Comscore Tracker

10 Pemain Non-Inggris Paling Subur Sepanjang Sejarah Premier League

Adakah pemain favoritmu? 

Premier League adalah salah satu liga terbaik di dunia. Tak heran jika pemain sepak bola dari berbagai negara berharap dapat bermain di salah satu klub Premier League. Pemain dari penjuru dunia bersaing demi mendapatkan tempat reguler dan menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Sejak liga ini digelar, banyak pemain hebat yang tampil cemerlang. Salah satu ukuran sukses seorang pemain sepak bola adalah jumlah gol yang dicetak. Pemain-pemain dari luar Inggris pun berhasil mencatatkan diri sebagai yang tersubur sepanjang sejarah Premier League.

Berikut 10 pemain non-Inggris paling subur sepanjang sejarah Premier League. 

1. Sergio Aguero, 177 Gol (Argentina)

10 Pemain Non-Inggris Paling Subur Sepanjang Sejarah Premier Leaguedailymail.co.uk

Sergio Aguero adalah pemain Manchester City asal Argentina. Ia baru saja mencetak hattrick ke gawang Aston Villa pada pekan 22 Premier League. Dengan tambahan tiga gol tersebut, Aguero memecahkan rekor gol terbanyak milik Thierry Henry.

Sejak bergabung dengan Manchester City musim 2011/2012, Aguero telah mencetak 177 gol. Ia menjadi pemain non-Inggris paling subur saat ini di Premier League. Jumlah tersebut masih bisa bertambah mengingat sang pemain masih aktif bermain. 

2. Thierry Henry, 175 Gol (Prancis)

10 Pemain Non-Inggris Paling Subur Sepanjang Sejarah Premier Leaguefootball.london

Thierry Henry menjadi salah satu pemain asal Prancis yang sukses di Liga Inggris. Ia membela Arsenal dalam dua periode, yaitu musim 1999/2000 hingga 2006/2007 dan separuh musim 2011/2012.

Dari dua periode tersebut, Henry mencetak 175 gol untuk Arsenal di Premier League. Jumlah tersebut sempat bertahan sebagai yang terbanyak sebelum akhirnya disalip Sergio Aguero. Henry sendiri telah pensiun sebagai pemain pada tahun 2015.

3. Robin Van Persie, 144 Gol (Belanda)

10 Pemain Non-Inggris Paling Subur Sepanjang Sejarah Premier Leaguegoal.com

Robin Van Persie menjadi pemain tersubur non-Inggris ketiga di Premier League. Secara total, ia telah mencetak 144 gol untuk dua tim berbeda. Pada periode 2004 hingga 2012, Van Persie membela Arsenal dan mencetak 96 gol.

Sedangkan 48 gol lainnya ia cetak kala membela Manchester United 2012 hingga 2015. Pemain asal Belanda ini telah gantung sepatu pada akhir musim lalu. 

4. Jimmy Floyd Hasselbaink, 127 Gol (Belanda)

10 Pemain Non-Inggris Paling Subur Sepanjang Sejarah Premier Leagueplanetfootball.com

Tak hanya Robin Van Persie pemain Belanda yang sukses di Liga Inggris, Jimmy Floyd Hasselbaink juga terbilang sukses. Di Premier League, Floyd telah membela empat tim yang berbeda, yaitu Leeds United, Chelsea, Middlesbrough dan Charlton Athletic.

Dari empat tim yang ia bela, Floyd telah mencetak 129 gol di Premier League. Jumlah paling banyak ia cetak bersama The Blues Chelsea dengan 70 gol. Floyd membela Chelsea pada periode 2000 hingga 2004.

Baca Juga: Inilah 5 Pemain Jepang yang Pernah Berkompetisi di Liga Inggris

5. Robbie Keane, 126 Gol (Irlandia)

10 Pemain Non-Inggris Paling Subur Sepanjang Sejarah Premier Leaguefootball.london

Robbie Keane merupakan pemain asal Irlandia yang sukses di Liga Inggris. Ia telah mencetak 126 gol di Premier League dengan membela enam klub berbeda. Klub Premier League yang pernah dibela Keane yaitu Coventry, Leeds United, Tottenham Hotspur, Liverpool, West Ham dan Aston Villa.

Salah satu klub terlama yang dibela Robbie Keane adalah Tottenham Hotspur selama 8 musim. Keane memutuskan pensiun pada akhir tahun 2018.

6. Nicolas Anelka, 125 Gol (Prancis)

10 Pemain Non-Inggris Paling Subur Sepanjang Sejarah Premier Leaguetelegraph.co.uk

Pemain kedua asal Prancis yang sukses di Liga Inggris adalah Nicolas Anelka. Ia membela enam klub berbeda selama di Premier League yaitu Chelsea, Arsenal, Liverpool, Manchester City, Bolton dan West Brom.

Anelka telah mencetak 125 gol di Premier League. Anelka paling lama membela Chelsea yaitu selama lima musim dengan torehan 38 gol. Ia telah gantung sepatu pada tahun 2016.

7. Dwight Yorke, 123 Gol (Trinidad & Tobago)

10 Pemain Non-Inggris Paling Subur Sepanjang Sejarah Premier Leaguestrettynews.com

Berasal dari negara kurang populer di sepak bola, tak membuat Dwight Yorke gagal bersinar. Pada periode 1999 hingga 2002, Yorke membela raksasa Premier League, Manchester United.

Selain MU, Yorke juga membela empat tim lain yaitu Aston Villa, Blackburn, Birmingham dan Sunderland. Dari kelima klub tersebut, Dwight Yorke telah mencetak 123 gol di Premier League. 

8. Romelu Lukaku, 113 Gol (Belgia)

10 Pemain Non-Inggris Paling Subur Sepanjang Sejarah Premier Leagueplanetfootball.com

Sempat dibuang Chelsea di awal karirnya di Premier League, Romelu Lukaku berubah menjadi striker garang saat membela Everton. Berkat penampilan cemerlangnya, Lukaku diboyong Manchester United pada musim panas 2017.

Selain membela tiga klub tersebut, ia juga sempat bermain untuk West Brom. Secara total, Lukaku telah mencetak 113 gol di Premier League. Saat ini pemain asal Belgia tersebut membela Inter Milan di Serie A. 

9. Didier Drogba, 104 Gol (Pantai Gading)

10 Pemain Non-Inggris Paling Subur Sepanjang Sejarah Premier Leagueexpress.co.uk

Salah satu legenda Chelsea yang paling dikenang adalah Didier Drogba. Bergabung dengan Chelsea pada tahun 2004, Drogba mencetak 104 gol untuk Chelsea di Premier League.

Drogba juga terlibat dalam berbagai gelar yang diraih Chelsea termasuk juara Liga Champions pertama musim 2011/2012. Pemain asal Pantai Gading ini memutuskan pensiun pada akhir tahun 2018.

10. Emmanuel Adebayor, 97 Gol (Togo)

10 Pemain Non-Inggris Paling Subur Sepanjang Sejarah Premier LeagueSumber

Pemain asal Afrika lain yang terbilang sukses di Liga Inggris adalah Emmanuel Adebayor. Pemain asal Togo ini tampil apik kala berseragam Arsenal. Selain Arsenal, Adebayor juga membela tiga tim Premier League lain yaitu Manchester City, Tottenham dan Crystal Palace.

Selama bermain di Premier League, Adebayor telah mencetak 97 gol. Saat ini ia belum memutuskan gantung sepatu meskipun berstatus tanpa klub. 

Siapa pemain favorit kamu dari daftar tersebut? Pemain-pemain tersebut terbilang cukup sukses selama bermain di Premier League. 

Baca Juga: Sah! 6 Tim dari Liga 3 Sukses Promosi ke Liga 2 2020!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Matematika UNNES. Menulis. Desain Grafis. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya