Comscore Tracker

8 Pemain Spanyol dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Jago!

Mulai Fernando Torres hingga David de Gea

Spanyol menjadi salah satu negara di Eropa yang memiliki sepak bola cukup berprestasi dan disegani. Pemain yang berkualitas membuat timnas Negeri Matador meraih kesuksesan di ajang Eropa hingga Piala Dunia.

Tak heran juga jika banyak pemain Spanyol yang menjadi andalan klub-klub Premier League. Persaingan Premier League yang ketat memaksa tim peserta memiliki pemain kualitas mumpuni, salah satunya seperti pemain asal Spanyol. Ini membuat mereka mencatatkan penampilan yang cukup banyak selama berkarier di Premier League.

Bagi kamu yang ingin tahu siapa pemain Spanyol dengan penampilan terbanyak di Premier League, berikut kami sajikan daftarnya. Siapa saja ya?

1. Cesc Fabregas (350 Penampilan)

8 Pemain Spanyol dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Jago!premierleague.com

Cesc Fabregas menjadi pemain yang membela duo tim London yaitu Arsenal dan Chelsea. Fabregas cukup lama bermain di Premier League, yakni selama 13 musim. Ia menjalani debut bersama Arsenal pada musim 2004/2005. Sempat bermain di Barcelona sejak 2011, Fabregas kembali ke Premier League bersama Chelsea pada musim 2014/2015.

Pada Januari 2019, Fabregas meninggalkan The Blues dan pindah ke AS Monaco. Secara total, ia telah mencatatkan 350 penampilan di Premier League dengan torehan 50 gol dan 111 assist. Pemain gelandang ini juga berhasil menjadi juara Premier League sebanyak dua kali bersama Chelsea. 

2. David de Gea (322 Penampilan)

8 Pemain Spanyol dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Jago!premierleague.com

Tak hanya pemain depan, ada beberapa penjaga gawang Spanyol yang membela tim Premier League. Salah satunya ada David De Gea yang membela Manchester United. Ia bermain di Premier League sejak musim 2011/2012.

Di musim keduanya, De Gea berhasil mengantarkan United menjuarai Premier League. Pada musim 2017/2018, De Gea berhasil menjadi kiper terbaik dengan meraih Golden Glove. Hingga kini, pemain 29 tahun ini telah mencatatkan 322 penampilan dengan catatan 108 clean sheet.

3. David Silva (309 Penampilan)

8 Pemain Spanyol dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Jago!premierleague.com

David Silva menjadi salah satu pemain Spanyol yang cukup sukses selama berkiprah di Premier League. Pemain 34 tahun ini telah bergabung dengan Manchester City sejak musim 2010/2011. Ia menjadi salah satu pemain yang membawa The Cityzens berjaya di Premier League.

Selama sepuluh musim membela City, Silva telah bermain dalam 309 laga. Pemain gelandang ini mencatatkan 60 gol dan 93 assist di Premier League. Hebatnya lagi, Silva telah mengantarkan The Cityzens juara Premier League sebanyak empat kali. Pada awal musim 2020/2021 ia hengkang ke Real Sociedad.

4. Pepe Reina (297 Penampilan)

8 Pemain Spanyol dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Jago!rousingthekop.com/Alex Livesey/Getty Images

Tak hanya David de Gea, kiper asal Spanyol yang juga catatkan penampilan cukup banyak di Premier League adalah Pepe Reina. Selama bermain di kasta teratas liga Inggris, Reina membela dua tim berbeda, yakni Liverpool dan Aston Villa. Ia membela The Reds sejak 2005/2006 hingga 2012/2013.

Pada Januari 2020 lalu, ia kembali ke Premier League dengan membela Aston Villa. Selama berkarier di Premier League, Reina mencatatkan 297 penampilan. Kiper 38 tahun ini menorehkan 136 clean sheet dari penampilannya tersebut. Meskipun tak meraih trofi, Reina berhasil meraih 3 trofi Golden Glove

Baca Juga: 5 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Premier League, Hebat!

5. Mikel Arteta (284 Penampilan)

8 Pemain Spanyol dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Jago!https://www.theweek.co.uk

Mikel Arteta saat ini menjadi pelatih teranyar Arsenal. Sebelum terjun ke dunia pelatih, Arteta pernah bermain di Premier League dengan beberapa tim salah satunya Arsenal. Sebelum berseragam The Gunners, pemain gelandang ini membela Everton sejak 2004/2005 hingga 2011/2012.

Sementara bersama Meriam London, Arteta bertahan hingga musim 2015/2016. Bersama kedua klub tersebut, Arteta tampil dalam 284 pertandingan di Premier League. Sebagai gelandang, ia menorehkan 41 gol dan 42 assist. Sayangnya, ia tak mampu meraih satupun gelar Premier League. 

6. Cesar Azpilicueta (276 Penampilan)

8 Pemain Spanyol dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Jago!premierleague.com

Pemain Spanyol yang berkarier di Premier League selanjutnya adalah Cesar Azpilicueta. Azpilicueta adalah pemain berposisi sebagai bek kanan dan dipercaya menjadi kapten Chelsea hingga kini. Pemain 30 tahun ini berhasil mengantarkan The Blues meraih gelar Premier League sebanyak dua kali.

Azpilicueta juga memiliki catatan yang cukup mentereng dari 276 pertandingan yang sudah dijalani. Diantaranya ada 97 clean sheet, 8 gol serta 32 assist. Catatan tersebut tentu saja cukup baik untuk seorang bek kanan. Namun, saat ini ia harus berbagi tempat dengan talenta muda asal Inggris, Reece James. 

7. Juan Mata (266 Penampilan)

8 Pemain Spanyol dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Jago!premierleague.com

Juan Mata menjadi salah satu pemain Spanyol yang sudah lama bermain di Premier League dan masih bertahan hingga kini. Saat ini, Mata membela Manchester United. Sebelum bergabung dengan United pada Januari 2014, Mata lebih dulu membela Chelsea.

Mata pertama kali bermain di Premier League bersama The Blues pada musim 2011/2012. Secara total, Mata telah bermain dalam 266 pertandingan di Premier League. Dari penampilannya tersebut, pemain 32 tahun ini mencatatkan 51 gol dan 53 assist. Sayangnya, ia belum pernah mencicipi gelar juara Premier League. 

8. Fernando Torres (212 Penampilan)

8 Pemain Spanyol dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Jago!liverpool.com

Serupa dengan Juan Mata, Fernando Torres juga menjadi pemain Spanyol yang membela dua tim Premier League. Kedua tim yang pernah dibela Torres adalah Liverpool dan Chelsea. Ia membela Liverpool pada musim 2007/2008 hingga musim Januari 2011.

Kemudian ia hijrah ke Chelsea dan bertahan hingga musim 2013/2014. Selama delapan musim bermain di Premier League, Torres belum sekalipun meraih juara. Namun, ia menjadi pemain Spanyol paling produktif di Premier League dengan 85 gol dan 29 assist dari 212 penampilan.

 

Spanyol tak pernah habis mengirim talenta-talenta terbaik ke Premier League hingga saat ini. Hal itu tentu saja sangat baik untuk perkembangan sang pemain. Menurut kamu, siapa pemain Spanyol tersukses yang bermain di Premier League?

Baca Juga: 5 Rekor Serba Termuda yang Pernah Tercatat di Premier League, Hebat!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya