Comscore Tracker

5 Pemain Portugal yang Paling Diandalkan Jose Mourinho, CR7 Termasuk!

Bagaimana performa mereka?

Jose Mourinho akan memulai pekerjaan baru dengan menangani AS Roma mulai musim 2020/21. Sebagai persiapan, ia belum lama ini memboyong kiper andalan Timnas Portugal, Rui Patricio. Sebagai pelatih asal Portugal, Mou memang kerap mengandalkan pemain dari negaranya. Ada beberapa pemain Portugal yang pernah ia latih dalam kariernya.

Mou merupakan pelatih top yang sarat pengalaman. Beberapa klub yang pernah ia latih sebelum Roma adalah FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, Manchester United, dan Tottenham Hotspur. Siapa saja pemain Portugal yang paling diandalkan Mourinho? Berikut ulasannya.

1. Ricardo Carvalho

5 Pemain Portugal yang Paling Diandalkan Jose Mourinho, CR7 Termasuk!Ricardo Carvalho dan Jose Mourinho (beinsports.com)

Pemain Portugal yang paling sering menjadi andalan Jose Mourinho adalah Ricardo Carvalho. Bahkan, bek Portugal ini merasakan dilatih Mourinho di tiga klub berbeda. Ketiga klub tersebut adalah FC Porto, Chelsea, dan Real Madrid. Carvalho tentu saja sudah paham betul strategi bertahan ala Jose Mourinho.

Di bawah asuhan Mou, pemain lulusan akademi Porto ini tampil dalam 292 pertandingan di 3 klub berbeda. Berposisi sebagai bek tengah, ia mencatatkan 15 gol dan 5 assist dari penampilannya di 3 klub tersebut. Carvalho memutuskan gantung sepatu pada tahun 2018 lalu.

2. Paulo Ferreira

5 Pemain Portugal yang Paling Diandalkan Jose Mourinho, CR7 Termasuk!Paulo Ferreira dan Jose Mourinho (pauloferreirafan.net)

Paulo Ferreira berperan penting bagi kesuksesan Jose Mourinho dalam karier kepelatihannya. Pemain asal Portugal ini menjadi andalan Mourinho bersama dua klub berbeda, yakni Porto dan Chelsea. Berposisi sebagai bek kanan, Ferreira dimainkan Mourinho dalam 211 pertandingan selama 6 musim.

Dari penampilannya tersebut, ia mampu mengoleksi 1 gol dan 5 assist. Setelah Mourinho pergi dari Stamford Bridge, Ferreira tetap bertahan. Bahkan, ia mengakhiri karier sepak bolanya bersama Chelsea pada tahun 2013. Ferreira juga pastinya meraih berbagai gelar bersama The Blues.

Baca Juga: 6 Pelatih Top yang Belum Pernah Menangani Timnas, Ada Pep dan Mourinho

3. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Portugal yang Paling Diandalkan Jose Mourinho, CR7 Termasuk!Cristiano Ronaldo dan Jose Mourinho (goal.com)

Jose Mourinho juga pernah menangani salah satu pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo. Megabintang Portugal ini menjadi andalan Mourinho saat di Real Madrid. Koneksi Mourinho dan Ronaldo yang sama-sama dari Portugal berhasil membuahkan beberapa trofi.

CR7 pun tampil moncer di bawah asuhan Mourinho. Ia menorehkan 168 gol dan 49 assist dari 164 pertandingan selama ditangani Mou. Pelatih yang kini berusia 57 tahun itu bertahan tiga musim di Santiago Bernabeu. Sementara itu, Ronaldo saat ini bermain di Juventus.

4. Pepe

5 Pemain Portugal yang Paling Diandalkan Jose Mourinho, CR7 Termasuk!Jose Mourinho dan Pepe (eurosport.com)

Tak hanya Cristiano Ronaldo dan Ricardo Carvalho, Jose Mourinho juga mengandalkan pemain Portugal lain saat menangani Real Madrid. Pemain tersebut adalah Pepe yang berposisi sebagai bek tengah. Sama seperti Ronaldo, Pepe lebih dulu bergabung dengan Los Blancos pada musim 2007/08.

Sama-sama dari Portugal dan memiliki kemampuan mumpuni, Pepe pun menjadi andalan Mou di lini belakang. Selama menjadi anak asuh Mou, pemain yang kini berusia 38 tahun itu dimainkan dalam 125 pertandingan. Pepe juga berkontribusi dalam beberapa gol dengan mencetak 4 gol dan 7 assist.

5. Maniche

5 Pemain Portugal yang Paling Diandalkan Jose Mourinho, CR7 Termasuk!Maniche dan Jose Mourinho (goal.com)

Pemain Portugal kelima yang pernah menjadi andalan Jose Mourinho adalah Maniche. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini pernah menjadi anak asuh Mou di tiga klub berbeda. Ia menjadi andalan Mou di Benfica, kemudian membawanya ke Porto serta meminjamnya saat menangani Chelsea.

Pemain yang telah gantung sepatu pada tahun 2011 itu diandalkan Mourinho dalam 112 pertandingan di semua kompetisi. Beroperasi di lini tengah, ia menorehkan 19 gol dan 11 assist. Maniche juga pernah membela beberapa klub lain, seperti Atletico Madrid dan Inter Milan. 

 

Rui Patricio menjadi rekrutan awal Mourinho di AS Roma. Bukan tidak mungkin akan ada pemain Portugal lain yang dibawa Mou ke klub barunya tersebut.

Baca Juga: Mourinho dan Inzaghi Diprediksi Paling Cepat Dipecat di Seri A

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya