Comscore Tracker

7 Pemain Paling Diandalkan dalam Karier Pep Guardiola, Kunci Sukses!

Pep Guardiola, salah satu pelatih terbaik di abad ke-21

Josep 'Pep' Guardiola dinobatkan sebagai pelatih terbaik abad ke-21 oleh Globe Soccer Award. Pemberian penghargaan itu pun bukan tanpa alasan. Pep Guardiola memang menjadi pelatih yang konsisten meraih trofi bersama klub yang ia latih.

Pelatih asal Spanyol ini mengawali karier kepelatihannya pada tahun 2007 bersama Barcelona B. Setahun kemudian, ia dipercaya menukangi tim utama El Barca. Bayern Munchen menjadi klub selanjutnya yang ia latih sejak 2013 hingga 2016. Kemudian, ia melatih Manchester City hingga saat ini.

Bersama klub-klub tersebut, Pep telah memainkan banyak pemain dan berhasil meraih berbagai gelar bergengsi. Siapa saja pemain yang jadi kunci kesuksesan Pep dan paling diandalkan sepanjang kariernya? Berikut ulasannya.

1. Lionel Messi

7 Pemain Paling Diandalkan dalam Karier Pep Guardiola, Kunci Sukses!fcbarcelona.es

Pemain paling diandalkan dalam karier Pep Guardiola adalah Lionel Messi. Mega bintang asal Argentina ini menjadi tumpuan utama Pep saat menangani Barcelona. Messi telah berseragam Blaugrana sejak 2004/2005.

Pemain yang sangat setia membela El Barca itu telah bermain dalam 219 pertandingan di enam kompetisi berbeda saat dilatih Pep. La Pulga berhasil mencatatkan 211 gol dan 91 assist selama empat musim. Catatan itu memang tidak mengherankan bagi pemain seperti Messi.

2. Raheem Sterling 

7 Pemain Paling Diandalkan dalam Karier Pep Guardiola, Kunci Sukses!goal.com

Sementara saat menangani Manchester City hingga saat ini, Pep Guardiola menjadikan Raheem Sterling sebagai pemain paling diandalkan. Pemain berkebangsaan Inggris itu bergabung dengan The Cityzens sejak 2015/2016 setelah hengkang dari Liverpool.

Pemain yang kini berusia 26 tahun itu sudah dimainkan Pep dalam 217 pertandingan di enam kompetisi berbeda. Sebagai seorang penyerang dan winger, Sterling mencatatkan 96 gol dan 73 assist.

3. Dani Alves

7 Pemain Paling Diandalkan dalam Karier Pep Guardiola, Kunci Sukses!fcbarcelona.com

Kemudian ada Dani Alves yang menjadi andalan Pep Guardiola saat menangani Barcelona. Alves merupakan pemain yang sangat berpengalaman sebagai bek kanan. Pemain berkebangsaan Brasil ini merupakan salah satu pemain yang bergabung Barca di era Pep.

Pelatih Spanyol itu tanpa ragu langsung mempercayakan posisi bek kanan ke Alves. Hal itu terbukti dari 208 pertandingan yang dimainkan Alves selama ditangani Pep. Pemain yang kini berusia 37 tahun itu mencetak 15 gol dan 68 assist dari penampilannya tersebut.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terbaik Pep Guardiola Satu Dekade Terakhir, Ada Idolamu?

4. Xavi Hernandez

7 Pemain Paling Diandalkan dalam Karier Pep Guardiola, Kunci Sukses!instagram.com/xavi

Xavi Hernandez menjadi salah satu legenda yang dimiliki Barcelona. Telah membela tim utama sejak musim 1998/1999, ia tetap menjadi pilar utama ketika ditangani Pep Guardiola. Sosok yang kini menjabat sebagai pelatih Al Sadd itu dimainkan Pep dalam 208 di tujuh kompetisi berbeda.

Xavi menyegel tempat utama di lini tengah Blaugrana, ia pun sukses mencatatkan 36 gol dan 82 assist dari penampilannya tersebut. Gelandang Spanyol ini menjadi kunci permainan tiki taka ala Pep.

5. Victor Valdes

7 Pemain Paling Diandalkan dalam Karier Pep Guardiola, Kunci Sukses!espn.co.uk

Sementara dari posisi penjaga gawang, Pep Guardiola mempercayakan kepada Victor Valdes di bawah mistar gawang Barcelona. Sebelum ditangani Pep, kiper Spanyol ini memang sudah menjadi andalan Barca sejak musim 2002/2003.

Hal tersebut membuat Valdes pun tak kesulitan menembus skuat utama Blaugrana di bawah asuhan Pep. Empat musim ditangani Guardiola, kiper yang pensiun pada tahun 2017 ini tampil dalam 200 pertandingan di tujuh kompetisi berbeda.

6. Kevin De Bruyne

7 Pemain Paling Diandalkan dalam Karier Pep Guardiola, Kunci Sukses!premierleague.com

Selain Raheem Sterling, Kevin De Bruyne juga menjadi pemain Manchester City yang sangat diandalkan Pep Guardiola. Gelandang asal Belgia itu menampilkan permainan terbaiknya selama diasuh Pep. De Bruyne bergabung dengan The Cityzens sejak musim 2015/2016.

Ketika Pep datang, De Bruyne pun semakin menjadi andalan dengan catatan 198 pertandingan di enam kompetisi berbeda. Sebagai gelandang serang, ia berhasil mengoleksi 43 gol dan 87 assist.

7. Sergio Busquets

7 Pemain Paling Diandalkan dalam Karier Pep Guardiola, Kunci Sukses!fcbarcelona.com

Pemain ketujuh dalam daftar ini juga berposisi sebagai gelandang, yakni Sergio Busquets. Pemain berkebangsaan Spanyol ini menjadi salah satu lulusan akademi La Masia yang dipromosikan Guardiola ke tim utama Barcelona.

Meskipun saat itu masih cukup muda, Busquets tetap dipercaya tampil oleh sang pelatih. Gelandang bertahan ini dimainkan Guardiola dalam 191 pertandingan di enam kompetisi berbeda. Lebih fokus menjaga pertahanan, pemain yang kini masih menjadi andalan Barca itu mencetak 7 gol dan 12 assist.

 

Itulah tujuh pemain yang paling diandalkan Pep Guardiola dalam meraih kesuksesan. Sepanjang kariernya, Pep telah menjuarai 12 kompetisi berbeda yang di antaranya termasuk gelar prestisius.

Di antaranya ada La Liga, Bundesliga, Premier League, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antar Klub. Menurut kamu, layakkah Pep jadi pelatih terbaik abad ini?

Baca Juga: 5 Pemain yang Jadi Andalan Pep Guardiola Saat Membesut Bayern Munchen

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya