Comscore Tracker

9 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Serie A, Deretan Legenda!

Francesco Totti hingga Alessandro Del Piero!

Serie A menjadi salah satu liga top Eropa yang memiliki daya tarik tersendiri. Kasta teratas Liga Italia tersebut telah melahirkan banyak bintang yang tentunya sudah kita kenal. Saat ini saja ada Cristiano Ronaldo yang membela Juventus. Sebelum CR7, sudah banyak deretan legenda yang bersinar di Serie A.

Tak sedikit dari mereka yang sukses menggelontorkan banyak gol. Tak hanya pemain asing, pemain asli Italia juga tak kalah bagus. Nama Francesco Totti dan Alessandro Del Piero menjadi contohnya. Lantas, siapa saja pemain Italia dengan gol terbanyak di Serie A? Berikut ulasannya.

1. Silvio Piola (267 Gol)

9 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Serie A, Deretan Legenda!newtuscia.it/NOVARA CALCIO/ANSA

Pemain Italia dengan gol terbanyak di Serie A adalah Silvio Piola. Ia dikenal sebagai salah satu legenda Lazio yang bermain di era '30-an. Selain Lazio, klub Serie A lainnya yang pernah dibelanya ada Pro Vercelli, Novara hingga Juventus.

Selama berkarier di Serie A, Piola mencatatkan 267 gol bersama klub-klub tersebut. Jumlah tersebut ia torehkan dari 537 pertandingan Serie A.

2. Francesco Totti (250 Gol)

9 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Serie A, Deretan Legenda!instagram.com/francescototti

Di urutan kedua ada Francesco Totti yang dikenal sebagai pangeran Roma. Ia merupakan pemain yang setia karena keseluruhan 25 tahun kariernya dihabiskan membela AS Roma.

Di Serie A, Totti telah mencetak 250 gol bersama Serigala Ibukota. Ia tampil dalam 619 pertandingan di Serie A dengan raihan 5 trofi. Totti mengakhiri karier sepak bolanya pada tahun 2017.

Baca Juga: 6 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Serie A, Ada Totti hingga Maldini!

3. Giuseppe Meazza (214 Gol)

9 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Serie A, Deretan Legenda!inter.it

Nama Giuseppe Meazza mungkin sudah cukup familier. Hal itu tak mengherankan karena namanya menjadi nama stadion milik Inter Milan. Di Serie A, ia membela AC Milan dan Inter Milan. Berposisi sebagai penyerang, ia sukses menorehkan 214 gol. Legenda Nerazzurri ini tampil dalam 367 pertandingan di Serie A dan sukses meraih 3 trofi Serie A.

4. Jose Altafini (213 Gol)

9 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Serie A, Deretan Legenda!sports-nova.com

Berikutnya ada Jose Altafini yang juga dikenal dengan nama Mazzola. Pemain yang satu ini merupakan campuran Brasil-Italia. Mazzola juga pernah membela tim nasional kedua negara tersebut. Di Serie A, Mazzola pernah membela AC Milan, Napoli, dan Juventus dengan torehan 211 gol dalam 455 pertandingan.

5. Antonio Di Natale (209 Gol)

9 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Serie A, Deretan Legenda!goal.com

Di posisi kelima ada Antonio Di Natale yang telah gantung sepatu pada tahun 2016. Mengawali karier di Empoli, Di Natale lebih dikenal sebagai legenda hidup Udinese. Hal tersebut disebabkan ia membela Udinese selama 12 tahun.

Meski gagal meraih trofi, Di Natale boleh berbangga hati karena sukses mengoleksi 210 gol dari 445 pertandingan dan sukses 3 kali menjadi top skor Serie A.

6. Roberto Baggio (208 Gol)

9 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Serie A, Deretan Legenda!inter.it

Roberto Baggio menjadi salah satu pemain paling ikonik dalam sejarah sepak bola Italia. Pemain Italia yang satu ini terkenal dengan rambut panjang dikuncir yang jadi ciri khasnya.

Baggio sendiri pernah bermain untuk tiga klub besar Italia, yaitu Juventus, AC Milan, dan Inter Milan. Secara total Baggio menghabiskan 19 musim bermain di Serie A dan mengoleksi 208 gol dalam 456 pertandingan.

Baca Juga: 7 Pemain yang Pernah Berseragam Inter Milan dan Manchester United

7. Alberto Gilardinho (189 Gol)

9 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Serie A, Deretan Legenda!eurosport.com/imago images

Berikutnya ada Alberto Gilardinho yang memiliki jumlah gol yang sama dengan Baggio, yakni 189 gol. Pemain kelahiran tahun 1982 ini membela 12 klub sepanjang kariernya, di antaranya ada Parma, Milan, dan Fiorentina. Klub terakhir adalah tempat performanya paling melejit dengan catatan 63 gol dalam 157 laga di semua kompetisi.

8. Giuseppe Signori (189 Gol)

9 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Serie A, Deretan Legenda!goal.com

Di urutan kedelapan ada Giuseppe Signori yang dikenal sebagai legenda Lazio dan Bologna pada era '90-an. Sebagai penyerang, Signori sebenarnya tidak memiliki postur mumpuni. Meskipun demikian, ia mampu menutupi kekurangan itu dengan kecepatan dan akurasi tembakannya. Total 189 gol ia koleksi di Serie A dari 346 pertandingan.

9. Alessandro Del Piero (188 Gol)

9 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Serie A, Deretan Legenda!skysports.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Alessandro Del Piero yang tentunya sangat melekat dengan Juventus. Ia juga menjadi top skor sepanjang masa Si Nyonya Tua dengan koleksi 290 gol.

Namun, di Serie A, ia menjadi pemain Italia kesepuluh dengan gol terbanyak. Total ia catatkan 188 gol dari 478 pertandingan selama 9 musim berkarier membela Juve.

 

Para pemain tersebut cukup banyak yang mungkin kita tahu namanya. Mereka adalah deretan legenda dari sepak bola Italia. Siapa favoritmu?

Baca Juga: Hebat! Lucas Moura Samai Torehan Ronaldo & Del Piero di Liga Champions

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya