5 Pemain Prancis dengan Masa Bakti Terlama Bersama Klub Ligue 1

Bagaimana kontribusinya?

Ligue 1 merupakan liga top Eropa yang tak kalah bergengsi dibanding liga top lainnya. Sepanjang sejarah Ligue 1, ada beberapa pemain ternama yang pernah merasakan persaingan kasta teratas Liga Prancis tersebut. Saat ini saja ada banyak pemain top yang berlaga, contohnya ada Kylian Mbappe dan Neymar.

Meskipun kerap dianggap sebagai batu loncatan bagi para pemain muda, namun ada saja pemain yang tetap bertahan lama di Ligue 1. Khususnya pemain asli Prancis, ada beberapa pemain dengan masa bakti terlama di Ligue 1 hingga saat ini. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Jessy Moulin (Saint-Etienne)

5 Pemain Prancis dengan Masa Bakti Terlama Bersama Klub Ligue 1asse.fr

Salah satu pemain Prancis dengan masa bakti terlama bersama klub Ligue 1 hingga kini adalah Jessy Moulin. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang itu menjadi andalan Saint-Etienne sudah sejak lama. Sosok yang kini berusia 35 tahun tersebut sudah bergabung dengan tim utama Etienne sejak musim 2005/2006.

Pemain lulusan akademi itu telah membela Saint-Etienne selama 15 tahun dan 7 bulan. Meskipun demikian, ia bukanlah kiper yang jadi pilihan utama di klubnya. Hingga kini ia baru membela Etienne dalam 61 pertandingan di semua kompetisi. Catatannya yaitu 19 clean sheet dan 73 kebobolan.

2. Vincent Manceau (Angers SCO)

5 Pemain Prancis dengan Masa Bakti Terlama Bersama Klub Ligue 1twitter.com/AngersSCO

Pemain kedua dalam daftar ini ada nama Vincent Manceau. Pemain yang juga sudah tak muda lagi itu tak perlu diragukan lagi kesetiaannya bersama Angers. Sebagai lulusan akademi, pemain Prancis yang satu ini sangat mencintai klub berjuluk Les Noirs et Blancs. Hingga saat ini, Manceau hanya membela Angers sepanjang kariernya.

Ia bergabung dengan tim utama Angers sejak musim 2008/2009. Pemain berusia 31 tahun ini telah membela Angers selama 12 tahun dan 7 bulan. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini telah membela Angers dalam 344 pertandingan di semua kompetisi. Beroperasi di lini belakang, ia menorehkan 4 gol dan 8 assist. 

Baca Juga: 7 Pemain Argentina yang Kini Membela Klub Ligue 1, Ada Angel Di Maria!

3. Maxime Poundje (Girondins Bordeaux)

5 Pemain Prancis dengan Masa Bakti Terlama Bersama Klub Ligue 1teamtalk.com/NICOLAS TUCAT/AFP

Di urutan ketiga ada pemain yang sudah cukup lama membela Girondins Bordeaux, yakni Maxime Poundje. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini merupakan produk akademi klub yang ia bela saat ini. Poundje bergabung dengan tim utama Bordeaux sejak musim 2011/2012.

Hingga kini pemain 28 tahun itu telah membela Bordeaux selama 9 tahun dan 7 bulan. Namun, Poundje menjadi pemain yang tak terlalu sering dimainkan hingga saat ini. Pemain Prancis yang satu ini telah mencatatkan 15t pertandingan bersama Bordeaux. Dari penampilannya tersebut, ia menorehkan 2 gol dan 6 assist.

4. Renaud Ripart (Nimes Olympique)

5 Pemain Prancis dengan Masa Bakti Terlama Bersama Klub Ligue 1ligue1.com/Bibard Anthony

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Renaud Ripart yang cukup setia berseragam Nimes Olympique hingga saat ini. Sama seperti pemain lainnya, Ripart juga lulusan akademi klubnya saat ini. Ia bergabung dengan tim utama Nimes sejak musim 2011/2012. Pemain yang kini berusia 27 tahun itu pun telah mengabdi di Nimes selama 9 tahun dan 4 bulan.

Dengan usianya yang masih cukup produktif, ia pun bisa membela klubnya lebih lama lagi. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu telah membela Nimes dalam 224 pertandingan di semua kompetisi. Ia terbilang cukup produktif dengan menorehkan 44 gol dan 19 assist.

5. Daniel Congre (Montpelier)

5 Pemain Prancis dengan Masa Bakti Terlama Bersama Klub Ligue 1eurosport.fr/AFP

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Daniel Congre yang juga sudah cukup lama membela Montpelier. Berbeda dengan pemain lainnya, Congre bukanlah lulusan akademi klubnya saat ini. Lulusan akademi Toulouse tersebut telah bergabung dengan Montpelier pada 2012/2013.

Hingga kini, pemain yang berposisi bek tengah tersebut telah membela Montpelier selama 8 tahun dan 7 bulan. Meskipun sudah cukup senior, ia masih menjadi andalan Montpelier hingga kini. Pemain yang kini berusia 35 tahun itu tampil dalam 308 pertandingan bersama Montpelier di semua kompetisi. Beroperasi di lini belakang, ia mencatatkan 12 gol dan 7 assist.

Hingga sekarang, lima pemain Prancis di atas memilki masa bakti terlama di Ligue 1. Meskipun demikian, hampir semua pemain tersebut belum ada yang mampu mengantarkan klubnya juara.

Baca Juga: Memimpin Ligue 1, 5 Pemain Ini Paling Diandalkan LOSC Lille Sejauh Ini

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya