Comscore Tracker

6 Pemain Inggris yang Pernah Raih 'Player of the Season' EPL

Bintang di tanah kelahiran!

Premier League menjadi kompetisi yang menyajikan persaingan ketat setiap musimnya. Para pemain yang berlaga pun harus menunjukkan performa impresif agar bisa membantu klubnya meraih hasil terbaik. Bagi pemain yang bersinar sepanjang musim, mereka akan dianugerahi gelar Player of the Season.

Penghargaan ini pertama kali diberikan pada musim 1994/1995. Dalam sejarahnya, ada beberapa pemain yang telah meraih penghargaan ini dari berbagai negara termasuk Inggris. Para pemain lokal Inggris tentunya tak mau kalah dengan para pendatang. Berikut daftar pemain Inggris yang pernah meraih Player of the Season Premier League.

1. Alan Shearer

6 Pemain Inggris yang Pernah Raih 'Player of the Season' EPLpremierleague.com

Salah satu pemain Inggris yang pernah meraih Player of the Season adalah Alan Shearer. Ia menjadi pemain pertama yang meraih penghargaan ini. Pada musim 1994/1995 bisa dibilang sebagai musimnya Shearer. Bagaimana tidak, selain meraih Player of the Season, ia meraih Golden Boot serta mengantarkan timnya meraih gelar juara Premier League.

Saat itu, ia tampil dalam 42 pertandingan dan berhasil mencetak 34 gol. Jumlah tersebut mengantarkannya sebagai top skor Premier League. Di Premier League sendiri ia telah mencatatkan 441 pertandingan dengan mencetak 260 gol dan 64 assist. Ia masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Premier League.

2. Michael Owen

6 Pemain Inggris yang Pernah Raih 'Player of the Season' EPLgoal.com

Setelah dua musim diraih oleh pemain asing, pada musim 1997/1998 akhirnya Michael Owen menjadi pemain Inggris yang meraihnya. Pada musim tersebut Owen memang gagal mengantarkan timnya, Liverpool, meraih gelar Premier League. Namun penampilannya bersama The Reds begitu mengagumkan.

Buktinya, ia menjadi pencetak gol terbanyak pada musim tersebut. Bermain dalam 36 pertandingan, Owen mencetak 18 gol. Sepanjang sejarah Premier League, ia mencatatkan 326 pertandingan dengan torehan 150 gol dan 31 assist bersama beberapa klub.

3. Kevin Phillips

6 Pemain Inggris yang Pernah Raih 'Player of the Season' EPLplanetfootball.com

Setelah Alan Shearer dan Michael Owen, Kevin Phillips menjadi pemain Inggris selanjutnya yang meraih penghargaan Player of the Season Premier League. Tepatnya pada musim 1999/2000 saat ia membela Sunderland. Musim tersebut memang cukup spesial bagi pemain yang berposisi sebagai penyerang ini.

Saat itu ia baru pertama kali bermain di Premier League setelah membawa Sunderland promosi. Meskipun tak juara, ia sukses menjadi top skor dengan torehan 30 gol dari 36 pertandingan. Selain Sunderland, ada beberapa klub lain yang pernah ia bela di Premier League dengan catatan 263 pertandingan.

4. Frank Lampard

6 Pemain Inggris yang Pernah Raih 'Player of the Season' EPLpremierleague.com

Tak hanya para penyerang Inggris yang pernah meraih Player of the Season Premier League. Frank Lampard yang berposisi sebagai gelandang juga pernah dianugerahi penghargaan ini. Tepatnya pada musim 2004/2005, saat ia mengantarkan Chelsea menjadi juara Premier League. Di bawah asuhan Jose Mourinho, The Blues tampil trengginas dan Lampard menjadi salah satu bintangnya.

Lampard memang tidak menjadi top skor, namun saat itu ia tampil di semua pertandingan Premier League. Dari 38 pertandingan, ia sukses menorehkan 13 gol. Legenda Chelsea ini mencatatkan 609 pertandingan di Premier League dengan mencetak 177 gol dan 102 assist.

5. Wayne Rooney 

6 Pemain Inggris yang Pernah Raih 'Player of the Season' EPLpremierleague.com

Lima musim berselang, giliran Wayne Rooney menjadi pemain asal Inggris yang meraih penghargaan Player of the Season Premier League. Pemain yang bersinar bersama Manchester United itu meraihnya pada musim 2009/2010. Saat itu ia menjadi bagian Setan merah saat meraih trofi Premier League.

Meskipun gagal menjadi top skor, namun berkat kontribusi besarnya, Rooney layak menjadi Player of the Season saat itu. Rooney sendiri mencetak 26 gol dari 32 pertandingan Premier League musim tersebut. Selama berlaga di kasta teratas Liga Inggris, ia tampil dalam 491 pertandingan dengan torehan 208 gol dan 103 assist.

Baca Juga: 8 Pelatih Klub Premier League Musim Ini yang Berasal dari Inggris

6. Jamie Vardy

6 Pemain Inggris yang Pernah Raih 'Player of the Season' EPLpremierleague.com

Pemain terakhir adalah Jamie Vardy yang menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang masih aktif bermain. Kesuksesan Leicester City menjuarai Premier League pada musim 2015/2016 bagaikan kisah dongeng. Jamie Vardy menjadi salah satu aktor penting dari cerita tersebut. Ia memang tak menjadi top skor saat itu, namun torehan gol Vardy terbilang cukup banyak.

Di mana dari 36 pertandingan yang dijalani, ia mencatatkan 24 gol. Ia pun berhak menjadi Player of the Season pada musim tersebut. Hingga saat ini, Vardy telah mencatatkan 236 pertandingan di Premier League dengan torehan 115 gol dan 36 assist.

Itulah enam pemain Inggris yang pernah raih Player of the Season Premier League. Akankah ada lagi pemain Inggris yang meraih penghargaan serupa? Patut kita nantikan.

Baca Juga: Tak Disangka, 6 Kekalahan Terbesar Tim Big Six di Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya