5 Pemain Paling Senior yang Perkuat Timnas Prancis di Piala Dunia 2022

Patut kita nantikan kontribusi mereka 

Piala Dunia 2022 Qatar sebentar lagi tiba. Negara-negara peserta sudah mulai mempersiapkan diri dengan memanggil pemain-pemain terbaiknya. Salah satu tim unggulan, Prancis, pun merilis nama-nama pemain yang akan dibawa ke gelaran 4 tahunan itu.

Datang sebagai juara bertahan, Les Bleus tentu saja tak ingin dipermalukan lawan. Mitos juara bertahan yang gagal total di Piala Dunia edisi berikutnya tak boleh dilanjutkan Prancis. Namun, hal itu tak akan mudah. Cobaan bagi Timnas Prancis sudah datang silih berganti.

Beberapa pemain top Prancis mengalami cedera. Itu membuat Didier Deschamps harus memilih lebih jeli lagi. Di antara 26 pemain yang dipanggil, ada beberapa pemain senior yang akan memperkuat Prancis.

Lantas, siapa saja pemain paling senior yang perkuat Timnas Prancis di Piala Dunia 2022?

1. Steve Mandanda

5 Pemain Paling Senior yang Perkuat Timnas Prancis di Piala Dunia 2022Steve Mandanda (twitter.com/CPFC)

Pemain paling senior yang akan memperkuat Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 adalah Steve Mandanda. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang itu sudah cukup sering mendapat panggilan Didier Deschamps. Meski begitu, tak jarang Mandanda hanya menjadi pemanis bangku cadangan.

Saat ini, pemain kelahiran 28 Maret 1985 itu membela klub Ligue 1, Stade Rennes. Meskipun sudah berusia 37 tahun, Madanda tetap jadi andalan Rennes pada 2022/2023 ini.

Pemain bertinggi 187 cm ini sendiri pertama kali membela Timnas Prancis pada 27 Mei 2008. Di ajang Piala Dunia, ia sudah tampil dalam delapan pertandingan. Secara total, Mandanda mencatatkan 34 caps dengan raihan 14 clean sheet dan 31 kali kebobolan.

2. Oliver Giroud

5 Pemain Paling Senior yang Perkuat Timnas Prancis di Piala Dunia 2022Olivier Giroud (fifa.com)

Olivier Giroud menjadi salah satu pemain senior yang juga langganan Timnas Prancis. Pemain yang kini berusia 36 tahun itu beberapa kali menunjukkan aksi luar biasa di lini depan AC Milan pada 2022/2023 ini.

Meskipun menit bermainnya mulai berkurang, Giroud masih menjadi salah satu penyerang yang tajam. Memiliki fisik yang sangat menunjang untuk seorang penyerang tengah, Giroud kemungkinan akan menjadi pemain penting di lini depan Les Bleus.

Telah menjalani debut pada 11 November 2011, mantan pemain Chelsea ini mencatatkan 114 caps bersama Tim Ayam Jantan. Sebagai seorang penyerang andal, ia menorehkan 49 gol dan 13 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Senior yang Dipanggil Timnas Brasil ke Piala Dunia 2022

3. Hugo Lloris

5 Pemain Paling Senior yang Perkuat Timnas Prancis di Piala Dunia 2022Hugo Lloris (fifa.com)

Seringnya Steve Mandanda duduk di bangku cadangan Timnas Prancis tak lain karena masih adanya Hugo Lloris. Pemain yang saat ini berusia 35 tahun itu terus menjadi andalan utama Didier Deschamps. Ia bahkan dipercaya sebagai kapten.

Di level klub, Lloris juga menjadi pilar utama Tottenham Hotspur meskipun usianya sudah tak muda lagi. Mantan pemain Olympique Lyon ini sendiri sudah menjalani debut bersama Timnas Prancis pada 19 November 2008.

Hingga saat ini, Lloris mencatatkan 139 caps dengan catatan 113 kebobolan dan 62 kali clean sheet. Kemungkinan besar, Lloris akan menjadi andalan Didier Deschamps di Piala Dunia 2022 nanti.

4. Karim Benzema

5 Pemain Paling Senior yang Perkuat Timnas Prancis di Piala Dunia 2022Karim Benzema (fifa.com)

Performa apik Karim Benzema membuatnya kembali mendapat panggilan Timnas Prancis pada 2021 lalu setelah absen sekian lama. Sebelum 2021, ia mendapat panggilan Timnas Prancis pada 2015. Beberapa masalah di luar lapangan membuatnya harus rela tak bisa membela negaranya.

Benzema sangat layak mendapat kesempatan di Timnas Prancis di Piala Dunia 2022. Meskipun sudah berusia 34 tahun, ia tampil luar biasa di lini depan Real Madrid dan baru saja meraih trofi Ballon d'Or.

Telah menjalani debut pada 28 Maret 2007, Benzema sudah mencatatkan 97 caps dengan torehan 37 gol dan 18 assist. Patut kita nantikan kiprah Benzema bersama Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 nanti.

5. Antoine Griezmann

5 Pemain Paling Senior yang Perkuat Timnas Prancis di Piala Dunia 2022Antoine Griezmann (fifa.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Antoine Griezmann. Ia juga sudah tak lagi muda.

Pemain berusia 31 tahun itu saat ini masih berseragam Atletico Madrid. Setelah hengkang dari Barcelona, performanya sedikit menurun. Menit bermainnya juga terbatas bersama Atletico Madrid.

Griezmann sendiri menjadi salah satu pemain yang kerap mendapat panggilan Timnas Prancis setelah menjalani debut pada 10 Oktober 2009. Hingga saat ini, ia telah mencatatkan 110 caps bersama Les Bleus. Berposisi sebagai penyerang sayap, ia menorehkan 42 gol dan 32 assist dari penampilannya tersebut.

Patut kita nantikan kontribusi pemain-pemain senior ini untuk Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 Qatar. Dengan pengalaman yang dimiliki, pemain-pemain ini diharapkan bisa berkolaborasi dengan para pemain muda.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tak Dibawa Timnas Prancis ke Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya