Comscore Tracker

5 Pemain yang Paling Sering Jadi Lawan Cristiano Ronaldo, Ada Messi!

Bagaimana catatan pertemuannya?

Tak bisa dimungkiri bahwa Cristiano Ronaldo adalah salah satu pesepak bola terbaik yang pernah ada. Berbagai trofi hingga rekor telah ia torehkan sepanjang kariernya. Meskipun saat ini sudah berusia 36 tahun, kualitas CR7 belum terlihat ada penurunan drastis. Salah satu buktinya adalah ia berhasil mencatatkan rekor baru pada gelaran Piala Eropa 2020.

Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid, dan saat ini Juventus adalah klub yang beruntung pernah diperkuat Ronaldo. Mengawali kariernya sejak tahun 2002, bintang asal Portugal ini tentunya telah menghadapi banyak pemain. Siapa saja pemain yang paling sering jadi lawan Cristiano Ronaldo? Berikut ulasannya.

1. Lionel Messi

5 Pemain yang Paling Sering Jadi Lawan Cristiano Ronaldo, Ada Messi!Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (skysports.com)

Cristiano Ronaldo benar-benar menjadi rival Lionel Messi sejati. Tak hanya dalam torehan prestasi, Messi ternyata menjadi pemain yang paling sering melawan Ronaldo. Pertemuan pertama mereka terjadi pada musim 2007/08 saat Ronaldo membela Manchester United melawan Barcelona di semifinal Liga Champions.

Hingga saat ini, kedua megabintang tersebut telah saling berhadapan dalam 36 pertandingan. CR7 masih kalah dari rekor pertemuan tersebut. Ia menang dalam 11 pertandingan, sementara Messi mengalahkan Ronaldo dalam 16 pertandingan. Keduanya terakhir kali berhadapan pada laga Liga Champions musim lalu.

2. Sergio Busquets

5 Pemain yang Paling Sering Jadi Lawan Cristiano Ronaldo, Ada Messi!Sergio Busquets dan Cristiano Ronaldo (talksport.com)

Berikutnya ada Sergio Busquets yang juga cukup lama membela Barcelona. Sama seperti Messi, Busquets telah menjadi lawan Cristiano Ronaldo dalam 36 pertandingan. Rekor pertemuan Ronaldo melawan Busquets justru lebih buruk. Ia hanya menang dalam 9 pertandingan, sementara Busquets mengalahkannya dalam 17 pertandingan.

Pertemuan kedua pemain tersebut terjadi pada musim 2008/09 dalam laga final Liga Champions. Saat itu Busquets membawa Barca mengalahkan Manchester United yang diperkuat CR7. Sementara itu, pertemuan terakhir keduanya terjadi saat Portugal menghadapi Spanyol pada April 2021.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Menggantikan Posisi Sergio Busquets di Barcelona

3. Andres Iniesta

5 Pemain yang Paling Sering Jadi Lawan Cristiano Ronaldo, Ada Messi!Cristiano Ronaldo dan Andres Iniesta (fcbarcelonanoticias.com)

Lamanya Cristiano Ronaldo membela Real Madrid membuatnya kerap menghadapi pemain Barcelona. Andres Iniesta adalah salah satunya. Gelandang berkebangsaan Spanyol ini sudah cukup lama tidak menjadi lawan CR7. Terakhir kali keduanya saling berhadapan adalah pada ajang Piala Dunia 2018 saat Portugal menghadapi Spanyol.

Pertandingan itu juga menjadi pertemuan ke-36 antara Iniesta dan Ronaldo. Dari total pertandingan tersebut, Ronaldo juga masih kalah dari Iniesta. Sebanyak 10 pertandingan dimenangkan Ronaldo, sementara 16 pertandingan dimenangkan Iniesta.

4. Diego Godin

5 Pemain yang Paling Sering Jadi Lawan Cristiano Ronaldo, Ada Messi!Cristiano Ronaldo dan Diego Godin (twitter.com/TeamCRonaldo)

Diego Godin juga menjadi salah satu pemain yang sering melawan Cristiano Ronaldo. Pemain berkebangsaan Uruguay itu memang cukup lama membela Atletico Madrid. Setelah CR7 ke Serie A, Godin juga ikut hijrah ke klub Italia hingga kini. Kedua pemain tersebut telah saling berhadapan dalam 33 pertandingan.

Ronaldo masih mengungguli Godin dari rekor pertemuan tersebut. CR7 meraih kemenangan dalam 14 pertandingan, sementara Godin mengalahkan Ronaldo dalam 10 pertandingan. Godin yang saat ini membela Cagliari terakhir melawan Ronaldo pada Serie A musim lalu.

5. Gerard Pique

5 Pemain yang Paling Sering Jadi Lawan Cristiano Ronaldo, Ada Messi!Cristiano Ronaldo dan Gerard Pique (goal.com)

Pemain kelima yang paling sering menjadi lawan Cristiano Ronaldo adalah Gerard Pique. Pemain asal Spanyol itu menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang juga pernah menjadi rekan CR7, tepatnya saat Pique masih membela Manchester United sebelum hengkang ke Barcelona. Pertemuan pertama mereka terjadi pada laga final Liga Champions musim 2008/09 antara United melawan Barca.

Hingga saat ini, Pique telah menghadapi Ronaldo dalam 33 pertandingan. Pique yang berposisi sebagai bek unggul jauh dari rekor pertemuan melawan Ronaldo. CR7 menang atas Pique dalam 8 pertandingan, sementara Pique telah mengungguli Ronaldo dalam 17 pertandingan.

 

Para lawan Cristiano Ronaldo sepertinya memiliki motivasi lebih untuk mengalahkan megabintang asal Portugal itu. Khususnya para pemain Barca yang menjadi rival Real Madrid.

Baca Juga: 5 Bek Terbaik dalam Sejarah LaLiga, Gerard Pique hingga Sergio Ramos

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo
  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya