4 Pemain Jepang yang Hanya Jadi Penonton di Piala Dunia 2022

Kiper tidak pernah diganti

Timnas Jepang menjadi underdog yang tampil mengesankan di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka menjadi pemuncak Grup E yang berisikan Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika. Sayangnya, langkah Samurai Biru harus kandas di tangan Kroasia pada babak 16 besar.

Meskipun kembali gagal pada babak 16 besar, penampilan Jepang di ajang ini patut mendapat pujian. Anak asuh Hajime Moriyasu juga boleh berbangga atas pencapaian mereka pada edisi tahun ini.

Di balik kebanggaan tersebut, ada beberapa pemain yang mungkin merasa tidak puas. Sebab, pemain Jepang ini hanya jadi penonton di Piala Dunia 2022.

1. Daniel Schmidt

4 Pemain Jepang yang Hanya Jadi Penonton di Piala Dunia 2022Daniel Schmidt (twitter.com/Daniel_MYE)

Daniel Schmidt adalah salah satu pemain Jepang yang hanya jadi penonton di Piala Dunia 2022 Qatar. Ia seorang pemain keturunan Amerika Serikat yang ada di skuad Samurai Biru tahun ini.

Pemain berposisi kiper tersebut debut pada November 2018. Sejak debutnya, Schmidt memang jarang mendapat kesempatan bermain.

Pemain 30 tahun ini baru mencatatkan sebelas caps. Tak heran jika ia hanya jadi kiper pelapis Shuichi Gonda di Piala Dunia 2022.

2. Eiji Kawashima

4 Pemain Jepang yang Hanya Jadi Penonton di Piala Dunia 2022Eiji Kawashima (instagram.com/eijikawashima01)

Eiji Kawashima merupakan kiper veteran yang turut serta di Piala Dunia 2022 Qatar. Kiper 39 tahun itu menjadi langganan di Piala Dunia sejak 2010. Sayangnya, ia sudah tak lagi jadi pilihan Hajime Moriyasu tahun ini.

Selama membela Samurai Biru, Kawashima telah menorehkan 95 caps. Jumlah tersebut ia torehkan sejak melakoni debut pada Februari 2008. Piala Dunia 2022 kemungkinan besar akan menjadi kesempatan terakhir Kawashima.

Baca Juga: Jepang Pulang dari Piala Dunia, Disambut Bak Pahlawan

3. Gaku Shibasaki

4 Pemain Jepang yang Hanya Jadi Penonton di Piala Dunia 2022Gaku Shibasaki (jfa.jp)

Pemain ketiga ini juga terbilang cukup senior saat menjadi bagian Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar. Usianya sudah 30 tahun.

Gaku Shibasaki merupakan salah satu pemain yang kerap dimainkan Hajime Moriyasu. Namun, dalam gelaran tahun ini, ia tak dimainkan Moriyasu dalam empat laga yang dilakoni Jepang.

Padahal, pada Piala Dunia 2018, Shibasaki menjadi pilar utama Samurai Biru. Bersama mereka, ia sendiri sudah mencatatkan 60 caps sejak menjalani debut pada September 2014.

4. Shuto Machino

4 Pemain Jepang yang Hanya Jadi Penonton di Piala Dunia 2022Shuto Machino (instagram.com/machino9.30)

Shuto Machino termasuk pemain Jepang yang hanya jadi penonton di Piala Dunia 2022 Qatar. Ia seorang penyerang muda yang mendapat panggilan Timnas Jepang untuk Piala Dunia tahun ini.

Kurangnya pengalaman Machino membuat Moriyasu belum yakin untuk memainkannya. Hal itu tak mengherankan. Pemain 23 tahun ini baru debut bersama Samurai Biru pada Juli 2022. Hingga saat ini, ia telah memainkan empat pertandingan bersama mereka.

Jepang tampil luar biasa di Piala Dunia 2022 Qatar. Mengawali perjalanan dengan menjungkalkan Jerman, laju Jepang sebenarnya sulit ditahan. Namun, kurang beruntungnya dalam adu penalti membuat Samurai Biru harus tersingkir pada babak 16 besar.

Baca Juga: Shuichi Gonda, Genzo Wakabayashi Dunia Nyata Timnas Jepang

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya