5 Pemain Paling Bersinar di Ajang Piala Eropa 2020, Bintang Turnamen!

Bagaimana penampilan mereka? 

Setelah 30 hari dan 51 pertandingan, Piala Eropa 2020 mencapai klimaks yang dramatis di Stadion Wembley. Italia asuhan Roberto Mancini menyelesaikan tugasnya di Inggris dengan merengkuh trofi. Gli Azzurri dinobatkan sebagai juara Eropa untuk kedua kalinya dalam sejarah.

Di sisi lain, Inggris harus menunggu lagi untuk merebut trofi Piala Eropa pertama. Terlepas dari keadaan pandemi COVID-19, sebanyak 24 tim ambil bagian dalam Piala Eropa 2020 dan turnamen diadakan di 11 negara. Pandemi ini tak mengurangi keseruan turnamen ini.

Para pemain tetap menunjukkan kualitas terbaiknya. Gianluigi Donnarumma dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen. Sebenarnya tak hanya Donnarumma yang bersinar, pemain-pemain lain pun tak kalah mengesankan.

5. Federico Chiesa (Italia) 

5 Pemain Paling Bersinar di Ajang Piala Eropa 2020, Bintang Turnamen!Federico Chiesa (twitter.com/GOAL_ID)

Federico Chiesa awalnya tak masuk starting eleven Italia, tetapi ia berkembang di turnamen ini dan muncul sebagai salah satu pemain terpenting mereka. Memastikan lolos di dua laga awal, Chiesa akhirnya mendapat kesempatan tampil saat melawan Wales. Ia pun tampil apik di laga tersebut dan semakin bersinar di babak 16 besar melawan Austria.

Saat itu ia masuk sebagai pemain pengganti untuk memecah kebuntuan bagi timnya di perpanjangan waktu. Chiesa terus meningkat hingga laga final meski harus keluar akibat cedera. Tak bisa dimungkiri jika pemain Juventus itu salah satu pemain paling penting Italia dalam merengkuh trofi Piala Eropa 2020.

4. Cristiano Ronaldo (Portugal) 

5 Pemain Paling Bersinar di Ajang Piala Eropa 2020, Bintang Turnamen!Cristiano Ronaldo (twitter.com/goal)

Portugal yang berstatus sebagai juara bertahan harus tersingkir di babak 16 besar setelah kalah dari Belgia. Meskipun demikian, Cristiano Ronaldo tetap mencatatkan rekor baru dari golnya di babak grup bahkan menjadi top skor dengan 5 gol. Kini, CR7 menjadi pencetak gol terbanyak di level internasional dan dalam sejarah Piala Eropa.

Pada usia 36, ​​Ronaldo meraih Sepatu Emas pertamanya di turnamen besar internasional. Sebuah hal yang sedikit sulit dipercaya jika melihat usianya. Di tengah generasi emas Portugal, CR7 masih menjadi tumpuan utama. Dia kemungkinan akan kembali tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. 

Baca Juga: 6 Pemain yang Dua Kali Jadi Star of The Match Piala Eropa 2020

3. Jorginho (Italia) 

5 Pemain Paling Bersinar di Ajang Piala Eropa 2020, Bintang Turnamen!Jorginho (twitter.com/ChelseaFCSkye)

Jorginho menjadi pemain penting saat mengantarkan Chelsea juara Liga Champions Mei lalu. Dia melanjutkan penampilan apiknya di Piala Eropa 2020. Gelandang bertahan ini menjadi pilar utama Roberto Mancini dan menjadi salah satu pemain yang selalu dimainkan. Tak hanya memotong serangan lawan, Jorginho juga dikenal sebagai pengumpan yang baik.

Jorginho bukan hanya gelandang terbaik Italia tetapi juga pemain yang menonjol. Dia pun menjadi pemain ke-10 dalam sejarah yang memenangkan Kejuaraan Eropa dan Liga Champions di tahun yang sama. Bahkan Jorginho disebut-sebut bisa bersaing untuk merebut penghargaan Ballon d'Or.

2. Pedri (Spanyol) 

5 Pemain Paling Bersinar di Ajang Piala Eropa 2020, Bintang Turnamen!Pedri (fcbarcelona.com)

Munculnya Pedri di Barcelona telah menjadi cerita yang mengesankan. Dia langsung menjadi nama pertama di daftar tim Luis Enrique meskipun baru melakukan debut internasionalnya pada bulan Maret. Pemain berusia 18 tahun itu selalu menjadi starter di setiap pertandingan untuk La Roja di Piala Eropa 2020.

Dia menunjukkan penampilan luar biasa di lini tengah dan menjadi penggerak serangan Spanyol. Meskipun Spanyol hanya melaju ke semifinal, Pedri tidak diragukan lagi salah satu pemain paling konsisten di Piala Eropa 2020 dan dinobatkan sebagai pemain muda terbaik. Pedri akan memainkan peran kunci untuk klub dan negara di tahun-tahun mendatang.

1. Raheem Sterling (Inggris) 

5 Pemain Paling Bersinar di Ajang Piala Eropa 2020, Bintang Turnamen!Raheem Sterling (twitter.com/sterling7)

Menjelang Piala Eropa 2020, Raheem Sterling menjalani musim yang agak mengecewakan bersama Manchester City. Dia disebut-sebut memiliki penyelesaian yang buruk. Meskipun demikian, Gareth Southgate memilih untuk memainkan Sterling di laga perdana Piala Eropa 2020 Inggris melawan Kroasia.

Kesempatan itu pun dibalas dengan mencetak satu-satunya gol dalam laga itu. Sterling sekali lagi muncul sebagai pahlawan Inggris saat melawan Republik Ceko. Di babak gugur, ia mencetak gol ke gawang Jerman. Penampilannya di Piala Eropa 2020 cukup mengesankan dan membungkam kritik untuknya. 

Piala Eropa 2020 memang menjadi panggung bagi para bintang Eropa. Tak mudah untuk siapa pun bisa tampil konsisten di turnamen besar internasional.

Baca Juga: 10 Pemain Tercepat di Piala Eropa 2020, Spinazzola hingga Teemu Pukki

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya