Jadi Juara, 5 Pemain Italia Ini Paling Bersinar di Piala Eropa 2020

Pemain kunci kesuksesan Italia

Italia menunjukkan kesolidan dan semangat juang tinggi saat menjuarai Piala Eropa 2020. Gli Azzuri memiliki pemain berkualitas pada setiap lini dan mereka tampil konsisten. Roberto Mancini membentuk skuad yang seimbang dengan perpaduan pemain muda dan berpengalaman.

Hingga akhirnya, mereka mengakhiri puasa gelar Italia selama 17 tahun. Salah satu hal positif dari kemenangan mereka adalah tidak ada pemain yang jadi tumpuan utama, semua rata berkontribusi. Namun, ada beberapa pemain yang menunjukkan performa paling impresif dalam kesuksesan Italia. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Federico Chiesa

Jadi Juara, 5 Pemain Italia Ini Paling Bersinar di Piala Eropa 2020Federico Chiesa (twitter.com/ESPNFC)

Salah satu pemain yang tampil impresif di sayap Italia adalah Federico Chiesa. Pemain berusia 23 tahun itu mencetak dua gol di Piala Eropa 2020, dan keduanya merupakan gol krusial. Di mana masing-masing dicetak di babak 16 besar dan semifinal melawan Austria dan Spanyol.

Chiesa juga salah satu pemain tercepat dalam turnamen ini setelah mencatat 31,7 km/jam di final melawan Inggris. Chiesa hanya berada di belakang Raheem Sterling dalam hal keberhasilan menggiring bola di turnamen ini, sehingga sangat sulit untuk bertahan melawannya.

2. Jorginho

Jadi Juara, 5 Pemain Italia Ini Paling Bersinar di Piala Eropa 2020Jorginho (twitter.com/ChelseaFCSkye)

Salah satu pemain paling diandalkan Italia di Piala Eropa 2020 adalah gelandang Chelsea, Jorginho. Dia mungkin gagal mengeksekusi penalti di final, tetapi tampil sempurna di lini tengah dalam 7 pertandingan.

Jorginho memiliki tingkat penyelesaian operan 93,4 persen di akhir turnamen dan juga memiliki pertahanan yang solid. Dia melakukan dua tekel per laga dan rata-rata 3,6 intersepsi per 90 menit.

Bersama Marco Verratti, mereka adalah jantung tim Italia. Dengan gelar utama bersama klub dan negara pada tahun 2021, banyak yang menjagokan Jorginho sebagai kandidat untuk meraih Ballon d'Or.

Baca Juga: 5 Fakta Roberto Mancini, Maestro Pembawa Italia Juara Piala Eropa 2020

3. Marco Verratti

Jadi Juara, 5 Pemain Italia Ini Paling Bersinar di Piala Eropa 2020Marco Verratti saat melawan Wales (chiesaditotti.com)

Marco Verratti mungkin sempat absen dalam dua laga Italia, tetapi ia menjadi salah satu pemain paling berpengaruh dalam perebutan gelar. Penampilannya bahkan lebih mengesankan karena dia tidak bermain sejak Mei.

Dia juga seorang master umpan, menyelesaikan 93 persen operan dan juga menciptakan rata-rata tiga operan kunci untuk Italia. Dia sama-sama kompeten dalam bertahan dan rata-rata 3,6 tekel yang berhasil dalam satu pertandingan.

Kemampuan tekniknya sangat berguna, terutama dalam serangan balik. Memenangkan bola kembali dari lawan dan mengarahkan bola ke depan dengan umpan sempurna untuk rekannya.

4. Leonardo Bonucci

Jadi Juara, 5 Pemain Italia Ini Paling Bersinar di Piala Eropa 2020Leonardo Bonucci (twitter.com/iF2is)

Italia tidak kebobolan satu gol pun di babak penyisihan grup. Itu adalah awal yang mengesankan untuk Italia dalam menghadapi laga di babak gugur. Duet Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini adalah kuncinya.

Bonucci menjadi star of the match di final setelah mencetak gol penting dalam penentu gelar. Meskipun dia tidak melakukan tekel dan intersepsi paling banyak, pembacaan permainan dan penjagaannya adalah yang terbaik sepanjang turnamen.

Dia memenangkan 2,5 duel udara per laga dan memastikan Italia memiliki lini belakang yang kokoh bersama Chiellini. Dia sudah berusia 34 tahun, tetapi penampilannya membuat beberapa pemain muda merasa malu.

5. Gianluigi Donnarumma

Jadi Juara, 5 Pemain Italia Ini Paling Bersinar di Piala Eropa 2020Gianluigi Donnarumma (twitter.com/gigiodonna1)

Gianluigi Donnarumma menjadi pahlawan Italia dalam partai final setelah menggagalkan dua penalti Inggris. Dia menjadi pilar utama dalam 7 pertandingan Gli Azzurri dan hanya kebobolan 4 gol.

Gawangnya tidak banyak diuji di babak penyisihan grup, dan berhasil menjaga clean sheet di ketiga pertandingan. Di babak gugur, barulah ia mengerahkan semua keterampilannya untuk bekerja dalam laga sengit melawan Belgia dan membuat serangkaian penyelamatan hebat.

Terkadang sulit untuk percaya bahwa mantan kiper AC Milan itu baru berusia 22 tahun saat ini. Terlepas dari usianya, ia memiliki banyak pengalaman bermain di pertandingan papan atas. Dia bahkan berhasil menjadi Pemain Terbaik di Piala Eropa 2020.

 

Semua pemain Italia memiliki peran yang sama pentingnya. Tapi, kelima pemain di atas ada yang paling terbaik dari yang terbaik.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Italia Sukses Meraih Juara Piala Eropa 2020, Layak!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya