Comscore Tracker

5 Pemain Jerman dengan Masa Bakti Terlama di Bundesliga Hingga Kini

Thomas Muller salah satunya!

Bundesliga merupakan salah satu liga top Eropa yang tak kalah bergengsi dibanding liga lainnya. Sepanjang sejarah Bundesliga, cukup banyak pemain ternama yang pernah merasakan persaingan kasta teratas Liga Jerman tersebut. Saat ini saja ada banyak pemain top yang berlaga, contohnya ada Erling Haaland dan Robert Lewandowski.

Meskipun kerap dianggap sebagai batu loncatan bagi para pemain muda, ada saja pemain yang tetap bertahan lama di Bundesliga. Bahkan, beberapa dari mereka banyak yang tetap membela satu klub hingga kini. Pemain-pemain itu tentu saja memiliki kesetiaan yang tinggi bersama klub yang sudah dibelanya sejak usia muda.

Khususnya pemain asli Jerman, ada beberapa pemain dengan masa bakti terlama di Bundesliga hingga saat ini. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Fantastis! 10 Pemain Jerman dengan Banderol Termahal Saat Ini

1. Marcel Schmelzer (Borussia Dortmund)

5 Pemain Jerman dengan Masa Bakti Terlama di Bundesliga Hingga Kinibleacherreport.com/PATRIK STOLLARZ/Getty Images

Salah satu pemain Jerman dengan masa bakti terlama bersama klub Bundesliga hingga kini adalah Marcel Schmelzer. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu menjadi andalan Borussia Dortmund sudah sejak lama. Sosok yang kini berusia 33 tahun tersebut sudah bergabung dengan tim utama Dortmund sejak musim 2008/2009.

Pemain lulusan akademi itu telah membela Die Borussen selama 12 tahun dan 7 bulan. Ia pun turut mengantarkan Dortmund meraih beberapa prestasi bergengsi, termasuk Bundesliga. Hingga kini ia telah membela Dortmund dalam 367 pertandingan di semua kompetisi. Beroperasi di lini belakang, ia menorehkan 7 gol dan 34 assist.

2. Thomas Muller (Bayern Munchen)

5 Pemain Jerman dengan Masa Bakti Terlama di Bundesliga Hingga Kiniinstagram.com/esmuellert

Nama Thomas Muller tentu saja sudah cukup familier bagi penggemar sepak bola. Pemain yang juga sudah tak muda lagi itu tak perlu diragukan lagi kesetiaannya bersama Bayern Munchen. Sebagai lulusan akademi, pemain Jerman yang satu ini sangat mencintai klub berjuluk The Bavarians.

Hingga saat ini, Muller hanya membela Bayern sepanjang kariernya. Muller bergabung dengan tim utama Munchen sejak musim 2009/2010.

Pemain berusia 31 tahun ini telah membela Bayern Munchen selama 11 tahun dan 7 bulan. Pemain yang tetap menjadi andalan utama hingga kini itu telah membela Bayern dalam 565 pertandingan di semua kompetisi. Beroperasi di lini depan, ia cukup produktif dengan torehan 212 gol dan 207 assist. Muller tentu saja telah meraih berbagai gelar bergengsi bersama Munchen.

3. Tony Jantschke (Borussia Monchengladbach)

5 Pemain Jerman dengan Masa Bakti Terlama di Bundesliga Hingga Kinitransfermarkt.de

Di urutan ketiga ada pemain yang sudah cukup lama membela Borussia Monchengladbach, yakni Tony Jantschke. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini merupakan produk akademi klub yang ia bela saat ini. Jantschke bergabung dengan tim utama Monchengladbach sejak musim 2009/2010. Hingga kini pemain 30 tahun itu telah membela Gladbach selama 11 tahun dan 7 bulan.

Jantschke menjadi salah satu pemain yang kerap dimainkan hingga saat ini. Pemain Jerman yang satu ini telah mencatatkan 283 pertandingan bersama Gladbach. Dari penampilannya tersebut, ia menorehkan 5 gol dan 7 assist. Sayangnya, ia belum mampu mengantarkan timnya meraih gelar juara apa pun.

4. Lars Bender (Bayer Leverkusen)

5 Pemain Jerman dengan Masa Bakti Terlama di Bundesliga Hingga Kinibundesliga.com/Norbert SCHMIDT

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Lars Bender yang cukup setia berseragam Bayer Leverkusen hingga saat ini. Berbeda dengan pemain lainnya, Bender bukan lulusan akademi klubnya saat ini. Lulusan akademi TSV 1860 Munich ini bergabung dengan Leverkusen sejak musim 2009/2010. Pemain yang kini berusia 31 tahun itu pun telah mengabdi di Leverkusen selama 11 tahun dan 5 bulan.

Sayangnya, musim ini menjadi yang terakhir karena ia akan gantung sepatu pada akhir musim nanti. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu telah membela Leverkusen dalam 341 pertandingan di semua kompetisi. Ia terbilang cukup produktif dengan menorehkan 26 gol dan 36 assist.

5. Patrick Herrmann (Borussia Monchengladbach)

5 Pemain Jerman dengan Masa Bakti Terlama di Bundesliga Hingga Kinitwitter.com/borussia_en

Selaim Tony Jantschke, Borussia Monchengladbach juga memiliki pemain Jerman lainnya dengan masa bakti cukup lama hingga saat ini. Pemain itu adalah Patrick Herrmann yang telah bergabung dengan tim utama pada Januari 2010. Hingga kini, pemain yang berposisi penyerang tersebut telah membela Gladbach selama 11 tahun dan 1 bulan.

Belum terlalu tua, Herrmann juga masih menjadi andalan Monchengladbach hingga kini. Hal itu membuat lulusan akademi itu tetap setia bersama Gladbach. Pemain yang kini berusia 29 tahun itu tampil dalam 355 pertandingan bersama Gladbach di semua kompetisi. Beroperasi di lini serang, ia mencatatkan 55 gol dan 59 assist.

 

Itulah lima pemain Jerman dengan masa bakti terlama di Bundesliga hingga saat ini. Siapa pemain terbaik dari daftar ini?

Baca Juga: 7 Pemain Inggris yang Bermain di Tim Bundesliga Musim 2020/2021

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya