Comscore Tracker

7 Pemain Prancis dengan Caps Terbanyak di Era Didier Deschamps

Deretan bintang Les Bleus 

Didier Deschamps menjadi pelatih yang cukup lama dipercaya menangani Timnas Prancis. Di mana pelatih yang kini berusia 52 tahun itu sudah menjabat sejak tahun 2012. Salah satu prestasi yang mencolok selama dilatih Deschamps adalah juara Piala Dunia 2018. Penampilan Les Bleus asuhan Deschamps memang luar biasa.

Mereka sebenarnya berkesempatan meraih trofi Piala Eropa 2016, namun kalah di final dari Portugal. Di Piala Eropa 2020 kali ini, Deschamps kembali gagal antarkan negaranya menjadi juara. Mereka telah disingkirkan Swiss di babak 16 besar. Selama melatih Prancis, Deschamps tentu saja memiliki pemain yang sering diandalkan. Para pemain itu pun mencatatkan cukup banyak caps selama ditangani Deschamps. 

1. Olivier Giroud

7 Pemain Prancis dengan Caps Terbanyak di Era Didier DeschampsOlivier Giroud (en.as.com)

Pemain Prancis dengan caps terbanyak selama ditangani Didier Deschamps adalah Olivier Giroud. Pemain yang kini berusia 34 tahun itu sudah menjalani debut sebelum dilatih Deschamps, tepatnya pada 11 November 2011.

Memiliki insting tajam dan postur mumpuni, ia semakin diandalkan saat Prancis dilatih Deschamps. Hingga saat ini, pemain yang kini membela Chelsea itu telah dimainkan Deschamps dalam 101 pertandingan di sembilan kompetisi berbeda. Ia sukses menorehkan 45 gol dan 10 assist.

2. Antoine Griezmann

7 Pemain Prancis dengan Caps Terbanyak di Era Didier DeschampsAntoine Griezmann (twitter.com/lequipe)

Tak ada alasan untuk Didier Deschamps tidak mengandalkan Antoine Griezmann di Timnas Prancis. Pemain yang kini membela Barcelona tersebut sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Ia juga menjadi pemain yang diberi kesempatan tampil oleh Deschamps pada 5 Maret 2014.

Pertandingan tersebut menjadi awal dari laga-laga selanjutnya bagi Griezmann bersama Les Blues. Pemain 30 tahun itu dimainkan Deschamps dalam 95 pertandingan dengan torehan 38 gol dan 28 assist.

3. Hugo Lloris

7 Pemain Prancis dengan Caps Terbanyak di Era Didier DeschampsHugo Lloris (bleacherreport.com/Scott Heavey/Getty Images)

Dari posisi penjaga gawang, Hugo Lloris menyegel tempat utama di bawah asuhan Didier Deschamps. Kiper Tottenham Hotspur ini memang sudah menjadi andalan Timnas Prancis sebelum ditangani Deschamps.

Kiper yang kini berusia 34 tahun tersebut sudah menjalani debut bersama Les Blues pada 19 November 2008. Selain menjadi andalan, Lloris juga dipercaya sebagai kapten tim saat ini. Deschamps sendiri telah memainkan Lloris dalam 92 pertandingan di sembilan kompetisi berbeda.

4. Paul Pogba

7 Pemain Prancis dengan Caps Terbanyak di Era Didier DeschampsPaul Pogba (goal.com)

Berikutnya ada Paul Pogba yang juga pasti sudah sangat dikenal publik sepak bola. Pemain yang kini membela Manchester United itu juga masih menjadi andalan Didier Deschamps di Timnas Prancis. Dengan kualitasnya di lini tengah membuat tak ada alasan untuk Deschamps tak memanggilnya.

Pogba juga patut berterima kasih kepada Deschamps karena telah memberikannya debut bersama timnas Prancis pada 22 Maret 2013. Hingga saat ini, pemain 28 tahun ini telah dimainkan Deschamps dalam 84 pertandingan dengan catatan 11 gol dan 10 assist.

Baca Juga: 8 Pelatih asal Prancis yang Pernah Menangani Klub Premier League

5. Blaise Matuidi

7 Pemain Prancis dengan Caps Terbanyak di Era Didier DeschampsBlaise Matuidi (goal.com)

Blaise Matuidi mungkin saat ini sudah bukan lagi pemain top. Namun pemain yang berposisi sebagai gelandang ini pernah menjadi andalan Timnas Prancis khususnya di era Didier Deschamps. Mantan pemain Paris Saint-Germain dan Juventus ini pertama kali membela Timnas Prancis pada 7 September 2010.

Kualitasnya tak perlu diragukan lagi sebagai seorang gelandang bertahan. Namun dengan usianya yang semakin menua, kualitas Matuidi juga mulai menurun dan kini bermain di MLS. Pemain 34 tahun itu dimainkan Deschamps dalam 80 pertandingan dengan torehan 9 gol dan 10 assist.

6. Raphael Varane

7 Pemain Prancis dengan Caps Terbanyak di Era Didier DeschampsRaphael Varane (thesun.co.uk)

Pemain keenam dalam daftar ini adalah Raphael Varane yang menjadi andalan Didier Deschamps di jantung pertahanan Timnas Prancis. Kesuksesan Varane bersama Real Madrid membuatnya menjadi pilar utama di lini belakang Les Blues.

Pemain yang kini berusia 27 tahun tersebut juga menjalani debut bersama Timnas Prancis pada 22 Maret 2013. Hingga saat ini, Varane telah dimainkan Deschamps dalam 79 pertandingan di delapan kompetisi berbeda. Berposisi sebagai bek tengah, ia mencetak 5 gol dan 1 assist.

7. Moussa Sissoko

7 Pemain Prancis dengan Caps Terbanyak di Era Didier DeschampsMoussa Sissoko (eurosport.fr)

Moussa Sissoko menjadi pemain lainnya dalam daftar ini yang masih menjadi andalan Timnas Prancis hingga kini. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu telah menjalani debut bersama Les Bleus 10 Oktober 2009.

Pemain Tottenham Hotspur itu tentu saja sudah sangat berpengalaman. Deschamps telah memainkan pemain 31 tahun ini 68 pertandingan di semua kompetisi. Beroperasi di lini tengah, Sissoko mencatatkan 2 gol dan  6 assist.

 

Patut kita tunggu nasib Didier Deschamps setelah kegagalan di Piala Eropa 2020. Jika melihat penampilan Prancis di Piala Eropa 2020, mereka taj terlalu buruk. Les Bleus hanya kurang beruntung di turnamen itu.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Meninggalkan Ligue 1 Prancis di Musim Depan

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya