Comscore Tracker

5 Pemain Non Spanyol Termuda yang Tampil di LaLiga Sepanjang Sejarah

Bagaimana kariernya?

Sebagai salah satu liga top Eropa, LaLiga tentu saja memiliki gengsi yang tinggi. Tak selamanya tentang Real Madrid dan Barcelona, lebih dari itu LaLiga menyajikan persaingan yang cukup seru. Pertarungan para pemain berkualitas juga menjadi daya tarik tersendiri. Di tengah banyaknya pemain bintang, klub-klub LaLiga tak ragu memberikan kesempatan pemain muda untuk debut.

Bahkan tak hanya dari Spanyol, beberapa pemain asing atau non Spanyol juga mendapat kesempatan yang sama. Bahkan rekor debutan termuda LaLiga sepanjang sejarah dipegang pemain non Spanyol. Siapa saja pemain non Spanyol yang debut di LaLiga sepanjang sejarah? Berikut ulasannya.

1. Luka Romero (Real Mallorca)

5 Pemain Non Spanyol Termuda yang Tampil di LaLiga Sepanjang Sejarahgoal.com

Pemain non Spanyol termuda yang debut di LaLiga sepanjang sejarah adalah Luka Romero. Bahkan pemain Real Mallorca ini tercatat sebagai pemain termuda dalam sejarah LaLiga. Momen tersebut terjadi saat Mallorca menghadapi Real Madrid di pekan 31 LaLiga musim 2019/2020. Pada laga yang digelar 24 Juni 2020 lalu ini, Romero masih berusia 15 tahun, 7 bulan dan 5 hari.

Momen berharga tersebut tentu saja tak terlupakan bagi gelandang serang Argentina ini apalagi menghadapi tim sekelas Real Madrid. Masih menjadi bagian akademi Mallorca, laga tersebut menjadi satu-satunya pertandingan LaLiga yang dimainkan Romero bersama tim utama hingga kini.

2. Fabrice Olinga (Malaga)

5 Pemain Non Spanyol Termuda yang Tampil di LaLiga Sepanjang Sejarahalchetron.com

Pemain non Spanyol berikutnya yang debut di LaLiga saat usia muda ada Fabrice Olinga. Pemain asal Kamerun ini debut bersama Malaga pada 18 Agustus 2012. Hal tersebut terjadi saat Malaga menghadapi Celta Vigo. Saat itu, Olinga masih berusia 16 tahun, 3 bulan dan 6 hari.

Namun usai debut karier Olinga tak berkembang secara signifikan. Pemain sayap kiri ini hanya bermain dalam 16 laga bersama Malaga. Saat ini Olinga membela klub Belgia yakni Mouscron sejak 2015.

3. Martin Odegaard (Real Madrid)

5 Pemain Non Spanyol Termuda yang Tampil di LaLiga Sepanjang Sejarahinstagram.com/odegaard.98

Meskipun dikenal dengan tim bertabur bintang, Real Madrid juga tak ragu memainkan pemain muda potensial. Salah satunya yaitu Martin Odegaard yang debut pada 23 Mei 2015. Tepatnya pada laga antara Madrid menghadapi Getafe. Pada laga tersebut, Odegaard masih berusia 16 tahun, 5 bulan dan 6 hari.

Saat ini ia masih berstatus pemain El Real, meskipun Odegaard lebih banyak dipinjamkan. Namun pemain Norwegia ini mulai dipercaya Zinedine Zidane. Pada awal musim ini, ia telah mencatatkan 8 kali penampilan bersama tim utama Madrid. 

Baca Juga: 10 Pemain LaLiga dengan Rating Terbaik di FIFA 21, Messi Memimpin!

4. Paul Quaye (Espanyol)

5 Pemain Non Spanyol Termuda yang Tampil di LaLiga Sepanjang Sejarahghanasoccernet.com

Pemain berikutnya yaitu Paul Quaye yang menjalani debut di La Liga bersama Espanyol. Pemain asal Ghana ini tampil perdana untuk Espanyol saat menghadapi Rayo Vallecano. Pada laga yang digelar 11 Maret 2011 tersebut, Quaye masih berusia 16 tahun, 5 bulan dan 24 hari.

Setelah menjalani debut, pemain gelandang ini juga tak terlalu berkembang. Laga melawan Rayo Vallecano menjadi satu-satunya pertandingan yang dimainkan Quaye bersama tim utama Espanyol. Kini, pemain berusia 25 tahun tersebut membela tim Amatir Spanyol, Moralo CP. 

5. Joel Valencia

5 Pemain Non Spanyol Termuda yang Tampil di LaLiga Sepanjang Sejarahalchetron.com

Joel Valencia adalah pemain asal Ekuador yang berposisi sebagai gelandang serang. Ia menjalani debut di La Liga bersama Real Zaragoza. Tepatnya saat laga melawan Real Madrid pada 28 Agustus 2011. Pada saat jalani debut, Valencia masih berusia 16 tahun, 9 bulan dan 12 hari.

Pertandingan tersebut menjadi satu-satunya laga di La Liga bersama Real Zaragoza. Pemain berusia 25 tahun tersebut kini membela klub divisi Championship Inggris, Brentford. 

Pemain-pemain ini menjadi bukti jika LaLiga cukup bersahabat bagi pemain muda, meskipun banyak bintang. Bahkan pemain kuar spanyol saja bisa debut.

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Klub LaLiga, Neymar Ungguli CR7!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya