5 Pemain dengan Menit Bermain Terbanyak di Piala Eropa 2020

Deretan bintang di partai puncak!

Italia akhirnya keluar sebagai juara Piala Eropa 2020 setelah berhasil mengalahkan Inggris di partai final. Sebulan terakhir, penggemar sepak bola disuguhi tontonan menarik dengan aksi dari bintang Eropa. Banyak drama yang terjadi, mulai dari gugurnya tim unggulan hingga adanya tim kuda hitam.

Hingga akhirnya, Italia yang menjadi tim paling konsisten layak menjadi juara. Selama gelaran Piala Eropa 2020, ada beberapa pemain yang selalu menjadi andalan timnya. Lantas, siapa saja pemain dengan yang catatkan menit bermain terbanyak di Piala Eropa 2020? Berikut ulasannya.

1. Gianluigi Donnarumma (Italia)

5 Pemain dengan Menit Bermain Terbanyak di Piala Eropa 2020Gianluigi Donnarumma (twitter.com/gigiodonna1)

Pemain yang catatkan menit bermain terbanyak di Piala Eropa 2020 adalah Gianluigi Donnarumma. Penjaga gawang ini sangat kokoh menjaga gawang Italia hingga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik di turnamen kali ini. Sepanjang gelaran Piala Eropa 2020, Donnarumma tampil mencatatkan 7 pertandingan.

Secara total, ia mencatatkan 719 menit bermain bersama timnas Italia. Di laga final, Donnarumma menggagalkan dua penalti dari Jadon Sancho dan Bukayo Saka. Mantan pemain AC Milan itu menorehkan 3 clean sheet dan kebobolan 4 gol.

2. Jorginho (Italia) 

5 Pemain dengan Menit Bermain Terbanyak di Piala Eropa 2020Jorginho (twitter.com/ChelseaFCSkye)

Selain Gianluigi Donnarumma, Jorginho juga menjadi pilar penting Italia dalam merengkuh trofi Piala Eropa 2020. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini juga mencatatkan 7 pertandingan di turnamen ini. Namun ia sempat digantikan oleh pemain lain. Hingga Piala Eropa 2020 berakhir, Jorginho mencatatkan 705 menit bermain.

Pemain Chelsea ini menjadi penentu kemenangan Italia atas Spanyol di laga semifinal. Sayangnya, di partai final, penalti penentunya digagalkan Jordan Pickford. Keberhasilan ini membuatnya mengawinkan gelar Liga Champions dengan Piala Eropa. 

Baca Juga: 5 Fakta Roberto Mancini, Maestro Pembawa Italia Juara Piala Eropa 2020

3. Jordan Pickford (Inggris) 

5 Pemain dengan Menit Bermain Terbanyak di Piala Eropa 2020Jordan Pickford (twitter.com/iF2is)

Keberhasilan Inggris melaju ke final tak lain karena performa gemilang Jordan Pickford. Bagaimana tidak, Pickford berhasil mencatatkan clean sheet dalam 5 pertandingan beruntun. Sepanjang turnamen ini, kiper Everton itu hanya kebobolan 2 gol.

Di partai final dalam babak adu penalti, Pickford sebenarnya memblok dua penalti Italia. Sayangnya, usahanya gagal setelah tiga penendang Inggris gagal melaksanakan tugasnya. Pickford mencatatkan 690 menit bermain selama gelaran Piala Eropa 2020. 

4. John Stones (Inggris) 

5 Pemain dengan Menit Bermain Terbanyak di Piala Eropa 2020John Stones (twitter.com/iF2is)

Kokohnya gawang Inggris juga berkat duet bek John Stones dan Harry Maguire. Khususnya untuk Stones yang mencatatkan banyak menit bermain di Piala Eropa 2020 kali ini. Bek Manchester City ini tampil dalam 7 pertandingan dengan catatan 679 menit bermain.

Karier John Stones sebenarnya sempat menurun di Manchester City. Namun akhirnya, ia berhasil menunjukkan performa terbaik pada musim lalu hingga dipanggil Gareth Southgate untuk gelaran Piala Eropa 2020. Sayangnya, kecemerlangannya tak cukup menghasilkan trofi perdana bersama timnas. 

5. Leonardo Bonucci (Italia)

5 Pemain dengan Menit Bermain Terbanyak di Piala Eropa 2020Leonardo Bonucci (twitter.com/iF2is)

Pemain kelima dengan menit bermain terbanyak di Piala Eropa 2020 adalah Leonardo Bonucci. Pemain Juventus ini dinobatkan sebagai Star of the Match dalam partai puncak. Ia berhasil menyamakan kedudukan setelah Italia sempat tertinggal di awal babak pertama.

Bonucci juga sukses mengemban tugasnya sebagai algojo tendangan penalti. Meskipun sudah berusia 34 tahun, Bonucci tampil dalam 7 pertandingan dengan catatan 675 menit bermain. Duetnya bersama Giorgio Chiellini di lini belakang sangat kokoh hingga sulit ditembus oleh lawan.

 

Para pemain tersebut tampil konsisten di Piala Eropa 2020 hingga membantu timnya melaju ke final. Menurut kamu, siapa pemain terbaik di ajang ini?

Baca Juga: Football's Coming to Rome, Italia Juara Piala Eropa 2020

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya