5 Pemain Paling Underrated yang Pernah Membela Chelsea di Abad ke-21

Bagaimana kontribusi mereka?

Chelsea adalah salah satu klub elite di dunia dengan raihan banyak trofi sejak diakuisisi Roman Abramovich pada abad ke-21. The Blues kerap memborong pemain top demi meraih prestasi. Beberapa pemain, seperti Frank Lampard, John Terry, Petr Cech, dan Didier Drogba sudah dianggap sebagai legenda klub.

Di sisi lain, ada beberapa pemain lain juga yang berperan dalam kesuksesan klub. Karena banyaknya pemain top, tak sedikit pemain yang berkontribusi besar, namun kurang mendapat sorotan. Hal itu membuat mereka layak disebut sebagai pemain underrated. Siapa saja pemain paling underrated yang pernah membela Chelsea abad ke-21? Berikut ulasannya.

1. Florent Malouda

5 Pemain Paling Underrated yang Pernah Membela Chelsea di Abad ke-21bleacherreport.com

Salah satu pemain underrated yang pernah membela Chelsea adalah Florent Malouda. Ia merupakan pemain sayap yang mampu mencatatkan banyak gol. Pemain berkebangsaan Prancis itu diboyong Chelsea pada tahun 2007 setelah tampil luar biasa bersama Lyon.

Ia langsung menjadi pilar utama meskipun perannya kurang diperhatikan karena adanya pemain seperti Frank Lampard dan Didier Drogba. Malouda mencatatkan 229 penampilan di semua kompetisi dengan mencetak 45 gol dan memberikan 44 assist. Ia memenangkan Premier League dan Liga Champions bersama Chelsea sebelum hengkang pada tahun 2013.

2. Juan Mata

5 Pemain Paling Underrated yang Pernah Membela Chelsea di Abad ke-21bleacherreport.com

Juan Mata merupakan seorang gelandang serang yang sangat kreatif yang memiliki teknik kemampuan passing yang sangat baik. Pemain berkebangsaan Spanyol itu bergabung dengan Chelsea dari Valencia pada tahun 2011. Mata juga langsung mengunci dan memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Chelsea dua kali.

Mata mencatatkan 135 penampilan di semua kompetisi untuk Chelsea, mencetak 32 gol, dan memberikan 58 assist. Kedatangan Jose Mourinho membuatnya jarang bermain hingga kemudian pindah ke Manchester United pada Januari 2014. Pemain berusia 32 tahun itu saat ini menjadi pemain skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

Baca Juga: Kontraknya di MU Segera Berakhir, Juan Mata Diincar 3 Klub Italia

3. Damien Duff

5 Pemain Paling Underrated yang Pernah Membela Chelsea di Abad ke-21twitter.com/ChelseaFC

Damien Duff menjadi duet Arjen Robben di sisi sayap Chelsea saat menjuarai Premier League musim 2004/2005. Pemain yang berposisi sayap kiri itu bergabung dengan Chelsea dari Blackburn Rovers pada tahun 2003. Pemain berkebangsaan Republik Irlandia itu menjalani musim perdana yang tak terlalu meyakinkan.

Kedatangan Robben membuatnya dipasang sebagai sayap kanan dan justru menjadi berkah. Duff mencatatkan 125 penampilan di semua kompetisi untuk Chelsea, mencetak 19 gol, dan memberikan 28 assist. Dia dua kali memenangkan Premier League bersama Chelsea sebelum hengkang pada 2006 dan bergabung dengan Newcastle United. 

4. John Obi Mikel

5 Pemain Paling Underrated yang Pernah Membela Chelsea di Abad ke-21skysports.com

John Obi Mikel menjadi pemain underrated di Chelsea dan juga Premier League. Transfernya ke Chelsea memang kontroversial, tetapi ia akhirnya bergabung dengan The Blues dari Lyon pada 2006. Sebagai seorang gelandang bertahan, ia memiliki penguasaan bola dan fisik yang baik.

Meskipun ia bukan pilihan utama di Chelsea, pemain berkebangsaan Nigeria itu mencatatkan 372 penampilan di semua kompetisi. Ia memenangkan dua gelar Premier League dan satu trofi Liga Champions. Mikel meninggalkan The Blues pada tahun 2017 ke klub Tiongkok, Tianjin Jinmen Tiger. Pemain berusia 33 tahun saat ini bermain untuk tim Championship, Stoke City.

5. Claude Makelele

5 Pemain Paling Underrated yang Pernah Membela Chelsea di Abad ke-21skysports.com

Claude Makelele merupakan pemain berkebangsaan Prancis  yang malang melintang bersama klub Eropa. Ia pernah membela Marseille, Celta Vigo, Real Madrid, dan tentu saja Chelsea. Ia menjalani karier terbaiknya saat berseragam The Blues. Chelsea mengontraknya dari Los Blancos pada tahun 2003.

Keputusan tersebut disambut dengan kekecewaan dari para pemain Real Madrid. Bagi Chelsea, ini menjadi pembelian yang cukup baik. Berposisi sebagai gelandang, ia mencatatkan 217 penampilan di semua kompetisi dengan raihan dua trofi Premier League dan membantu Chelsea menjadi klub yang ditakuti di liga.

 

Dengan tidak banyaknya harapan yang ditujukan kepada mereka, pemain-pemain tersebut tampil tanpa beban. Alhasil, mereka tampil apik meskipun tak diperhitungkan. Menurut kamu, siapa yang terbaik di antara mereka?

Baca Juga: Kritik Gaya Selebrasi Pogba, Makelele: Itu Kurang Ajar!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya