5 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Louis van Gaal di Timnas Belanda

Van Gaal menangani Timnas Belanda dalam tiga periode berbeda

Louis van Gaal akan memimpin Timnas Belanda di gelaran Piala Dunia 2022. Pelatih 71 tahun itu ditunjuk sebagai pelatih De Oranje pada Agustus 2021 lalu. Posisi sebagai juru latih Timnas Belanda sebenarnya bukan yang pertama kali bagi van Gaal.

Pelatih yang pernah melatih Manchester United ini sebelumnya juga pernah menangani tim nasional Belanda dalam dua periode berbeda, tepatnya pada 2000--2001 dan 2012--2014. Dalam Piala Dunia 2014, ia juga menakhodai tim De Oranje.

Tiga periode membesut Timnas Belanda, van Gaal tentu saja memiliki pemain yang sering jadi pilihan utama. Lantas, siapa saja pemain yang paling sering dimainkan Louis van Gaal di Timnas Belanda? 

1. Daley Blind 

5 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Louis van Gaal di Timnas BelandaDaley Blind (twitter.com/BlindDaley)

Pemain yang paling sering dimainkan Louis van Gaal di Timnas Belanda adalah Daley Blind. Jelang Piala Dunia 2022, ia juga menjadi salah satu pemain yang dipanggil van Gaal untuk perkuat Timnas Belanda.

Blind menjadi salah satu pemain senior di skuad De Oranje saat ini. Pemain 32 tahun ini merupakan bek kiri yang kini membela klub Eredivisie, Ajax Amsterdam.

Mantan pemain Manchester United ini menjadi andalan van Gaal di dua periode. Blind sendiri menjalani debut bersama Timnas Belanda pada 6 Februari 2013. Van Gaal memainkannya dalam 31 pertandingan di empat kompetisi berbeda.

2. Stefan de Vrij

5 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Louis van Gaal di Timnas BelandaStefan de Vrij (twitter.com/Stefandevrij)

Di posisi bek tengah, Louis van Gaal mempercayakan posisi tersebut kepada Stefan de Vrij. Bahkan pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut masih dipercaya hingga saat ini.

De Vrij menjadi pemain yang terbilang senior dan menjalani debut pada 15 Agustus 2012. Ia juga menjadi bagian Belanda saat ditangani van Gaal di periode kedua.

Meskipun tak lagi muda, kualitas pemain Inter Milan ini tak boleh diremehkan. Hingga saat ini, ia sudah dimainkan van Gaal dalam 29 pertandingan di empat kompetisi berbeda.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Belanda di Piala Dunia 2022, Ada Virgil van Dijk

3. Bruno Martins Indi

5 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Louis van Gaal di Timnas BelandaBruno Martins Indi (uefa.com)

Pemain ketiga dalam daftar ini adalah Bruno Martins Indi yang saat ini juga aktif bermain. Namun pemain yang kini membela AZ Alkmaar itu tak dibawa Louis van Gaal ke Qatar.

Indi menjadi pemain yang kerap dimainkan van Gaal di periode kedua membesut Belanda. Pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut menjadi andalan van Gaal sebagai bek tengah.

Ia menjalani debut bersama Timnas Belanda pada 15 Agustus 2012. Di bawah asuhan Louis van Gaal, ia membela timnas dalam 24 pertandingan di empat kompetisi berbeda.

4. Robin van Persie

5 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Louis van Gaal di Timnas BelandaRobin van Persie (uefa.com)

Pemain yang juga diandalkan Louis van Gaal selama menangani Timnas Belanda ada Robin van Persie. Salah satu bintang sepak bola Belanda ini tentu saja menjadi pilar utama van Gaal.

Pemain yang gantung sepatu pada 2019 itu dipercaya tampil pertama kali bersama Timnas Belanda pada 4 Juni 2005. Ia menjadi pemain yang sukses di Premier League bersama Arsenal dan Manchester United.

Van Gaal sendiri memainkan penyerang yang satu ini dalam 23 pertandingan di tiga kompetisi berbeda. Memiliki kualitas mumpuni, ia menorehkan 18 gol dan 4 assists dari penampilannya tersebut.

5. Memphis Depay

5 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Louis van Gaal di Timnas BelandaMemphis Depay (uefa.com)

Memphis Depay juga menjadi pemain yang hampir selalu dipanggil Louis van Gaal ke Timnas Belanda. Pemain yang kini membela Barcelona tersebut memang memiliki kualitas mumpuni.

Bahkan ia menjadi pemain yang jalani debut di Timnas Belanda saat dilatih van Gaal. Depay sendiri debut bersama Timnas Belanda pada 15 Oktober 2013.

Saat ini usianya sudah menginjak 28 tahun dan sudah dimainkan van Gaal dalam 23 pertandingan. Beroperasi di lini depan, ia menorehkan 16 gol dan 7 assists dari penampilannya tersebut.

 

Patut kita nantikan kiprah Louis van Gaal dalam menangani Timnas Belanda di Piala Dunia 2022. Ini mungkin akan menjadi kesempatan terakhirnya dalam membesut De Oranje di turnamen besar.

Baca Juga: Selain Van Gaal, Ini 5 Pelatih yang Back to Back Menangani Belanda

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya