6 Pemain Paling Sering Dimainkan Pep Guardiola di Liga Champions

Lionel Messi salah satunya

Pep Guardiola menjadi salah satu pelatih papan atas di Eropa. Kemampuannya meramu taktik membuahkan berbagai trofi bersama klub yang ia latih.

Mulai bersinar saat menukangi Barcelona, Guardiola kemudian menangani Bayern Munich dan Manchester City. Ia sukses mengoleksi trofi kompetisi domestik maupun ajang antarklub. Khususnya di ajang UEFA Champions League (UCL), juru taktik asal Spanyol itu telah meraihnya sebanyak dua kali.

Dalam mengarungi kompetisi paling bergengsi di Eropa tersebut, ada sederet pemain yang selalu jadi andalan Pep Guardiola. Berikut daftar pemain paling sering dimainkan Pep Guardiola di ajang Liga Champions.

1. Ilkay Gundogan

6 Pemain Paling Sering Dimainkan Pep Guardiola di Liga ChampionsIlkay Gundogan (uefa.com)

Pemain pertama dalam daftar ini berposisi sebagai gelandang, yakni Ilkay Gundogan. Pemain berkebangsaan Jerman ini menjadi andalan Pep Guardiola di lini tengah Manchester City.

Ia menjadi salah satu rekrutan Pep saat menukangi The Cityzens. Gelandang tengah ini dimainkan Guardiola dalam 61 pertandingan di Liga Champions. Pemain yang kini berusia 32 tahun itu mencetak 9 gol dan 9 assist dari penampilannya tersebut.

2. Raheem Sterling

6 Pemain Paling Sering Dimainkan Pep Guardiola di Liga ChampionsRaheem Sterling (uefa.com)

Berikutnya ada Raheem Sterling yang juga jadi andalan Pep Guardiola di Manchester City. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap itu bergabung dengan The Cityzens sejak 2015/2016 setelah hengkang dari Liverpool.

Pemain asal Inggris itu sudah dimainkan Pep dalam 57 pertandingan di Liga Champions. Beroperasi di lini depan, pemain 28 tahun itu mencatatkan 96 gol dan 73 assist. Namun, Sterling telah hengkang dari Etihad Stadium pada awal musim 2022/2023 untuk bergabung bersama Chelsea.

3. Ederson Moraes

6 Pemain Paling Sering Dimainkan Pep Guardiola di Liga ChampionsEderson Moraes (uefa.com)

Sementara dari posisi penjaga gawang, Pep Guardiola mempercayakan kepada Ederson Moraes mistar gawang Manchester City. Kiper asal Brasil itu juga menjadi salah satu rekrutan Pep di Manchester City.

Hal tersebut membuat Ederson tak kesulitan menembus skuad utama The Cityzens di bawah asuhan Pep. Sekitar 6 musim ditangani Guardiola, Ederson tampil dalam 55 pertandingan di Liga Champions.

Baca Juga: Jika Man City Terbukti Curang, Pep Guardiola Bakal Hengkang

4. Bernardo Silva

6 Pemain Paling Sering Dimainkan Pep Guardiola di Liga ChampionsBernardo Silva (uefa.com)

Kemudian, ada Bernardo Silva yang juga menjadi andalan Pep Guardiola saat menangani Manchester City. Bernardo merupakan pemain yang cukup berkualitas sebagai gelandang serang. Pemain berkebangsaan Portugal ini juga merupakan salah satu pemain yang bergabung dengan The Cityzens di era Pep.

Pelatih Spanyol itu tanpa ragu langsung mempercayakan posisi gelandang serang ke Bernardo Silva. Hal itu terbukti dari 55 pertandingan Liga Champions yang dimainkan Bernardo selama ditangani Pep. Pemain yang kini berusia 28 tahun itu mencetak 9 gol dan 10 assist dari penampilannya tersebut.

5. Kevin De Bruyne

6 Pemain Paling Sering Dimainkan Pep Guardiola di Liga ChampionsKevin De Bruyne (uefa.com)

Selain keempat pemain sebelumnya, Kevin De Bruyne juga menjadi pemain Manchester City yang sangat diandalkan Pep Guardiola. Gelandang asal Belgia itu tampil mengesankan selama diasuh Pep. De Bruyne bergabung dengan The Cityzens sejak musim panas 2015.

Ketika Pep datang, pemain 31 tahun ini pun semakin menjadi andalan dengan catatan 47 pertandingan di Liga Champions. Sebagai gelandang serang, ia berhasil mengoleksi 9 gol dan 21 assist.

6. Lionel Messi

6 Pemain Paling Sering Dimainkan Pep Guardiola di Liga ChampionsLionel Messi (uefa.com)

Pemain keenam yang diandalkan Pep Guardiola di Liga Champions adalah Lionel Messi. Mega bintang asal Argentina ini menjadi tumpuan utama Pep saat mengasuh Barcelona. Messi sendiri telah berseragam Blaugrana sejak 2004/2005.

Pemain yang kini membela Paris Saint-Germain itu dimainkan Pep dalam 47 pertandingan di Liga Champions. La Pulga berhasil mencatatkan 43 gol dan 16 assist selama kurang lebih 4 musim. Messi menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang juara Liga Champions bersama Pep Guardiola.

Patut disayangkan Pep Guardiola belum mampu menjuarai Liga Champions bersama Manchester City. Akankah sempat Pep membawa The Cityzens juara UCL musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City yang Diacuhkan Pep Guardiola Musim 2022/2023

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya