8 Pemain Italia dengan Caps Terbanyak Hingga saat Ini, Buffon Teratas!

Deretan legenda Italia!

Italia merupakan salah satu negara dari Eropa yang cukup berprestasi dalam sepak bola. Dalam beberapa tahun ke belakang, prestasi mereka memang menurun. Namun, sebenarnya mereka merupakan salah satu tim elite di level internasional. Italia juga memiliki pemain-pemain hebat dalam sejarahnya.

Salah satunya adalah Gianluigi Buffon yang saat ini masih aktif bermain. Tak hanya Buffon, ada beberapa bintang Italia lainnya yang catatkan banyak caps bersama Timnas Italia. Berikut daftar pemain Italia dengan caps terbanyak hingga saat ini.

1. Gianluigi Buffon

8 Pemain Italia dengan Caps Terbanyak Hingga saat Ini, Buffon Teratas!uefa.com

Pemain Italia dengan caps terbanyak hingga saat adalah Gianluigi Buffon. Penjaga gawang veteran tersebut masih aktif bermain dengan membela Juventus. Kiper yang dipercaya menjadi kapten semasa kariernya ini telah mencatatkan 176 caps. Buffon sendiri menjalani debut bersama Gli Azzurri pada 29 Oktober 1997. Sementara untuk laga terakhirnya terjadi pada 23 Maret 2018.

2. Fabio Cannavaro

8 Pemain Italia dengan Caps Terbanyak Hingga saat Ini, Buffon Teratas!fifa.com/Getty Images

Fabio Cannavaro menjadi salah satu bek tengah terbaik yang pernah ada di sepak bola. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2012 itu tentunya menjadi andalan di lini belakang Timnas Italia. Cannavaro pertama kali membela Gli Azzurri pada 22 Januari 1997. Hingga akhirnya, ia telah mencatatkan 136 caps sepanjang kariernya. Beroperasi di lini belakang, legenda Italia ini hanya menorehkan 2 gol.

3. Paolo Maldini

8 Pemain Italia dengan Caps Terbanyak Hingga saat Ini, Buffon Teratas!eurosport.com/imago images

Lini belakang Timnas Italia menjadi yang terbaik dengan hadirnya beberapa bek tengah ternama seperti Paolo Maldini. Maldini lebih dulu menjadi andalan Timnas Italia sebelum hadirnya Fabio Cannavaro. Maldini memang berusia lebih tua dan menjalani debut bersama Timnas Italia pada 31 Maret 1988. Sepanjang kariernya, pemain yang gantung sepatu pada tahun 2009 itu telah mencatatkan 126 caps.

4. Daniele De Rossi

8 Pemain Italia dengan Caps Terbanyak Hingga saat Ini, Buffon Teratas!beinsports.com

Pemain Italia dengan caps terbanyak berikutnya ada Daniele De Rossi. Pemain yang gantung sepatu pada Januari 2020 tersebut pertama kali debut bersama timnas Italia pada 4 September 2004. Sepanjang kariernya, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu telah memiliki caps sebanyak 117 laga. Dari penampilannya tersebut, De Rossi menorehkan 21 gol.

Baca Juga: 6 Pemain Berkebangsaan Italia yang Pernah Membela Liverpool

5. Andrea Pirlo

8 Pemain Italia dengan Caps Terbanyak Hingga saat Ini, Buffon Teratas!bleacherreport.com/Valerio Pennicino/Getty Images

Andrea Pirlo juga menjadi gelandang yang juga kerap diandalkan Timnas Italia. Namun pemain yang kini menjadi pelatih Juventus itu lebih populer dalam kariernya. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2018 ini menjalani debut bersama Timnas Italia pada 7 September 2002. Sepanjang kariernya, ia sendiri telah mencatatkan 116 caps bersama Timnas Italia.

6. Dino Zoff

8 Pemain Italia dengan Caps Terbanyak Hingga saat Ini, Buffon Teratas!goal.com

Sebelum Gianluigi Buffon, Italia juga memiliki penjaga gawang yang tak kalah hebat. Kiper yang dimaksud yaitu Dino Zoff yang menjalani debut bersama Timnas Italia pada 20 April 1968. Zoff mencatatkan 112 caps bersama Gli Azzurri sepanjang kariernya. Ia masih membela Timnas Italia dipenghujung kariernya. Tepatnya pada 29 Mei 1983 atau beberapa bulan sebelum gantung sepatu.

7. Giorgio Chiellini

8 Pemain Italia dengan Caps Terbanyak Hingga saat Ini, Buffon Teratas!goal.com

Italia memang menjadi tempat lahirnya benteng lini belakang dalam dunia sepak bola. Tak hanya duo Cannavaro dan Maldini, mereka juga memiliki bek tengah yang tak kalah baik kualitasnya. Giorgio Chiellini juga mencatatkan caps yang cukup banyak setelah menjalani debut pada 17 November 2004. Pemain yang kini masih aktif membela Juventus itu telah mencatatkan 106 caps.

8. Leonardo Bonucci

8 Pemain Italia dengan Caps Terbanyak Hingga saat Ini, Buffon Teratas!goal.com

Pemain terakhir dalam daftar ini juga berposisi sebagai bek tengah. Bonucci menjadi bek tengah andalan Gli Azzurri yang tak kalah berkualitas. Ia menjalani laga perdana bersama Timnas Italia pada 3 Maret 2010. Bonucci juga masih aktif bermain dengan membela Juventus. Sejauh ini ia telah mencatatkan 101 caps sepanjang kariernya.

Pemain-pemain tersebut tentunya sudah tidak asing lagi bagi penggemar sepak. Mereka layak disebut sebagai legenda Italia. Siapa pemain terbaik menurut kamu?

Baca Juga: 5 Pelatih Non-Italia Terakhir yang Menjuarai Serie A Italia!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya