Pemain Paling Senior Timnas Indonesia yang Bertarung di Piala AFF 2022

Deretan pemain naturalisasi

Indonesia masih berhasrat untuk menggapai mimpi menjadi juara Piala AFF. Pada edisi tahun ini, harapan itu semakin menggebu. Shin Tae Yong yang kini menukangi skuad Garuda diharapkan mampu mewujudkan mimpi tersebut.

Pelatih asal Korea Selatan itu pun membawa para pemain terbaik Indonesia di Piala AFF 2022. Dari 23 pemain yang dipanggil, sebagian besar masih berusia muda.

Meski begitu, ada beberapa pemain senior juga yang turut serta bertarung di ajang ini. Pemain-pemain ini diharapkan bisa menularkan pengalaman ke pemain lain yang lebih muda. Berikut para pemain senior Indonesia di Piala AFF 2022.

1. Ilja Spasojevic

Pemain Paling Senior Timnas Indonesia yang Bertarung di Piala AFF 2022Ilja Spasojevic (instagram.com/spasogoal.9)

Pemain paling senior Indonesia yang bertarung di Piala AFF 2022 adalah Ilja Spasojevic. Kemampuannya mencetak gol diharapkan bisa mempertajam lini serang Garuda.

Spasojevic sebenarnya bukan pemain yang kerap diandalkan STY sebelumnya. Pemain naturalisasi tersebut masuk ke skuad Indonesia untuk ajang ini karena Dimas Drajat mengalami cedera.

Telah menjalani debut pada November 2017, pemain 35 tahun ini baru mencatatkan tiga caps. Sebagai seorang penyerang, pemain yang kini membela Bali United itu sudah mengoleksi tiga gol dari penampilannya tersebut.

2. Fachruddin Aryanto

Pemain Paling Senior Timnas Indonesia yang Bertarung di Piala AFF 2022Fachruddin Aryanto (instagram.com/fachruddinjt)

Fachruddin Aryanto menjadi salah satu pemain senior yang langganan masuk Timnas Indonesia. Pemain yang kini berusia 33 tahun itu dipercaya sebagai kapten tim di Piala AFF 2022. Fachruddin merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah.

Kini ia berseragam Madura United setelah sebelumnya berpengalaman main di klub Indonesia lain. Telah menjalani debut pada Juni 2012, Fachrudin telah mencatatkan 48 caps bersama Garuda. Di Piala AFF, ia sudah tampil dalam 6 edisi termasuk tahun ini.

Baca Juga: Senyum Lebar Jordi Amat Usai Debut Bareng Timnas Indonesia

3. Jordi Amat

Pemain Paling Senior Timnas Indonesia yang Bertarung di Piala AFF 2022Jordi Amat (instagram.com/jordiamat5)

Fachruddin Aryanto sendiri berduet dengan bek senior lain, yakni Jordi Amat. Pemain yang saat ini berusia 30 tahun itu baru menjalani debut bersama Garuda setelah dinaturalisasi.

Di level klub, Jordi memiliki karier yang lebih mentereng. Ia sudah pernah merasakan atmosfer sepak bola Eropa sebelum bergabung dengan klub Malaysia, Johor Darul Takzim.

Hadirnya Jordi diharapkan mampu memperkokoh lini pertahanan Indonesia. Hal itu sudah ia tunjukkan saat debut menghadapi Kamboja.

4. Marc Klok

Pemain Paling Senior Timnas Indonesia yang Bertarung di Piala AFF 2022Marc Klok (instagram.com/marcklok)

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Marc Klok. Ia juga pemain Indonesia yang berdarah Eropa. Pemain berusia 29 tahun itu saat ini membela klub lokal, Persib Bandung. 

Klok menjadi pemain yang berposisi sebagai gelandang. Sejak ditangani Shin Tae Yong, Klok langsung jadi andalan. 

Ia menjalani debut bersama Timnas Indonesia pada Juni 2022. Hingga saat ini, Klok baru mencatatkan 6 caps bersama Garuda.

5. Indonesia berambisi raih trofi Piala AFF perdana

Pemain Paling Senior Timnas Indonesia yang Bertarung di Piala AFF 2022Timnas Indonesia (instagram.com/egymaulanavikri)

Melihat kedalaman skuad saat ini, banyak yang optimis Indonesia akan meraih trofi Piala AFF perdana. Apalagi, negara kuat lain seperti Thailand tidak menurunkan skuad terbaiknya.

Untuk mencapai hal itu, Indonesia lebih dulu harus menghadapi adangan pesaing di Grup A. Skuad Garuda satu grup dengan Kamboja, Brunei Darussalam, Thailand, dan Filipina. Piala AFF 2022 sendiri telah dibuka pada 20 Desember lalu.

 

Para pemain senior tersebut diharapkan bisa menjadi tumpuan Garuda di ajang ini. Menurut kamu, akankah Indonesia menjadi yang terbaik di Piala AFF 2022?

Baca Juga: Rekor Minor Partai Pembuka Hantui Timnas Indonesia di Piala AFF

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya