 caps dengan torehan 21 gol.

5. Bobby Moore

8 Pemain Inggris dengan Caps Terbanyak hingga Kini, Rooney Termasuk!whufc.com

Sebelum pemain-pemain tersebut, Bobby Moore menjadi pemain yang paling diandalkan Timnas Inggris.  Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu menjalani debut bersama Timnas Inggris pada 20 Mei 1962. Moore mencatatkan 108 caps bersama Three Lions sepanjang kariernya. Gantung sepatu pada tahun 1979, ia terakhir kali berseragam Timnas Inggris pada 14 November 1973.

6. Ashley Cole

8 Pemain Inggris dengan Caps Terbanyak hingga Kini, Rooney Termasuk!skysports.com

Ashley Cole juga menjadi salah satu pemain penting di lini belakang Timnas Inggris. Namun pemain yang gantung sepatu pada tahun 2019 lalu itu berposisi sebagai bek kiri. Pemain yang lama membela Chelsea ini menjalani debut bersama Timnas Inggris pada 28 Maret 2001. Sepanjang kariernya, Cole mencatatkan 107 pertandingan tanpa bisa mencetak gol.

Baca Juga: 5 Pemain Tengah Top Inggris yang Belum Pernah Dipanggil Timnas Inggris

7. Sir Bobby Charlton

8 Pemain Inggris dengan Caps Terbanyak hingga Kini, Rooney Termasuk!irishtimes.com

Inggris memang menjadi salah satu tempat lahirnya jenderal lapangan tengah dalam dunia sepak bola. Tak hanya Beckham dan Gerrard, mereka juga memiliki gelandang yang tak kalah baik kualitasnya. Sir Bobby Charlton juga mencatatkan caps yang cukup banyak setelah menjalani debut pada 19 April 1958. Salah satu legenda Manchester United itu telah mencatatkan 106 caps dengan torehan 49 gol.

8. Frank Lampard

8 Pemain Inggris dengan Caps Terbanyak hingga Kini, Rooney Termasuk!bleacherreport.com/Clive Mason/Getty Images

Pemain terakhir dalam daftar ini juga berposisi sebagai gelandang. Frank Lampard menjadi gelandang tengah andalan Three Lions yang tak kalah berkualitas. Ia menjalani laga perdana bersama Timnas Inggris pada 10 Oktober 1999. Lampard sendiri telah memutuskan gantung sepatu pada tahun 2017 lalu. Ia telah mencatatkan 106 caps sepanjang kariernya dengan torehan 29 gol.

Itulah delapan pemain Inggris dengan caps terbanyak hingga saat ini. Para pemain tersebut layak disebut sebagai legenda Inggris meskipun prestasi mereka tak terlalu mentereng.

Baca Juga: 5 Pemain Top Inggris yang Tersingkir dari Skuad Timnas Inggris

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya