Comscore Tracker

6 Pemain Termahal yang Diboyong Rafael Benitez Sebelum Melatih Everton

Siapa yang bakal diboyong Benitez ke Everton nanti? 

Rafael Benitez baru saja diumumkan sebagai pelatih baru Everton. Juru taktik berkebangsaan Spanyol ini mengisi jabatan yang sebelumnya ditinggal Carlo Ancelotti ke Real Madrid. Benitez tentu saja bukan nama yang asing dalam sepak bola Eropa.

Ia terbilang cukup sukses saat menangani Liverpool, tak heran jika keputusannya melatih Everton menimbulkan perdebatan. Sepanjang kariernya, Benitez telah menangani banyak klub. Di antaranya ada Valencia, Napoli, Inter Milan, Chelsea hingga Real Madrid.

Dengan banyaknya klub yang dilatih, Benitez juga merekrut banyak pemain. Lantas siapa saja pemain termahal yang pernah diboyong Rafa Benitez sebelum menangani Everton? Berikut ulasannya.

1. Gonzalo Higuain (39 Juta Euro) 

6 Pemain Termahal yang Diboyong Rafael Benitez Sebelum Melatih EvertonGonzalo Higuain (skysports.com)

Pemain termahal yang diboyong Rafa Benitez sebelum menangani Everton adalah Gonzalo Higuain. Pada musim 2013/14, Benitez memboyong Higuain saat menangani Napoli. Penyerang asal Argentina itu berseragam Napoli setelah hengkang dari Real Madrid.

Saat itu, Higuain masih berusia 25 tahun dan ditebus dengan harga 39 juta euro atau setara dengan Rp672 miliar. Bersama Napoli, striker asal Argentina tersebut bertahan hingga musim 2015/2016 sebelum akhirnya hijrah ke Juventus. Higuain dimainkan Benitez dalam 104 pertandingan dengan torehan 53 gol dan 24 assist. 

2. Fernando Torres (38 Juta Euro) 

6 Pemain Termahal yang Diboyong Rafael Benitez Sebelum Melatih EvertonFernando Torres (eurosport.com)

Sebelum Gonzalo Higuain, Fernando Torres lebih dulu menjadi rekrutan mahal Rafa Benitez. Pada musim 2007/08, Torres meninggalkan Atletico Madrid setelah diboyong Benitez ke Liverpool. The Reds menebus pemain yang saat itu berusia 23 tahun tersebut dengan harga 38 juta euro atau setara dengan Rp655 miliar.

Torres menjadi salah satu rekrutan terbaik dalam karier Benitez. Di mana penyerang asal Spanyol itu sangat sukses selama berseragam Liverpool sebelum hengkang ke Chelsea. Benitez memainkan Torres dalam 116 pertandingan dengan catatan 72 gol dan 16 assist. 

Baca Juga: 8 Rekrutan Rafael Benitez di Musim Pertamanya Menangani Liverpool

3. Mateo Kovacic (38 Juta Euro) 

6 Pemain Termahal yang Diboyong Rafael Benitez Sebelum Melatih EvertonMateo Kovacic (skysports.com)

Saat menangani Real Madrid yang dikenal royal membeli pemain, Rafa Benitez justru tak banyak melakukan belanja pemain mahal. Mateo Kovacic menjadi rekrutan termahal Benitez selama menangani Los Blancos. Kovacic diboyong Benitez ke Madrid pada musim 2015/16 dari Inter Milan.

Saat itu, El Real rela merogoh kocek sebesar 38 juta euro atau setara dengan Rp655 miliar untuk memboyong gelandang asal Kroasia itu. Kovacic sendiri hanya dimainkan Benitez dalam 20 pertandingan. Saat ini, ia menjadi bagian klub Premier League, Chelsea.

4. Danilo (31,5 Juta Euro) 

6 Pemain Termahal yang Diboyong Rafael Benitez Sebelum Melatih EvertonDanilo (skysports.com)

Selain Mateo Kovacic, Rafa Benitez juga memboyong Danilo saat menjadi juru taktik Real Madrid. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu didatangkan Benitez ke Santiago Bernabeu juga pada musim 2015/16. Los Blancos membayar biaya transfer Danilo dari FC Porto sebesar 31,5 juta euro atau setara dengan Rp543 miliar.

Namun, sang pemain tak mampu berkembang di skuad penuh bintang Real Madrid. Danilo hanya dimainkan Benitez dalam 17 pertandingan dengan torehan 2 gol dan 2 assist. Kini, pemain berkebangsaan Brasil itu berseragam Juventus. 

5. Robbie Keane (24 Juta Euro) 

6 Pemain Termahal yang Diboyong Rafael Benitez Sebelum Melatih EvertonRobbie Keane (bleacherreport.com/PAUL THOMAS)

Semusim setelah memboyong Fernando Torres ke Liverpool, Rafa Benitez juga memboyong penyerang top lainnya. Kali ini ada nama Robbie Keane yang didatangkan Benitez ke Anfield pada musim panas 2008. Penyerang berkebangsaan Irlandia itu bergabung dengan Liverpool setelah hengkang dari Tottenham Hotspur.

Nilai transfernya saat itu sebesar 24 juta euro atau setara dengan Rp414 miliar. Namun kali ini, pembelian Benitez tak terlalu berhasil karena sang pemain hengkang pada musim dingin 2009. Keane dimainkan Benitez dalam 28 pertandingan dengan catatan 7 gol dan 5 assist. 

6. Miguel Almiron (24 Juta Euro) 

6 Pemain Termahal yang Diboyong Rafael Benitez Sebelum Melatih EvertonMiguel Almiron (premierleague.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Miguel Almiron yang menjadi rekrutan Rafa Benitez saat menangani Newcastle United. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini diboyong Benitez pada musim dingin 2019.

Almiron yang membela klub MLS, Atlanta United, ditebus Newcastle dengan harga 24 juta euro atau setara dengan Rp414 miliar. Hingga saat ini, pemain berkebangsaan Paraguay itu masih menjadi bagian The Magpies. Benitez memainkan Almiron hanya dalam 10 pertandingan di semua kompetisi.

 

Jika melihat dari daftar tersebut, Rafa Benitez bukanlah pelatih yang boros. Padahal ia pernah menangani klub-klub elit yang royal membeli pemain seperti Real Madrid dan Chelsea. Kira-kira, siapa yang bakal jadi rekrutan pertama Benitez di Everton?

Baca Juga: 5 Pelatih Asing yang Pernah Menangani Everton, Benitez Terbaru

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya