Tak Hanya Mane, Ini 5 Pemain Senegal yang Membela Klub Premier League

Siapa yang paling bersinar?

Senegal merupakan salah satu negara yang berada di benua Afrika. Beberapa tahun terakhir, negara yang satu ini cukup dikenal dalam dunia sepak bola. Banyak talenta dari Senegal yang kemudian direkrut klub-klub elit Eropa.

Hal tersebut tak mengherankan karena banyak pemain dari benua Afrika yang bersaing di liga top Eropa khususnya Premier League. Begitu juga dengan para pemain dari Senegal yang mungkin beberapa di antaranya sudah kita tahu. Salah satunya ada Sadio Mane hingga Edouard Mendy yang kini berkarier di Premier League.

Ternyata gak hanya kedua pemain tersebut, setidaknya ada lima pemain asal Senegal yang kini membela klub Premier League. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Sadio Mane (Liverpool)

Tak Hanya Mane, Ini 5 Pemain Senegal yang Membela Klub Premier Leaguegoal.com

Salah satu pemain asal Senegal yang saat ini membela klub Premier League adalah Sadio Mane. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap tersebut menjadi pilar utama di lini depan Liverpool.

Mane sendiri menjadi pemain yang paling berpengalaman bersama klub Premier League dalam daftar ini. Pemain yang kini berusia 28 tahun tersebut telah berseragam The Reds sejak musim 2016/2017.

Namun sebelumnya, ia juga sudah membela klub Premier League lainnya, Southampton, sejak tahun 2014. Selama menjadi bagian Liverpool, Mane telah mencatatkan 199 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai seorang penyerang, ia menorehkan 91 gol dan 39 assist.

2. Cheikhou Kouyate (Crystal Palace)

Tak Hanya Mane, Ini 5 Pemain Senegal yang Membela Klub Premier Leaguecpfc.co.uk

Berikutnya ada Cheikhou Kouyate yang juga sudah cukup lama membela klub Premier League. Pada musim 2018/2019, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini diboyong Crystal Palace dari West Ham United. Hingga saat ini, ia masih menjadi andalan The Eagles yang berlaga di Premier League.

Pemain yang kini berusia 31 tahun tersebut telah mencatatkan 95 pertandingan bersama Palace di semua kompetisi. Lebih bertipikal bertahan, Kouyate menorehkan 2 gol dan 4 assist. Sayangnya, ia belum mengantarkan klubnya meraih gelar juara.

Baca Juga: 6 Kiper dari Benua Afrika yang Pernah Bermain di Premier League

3. Henri Saivet (Newcastle United)

Tak Hanya Mane, Ini 5 Pemain Senegal yang Membela Klub Premier Leaguethesun.co.uk/Getty Images

Henri Saivet mungkin tak terlalu familier di kalangan penggemar sepak bola. Namun ternyata, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini juga sudah cukup lama menjadi bagian klub Premier League.

Ia menjadi bagian Newcastle United sejak Januari 2016 setelah diboyong dari Bordeaux. Namun sayangnya, karier Saivet di Newcastle tak berjalan mulus dan kerap dipinjamkan ke klub lain.

Hingga saat ini, pemain 30 tahun tersebut hanya membela The Magpies dalam 8 pertandingan di semua kompetisi. Saivet pun minim kontribusi karena hanya mencatatkan 1 gol dari penampilannya tersebut.

4. Edouard Mendy (Chelsea)

Tak Hanya Mane, Ini 5 Pemain Senegal yang Membela Klub Premier Leaguepremierleague.com/PHIL NOBLE/Getty Images m

Edouard Mendy menjadi salah satu pemain asal Senegal yang membela klub Premier League mulai musim ini. Performa gemilang Mendy bersama Stade Rennes membuat Chelsea tertarik memboyongnya.

Kiper yang berusia 28 tahun tersebut diharapkan bisa menjadi pengganti Kepa Arrizabalaga yang tampil tak konsisten. Mendy pun menjawab tantangan tersebut dengan tampil mengesankan sejauh ini.

Meskipun baru musim perdana membela klub Premier League, ia tak gentar dan langsung menjadi kiper utama The Blues. Mendy telah membela The Blues dalam 26 pertandingan dan menorehkan 14 clean sheet dan hanya kebobolan 18 gol.

5. Mbaye Diagne (West Bromwich Albion)

Tak Hanya Mane, Ini 5 Pemain Senegal yang Membela Klub Premier Leaguewba.co.uk/Adam Fradgley/AMA

Pemain terakhir dalam daftar ini baru membela klub Premier League sejak Januari lalu, yakni Mbaye Diagne. Pemain yang berposisi sebagai striker tersebut dipinjam klub promosi West Bromwich Albion dari Galatasaray.

Meskipun belum terlalu berpengalaman di liga top Eropa, pemain 29 tahun itu diharapkan bisa tampil apik. Diagne baru membela West Brom dalam 3 pertandingan yang semuanya dimainkan di Premier League.

Dengan usianya yang terbilang berpengalaman, ia tentu saja diharapkan bisa cepat beradaptasi. Apalagi, Diagne juga menjadi salah satu pemain yang telah mencatatkan caps bersama timnas Senegal.

 

Itulah lima pemain Senegal yang kini membela klub Premier League. Di antara mereka, siapa yang terbaik musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain Afrika dengan Banderol Termahal yang Main di Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya