Comscore Tracker

6 Pemain Ligue 1 yang Memperkuat Timnas Prancis di Piala Eropa 2020

Kylian Mbappe salah satunya!

Prancis adalah salah satu negara yang akan berlaga di Piala Eropa 2020. Didier Deschamps telah menentukan 26 nama pemain yang akan dibawa ke ajang 4 tahunan Eropa ini. Dari 26 nama yang dipanggil, hanya 6 pemain yang pada musim 2020/2021 bermain di Ligue 1 atau kasta teratas Liga Prancis.

Hal tersebut mungkin berbeda dengan negara lain yang lebih banyak mengandalkan pemain dari liga domestiknya. Padahal, seperti yang kita tahu, kualitas Ligue 1 juga cukup baik karena menjadi salah satu liga top Eropa. Namun, banyaknya pemain Prancis yang bermain di liga top lainnya membuat Didier Deschamps semakin leluasa memilih pemain. 

1. Mike Maignan (LOSC Lille) 

6 Pemain Ligue 1 yang Memperkuat Timnas Prancis di Piala Eropa 2020Mike Maignan (archyde.com)

Salah satu pemain Ligue 1 yang mendapat panggilan Timnas Prancis untuk menghadapi Piala Eropa 2020 nanti adalah Mike Maignan. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini menjadi andalan di bawah mistar gawang Lille hingga menjadi juara Ligue 1.

Namun, di level timnas, ia masih kalah bersaing dengan Hugo Lloris. Sudah berusia 25 tahun, Maignan baru menjalani debut bersama Timnas Prancis pada 7 Oktober 2020. Hingga saat ini, ia pun baru mencatatkan 1 caps bersama Timnas Prancis. Musim depan, ia resmi bergabung dengan AC Milan.

2. Steve Mandanda (Olympique Marseille) 

6 Pemain Ligue 1 yang Memperkuat Timnas Prancis di Piala Eropa 2020Steve Mandanda (goal.com)

Pemain kedua ini adalah Steve Mandanda yang juga berposisi sebagai penjaga gawang. Mandanda sudah sering mendapat panggilan Didier Deschamps. Namun, tak jarang ia hanya menjadi pemanis bangku cadangan. Saat ini Mandanda membela klub Ligue 1, Olympique Marseille.

Meskipun sudah berusia 36 tahun, ia tetap jadi andalan Marseille musim ini. Mandanda sendiri pertama kali membela Timnas Prancis pada 27 Mei 2008. Uniknya, ia belum sekali pun tampil di Piala Eropa. Hingga saat ini Mandanda sudah mencatatkan 34 caps dengan torehan 14 clean sheet dan 31 kali kebobolan.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Timnas Prancis Sepanjang Sejarah Ajang Piala Eropa

3. Presnel Kimpembe (Paris Saint-Germain) 

6 Pemain Ligue 1 yang Memperkuat Timnas Prancis di Piala Eropa 2020Presnel Kimpembe (goal.com)

Masih dari lini pertahanan, Presnel Kimpembe juga bakal menjadi bagian Les Blues sebagai bek tengah. Pemain yang kini membela Paris Saint-Germain itu tampil cukup menjanjikan musim ini.

Dengan usianya yang kini baru berusia 25 tahun, Kimpembe tentu saja memiliki banyak kesempatan untuk membela Timnas Prancis. Kimpembe sendiri sudah cukup sering mendapat panggilan Timnas. Sejak debut pada tahun 27 Maret 2018, Kimpembe telah mencatat 16 caps hingga saat ini.

4. Leo Dubois (Olympique Lyon) 

6 Pemain Ligue 1 yang Memperkuat Timnas Prancis di Piala Eropa 2020Leo Dubois (foot01.com)

Selain Presnel Kimpembe, bek Ligue 1 lainnya yang dipanggil Timnas Prancis adalah Leo Dubois. Performanya bersama Olympique Lyon membuat Didier Deschamps terpikat dan memutuskan untuk memanggilnya.

Pemain 26 tahun itu telah menjalani debut bersama Timnas Prancis pada 2 Juni 2019. Meskipun mendapat kesempatan untuk bergabung dengan skuad Piala Eropa 2020, tak ada jaminan untuk dirinya bisa tampil. Hingga saat ini ia telah mencatatkan 7 caps.

5. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain) 

6 Pemain Ligue 1 yang Memperkuat Timnas Prancis di Piala Eropa 2020Kylian Mbappe (uefa.com)

Kylian Mbappe menjadi salah satu muda yang digadang-gadang bakal menjadi bintang masa depan Prancis. Saat ini, ia masih berstatus pemain Paris Saint-Germain. Namun, tak menutup kemungkinan ia akan hengkang ke klub elite Eropa lain.

Musim ini Mbappe memang gagal mengantarkan PSG mempertahankan gelar Ligue 1. Namun, ia sukses menjadi pencetak gol terbanyak di Ligue 1. Pemain yang kini berusia 22 tahun itu telah mencatatkan 44 caps dan menorehkan 17 gol.

6. Wissam Ben Yedder (AS Monaco) 

6 Pemain Ligue 1 yang Memperkuat Timnas Prancis di Piala Eropa 2020Wissam Ben Yedder (twitter.com/EURO2020)

Pemain keenam Ligue 1 yang akan memperkuat Timnas Prancis di ajang Piala Eropa 2020 adalah Wissam Ben Yedder. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini sudah terbilang cukup senior. Pemain yang kini berusia 30 tahun itu saat ini memperkuat klub Ligue 1, AS Monaco.

Ia sebenarnya sudah mencoba peruntungan bersama klub-klub Eropa. Performanya yang terbilang impresif bersama Monaco membuatnya kembali dipanggil Timnas Prancis. Sejak menjalani debut pada 23 Maret 2018, ia baru mencatatkan 13 caps dengan torehan 2 gol.

 

Didier Deschamps tentu saja memiliki pilihan pemain yang sangat banyak termasuk pemain yang bermain di luar Prancis. Hal itu juga bermanfaat karena sang pemain memiliki pengalaman yang lebih.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Ujian Kemapanan Skuad Bintang Prancis

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya