5 Pemain yang Kariernya Anjlok Setelah Berseragam Manchester United

Siapa paling mengecewakan?

Manchester United dikenal sebagai salah satu klub yang memiliki akademi cukup baik. Banyak lulusan akademi yang menjadi legenda klub, seperti Paul Scholes dan Ryan Giggs. Meskipun demikian, tak jarang United mendatangkan pemain dari klub lain.

Nama-nama seperti Robin van Persie dan Cristiano Ronaldo mungkin meraih kesuksesan. Namun, ternyata ada beberapa rekrutan yang justru performanya menurun drastis. Bahkan, pemain-pemain ini kariernya anjlok setelah berseragam Manchester United. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Shinji Kagawa

5 Pemain yang Kariernya Anjlok Setelah Berseragam Manchester Unitedbleacherreport.com/Alex Livesey/Getty Images

Shinji Kagawa bergabung dengan Manchester United dari Borussia Dortmund pada musim panas 2012. Pemain berkebangsaan Jepang tampil apik bersama Dortmund sebelum hengkang ke Old Trafford. Ia membantu klubnya memenangkan 2 gelar Bundesliga dengan mencetak 29 gol dalam 71 penampilan di semua kompetisi.

United tentu saja sangat tertarik merekrut pemain yang berposisi sebagai gelandang itu. Namun, perbedaan permainan di Premier League membuatnya sulit beradaptasi. Dua musim di United, ia membuat 57 penampilan dan hanya mencetak 6 gol. Setelah itu kariernya tak lagi bisa menyamai saat berseragam Dortmund sebelum pindah ke United.

2. Alan Smith

5 Pemain yang Kariernya Anjlok Setelah Berseragam Manchester Unitedthesun.co.uk/News Group Newspapers Ltd

Alan Smith pernah menjadi bagian dari trio penyerang di Manchester United bersama Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo. Smith membuat langkah mengejutkan dari Leeds United ke MU pada tahun 2004 setelah Leeds terdegradasi dari Premier League. Berposisi utama sebagai second striker, Smith justru kerap dipasang sebagai gelandang serang dan membuatnya sulit berkembang.

Setelah menjalani musim pertama yang mengesankan dengan mencetak 10 gol dalam 42 penampilan, Smith hanya mencetak 2 gol dalam 51 penampilan berikutnya untuk Setan Merah. Ia pindah ke Newcastle United pada 2007 dan gagal mencetak satu gol pun dalam lima musimnya bersama klub.

Baca Juga: 5 Penyerang yang Bisa Menggantikan Edinson Cavani di Manchester United

3. Juan Sebastian Veron

5 Pemain yang Kariernya Anjlok Setelah Berseragam Manchester Unitedmanutd.com

Juan Sebastien Veron bergabung dengan Manchester United dari Lazio pada tahun 2001. Pemain asal Argentina itu berjuang untuk mengatasi tuntutan fisik di Premier League. Veron mengalami musim pertama yang mengecewakan bersama Setan Merah hingga akhirnya meningkat pesat di musim keduanya.

Namun, Sir Alex Ferguson memutuskan untuk menjual Veron ke Chelsea menjelang musim 2003/2004. Veron menghabiskan empat tahun di Chelsea, tetapi gagal tampil mengesankan dan kemudian menghabiskan tiga tahun dengan status pinjaman di Inter Milan dan Estudiantes.

4. Radamel Falcao 

5 Pemain yang Kariernya Anjlok Setelah Berseragam Manchester Unitedeurosport.com

Radamel Falcao adalah salah satu penyerang yang paling ditakuti di Eropa sebelum pindah ke Manchester United. Dua musim bersama Atletico Madrid, pemain Kolombia itu mencetak 70 gol dari 91 penampilan. Setelah itu, ia bergabung dengan AS Monaco dan mencetak 11 gol dalam 19 penampilan sebelum menderita cedera ligamen anterior.

Uniknya, United mengambil langkah mengejutkan dengan merekrut Falcao dengan kontrak pinjaman satu tahun di musim panas 2014. Falcao hanya berhasil mencetak 4 gol dalam 29 penampilan untuk Setan Merah. Klub memutuskan untuk tidak mengontraknya secara permanen di akhir musim.

5. Alexis Sanchez

5 Pemain yang Kariernya Anjlok Setelah Berseragam Manchester Unitedmanutd.com

Kepindahan Alexis Sanchez ke Manchester United kerap dianggap sebagai salah satu transfer terburuk United. Pemain asal Chile itu dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di Premier League sebelum pindah ke MU. Sanchez bergabung dengan United pada Januari 2011.

Ia sepertinya lupa bagaimana bermain sepak bola selama satu setengah musim bersama Setan Merah. Sanchez hanya mencetak 5 gol dalam 45 penampilan untuk United sebelum dipinjamkan ke Inter Milan menjelang musim 2019/2020. Sanchez telah menunjukkan kelasnya selama di Inter meski tak seperti saat berseragam Arsenal.

 

Para pemain tersebut tampaknya kurang cocok dengan gaya bermain Manchester United. Mereka sulit beradaptasi hingga dianggap transfer gagal. Menurut kalian, siapa yang paling mengecewakan di antara mereka?

Baca Juga: Alexis Sanchez Blak-blakan soal Masa Suram di Manchester United

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya