5 Pemain Portugal yang Tampil Mengecewakan di Piala Eropa 2020

Bintang yang gagal bersinar 

Juara bertahan Portugal tersingkir dari Piala Eropa 2020 setelah kalah tipis dari Belgia di babak 16 besar. Disebut-sebut sebagai salah satu favorit turnamen, Portugal, dengan susunan pemain bertabur bintang, harus berjuang untuk melaju di Piala Eropa 2020. Satu-satunya kemenangan mereka dalam empat pertandingan di turnamen itu adalah melawan Hungaria.

Sama seperti pada tahun 2016, Portugal melaju ke babak gugur sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik di Piala Eropa 2020. Namun kali ini, laju mereka diputus oleh Belgia yang luar biasa yang menahan juara bertahan. Terlepas dari hasil ini, sebagian besar bintang Portugal tampil jauh di bawah level yang diharapkan. Berikut beberapa pemain Portugal yang tampil mengecewakan di Piala Eropa 2020. 

1. Danilo Pereira

5 Pemain Portugal yang Tampil Mengecewakan di Piala Eropa 2020Danilo Pereira (twitter.com/iamDaniloP)

Danilo Pereira mungkin bukan nama besar, tapi dia adalah roda penggerak penting di lini tengah Portugal menjelang Piala Eropa. Gelandang bertahan berusia 29 tahun itu diharapkan menjadi sosok yang solid di lini tengah, memecah serangan lawan dan melindungi lini belakang. Namun, Pereira tampil mengecewakan, dengan kinerja terburuk saat melawan Jerman.

Lini tengah Die Mannschaft benar-benar mengungguli lini tengah Portugal, dengan Toni Kroos dan Thomas Muller memberikan waktu dan ruang untuk memulai serangan. Karena penampilannya yang tidak memuaskan, Pereira dikeluarkan dari starting line-up Portugal di pertandingan berikutnya. 

2. Ruben Dias

5 Pemain Portugal yang Tampil Mengecewakan di Piala Eropa 2020Ruben Dias (goal.com)

Pemain Terbaik Premier League tahun ini memiliki performa yang mengejutkan di Piala Eropa 2020. Solid sepanjang musim untuk Manchester City, Dias diharapkan berkembang untuk Portugal bersama Pepe di pertahanan. Tetapi kebobolan tujuh gol dalam empat pertandingan, layak untuk mengatakan bahwa Dias adalah bayangan dari dirinya di City.

Dia bahkan mencetak gol bunuh diri yang mengawali kebangkitan Jerman. Apalagi, dalam laga melawan Belgia, Dias dengan mudah dilewati oleh Romelu Lukaku menjelang gol Hazard. Dias juga membuang peluang menit akhir, yang merupakan salah satu peluang terbaik Portugal untuk mengembalikan keseimbangan pada pertandingan itu.

Baca Juga: Meski Selalu Tampil, Bernardo Silva Ingin Kembali ke Klub Lamanya

3. Bernardo Silva

5 Pemain Portugal yang Tampil Mengecewakan di Piala Eropa 2020Bernardo Silva (twitter.com/ManCity)

Sudah waktunya bagi pemain Portugal Bernardo Silva untuk bersinar di Piala Eropa 2020 setelah musim domestik yang solid bersama Manchester City. Namun, pemain berusia 26 tahun itu tampil di bawah kualitasnya. Pemain yang disebut-sebut memimpin generasi baru talenta Portugal, gagal membuat dampak di turnamen tersebut.

Dia diganti di setiap pertandingan, dengan Fernando Santos mengandalkan orang lain untuk menggantikannya. Meskipun ia dinobatkan sebagai Pemain turnamen di UEFA Nations League perdana, Silva gagal melaju di Piala Eropa 2020. 

4. Diogo Jota

5 Pemain Portugal yang Tampil Mengecewakan di Piala Eropa 2020Diogo Jota (twitter.com/Tactical_Times)

Diogo Jota menjadi andalan Liverpool di musim 2020/21. Setelah tiba dari Wolverhampton Wanderers, Jota melebihi ekspektasi di Liverpool. Dia mencetak gol-gol kunci, dan permainan serba bisanya sangat mengesankan Jurgen Klopp sehingga Sadio Mane harus keluar dari starting line-up.

Namun, dengan hanya satu gol di Piala Eropa 2020, Jota gagal memenuhi ekspektasi. Dia juga melewatkan beberapa peluang besar di turnamen, yang akhirnya terbukti harus disesali saat Portugal tersingkir. Selain itu, banyak yang diharapkan dari duetnya dengan Ronaldo, tetapi Jota berjuang untuk membangun kerja sama dengan rekan senegaranya yang lebih terkenal.

5. Bruno Fernandes

5 Pemain Portugal yang Tampil Mengecewakan di Piala Eropa 2020Bruno Fernandes (twitter.com/Squawka)

Bruno Fernandes menjadi yang paling mengecewakan bagi Portugal di Piala Eropa 2020. Pemain Manchester United itu mengoleksi 18 gol dan 12 assist di Premier League 2020/21. Tetapi ia tidak bisa membawa performa apiknya itu ke Piala Eropa 2020. Fernandes gagal mencatatkan kontribusi satu gol pun di turnamen ini dan bahkan dikeluarkan dari starting line-up dalam dua pertandingan terakhir.

Renato Sanchez, yang menggantikan Fernandes, adalah salah satu pemain terbaik Portugal di Piala Eropa. Tempat Fernandes di tim patut dipertanyakan setelah serangkaian penampilan yang mengecewakan untuk sang juara bertahan.

Kisah manis Portugal di Piala Eropa 2016 gagal terulang pada tahun ini. Di huni pemain-pemain top, mereka harus menemui jalan terjal hingga akhirnya tersungkur. Menurut kamu, bagaimana performa Portugal di Piala Eropa 2020 kali ini?

Baca Juga: 9 Potret Diogo Jota, Bintang Anyar Liverpool yang Tampil Mengesankan

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya