Comscore Tracker

6 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Barcelona di Era Joan Laporta

Joan Laporta resmi menjadi Presiden Barcelona

Barcelona akhirnya memiliki presiden klub setelah melakukan pemilihan pada 7 Maret 2021 waktu setempat. Joan Laporta akhirnya terpilih setelah mengungguli kandidat lain. Nama presiden yang satu ini tentu saja sudah tidak asing lagi. Laporta pernah menduduki jabatan serupa pada periode 2003 hingga 2010. Di periode pertamanya, Laporta membawa Barca meraih kesuksesan besar.

Tak hanya karena menunjuk Pep Guardiola, ada beberapa pemain top yang didatangkan ke Camp Nou. Meskipun demikian, ia sebenarnya bukan presiden yang boros karena harga termahal rekrutannya sangat jauh di bawah rekor transfer El Barca. Lantas, siapa saja pemain termahal yang pernah direkrut Barcelona di era Joan Laporta? Berikut ulasannya.

1. Zlatan Ibrahimovic dari Inter Milan (69,5 Juta Euro)

6 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Barcelona di Era Joan Laportabarcablaugranes.com

Pemain termahal yang pernah direkrut Barcelona di era Joan Laporta adalah Zlatan Ibrahimovic. Pemain berkebangsaan Swedia tersebut diboyong Laporta ke Camp Nou pada musim 2009/2010. Saat itu, El Barca mengeluarkan dana sebesar 69,5 juta euro untuk mendatangkannya dari Inter Milan.

Meskipun tampil apik, Ibra hanya bertahan satu musim di Barca. Ia tampil dalam 46 pertandingan bersama Blaugrana di semua kompetisi. Sebagai seorang penyerang, pemain yang kini membela AC Milan tersebut mencetak 22 gol dan 12 assist.

2. Dani Alves dari Sevilla (35,5 Juta Euro)

6 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Barcelona di Era Joan Laportabeinsports.com

Berikutnya ada Dani Alves yang bertahan cukup lama bersama Barcelona. Bek kanan asal Brasil itu juga merupakan pemain yang didatangkan oleh Joan Laporta. Tepatnya pada musim 2008/2009, ia hengkang dari Sevilla dan bergabung dengan El Barca.

Untuk memboyong Alves, Blaugrana merogoh kocek sebesar 35,5 juta euro. Angka tersebut tentu saja sepadan dengan kontribusi Alves untuk Barca. Bertahan 8 musim di Camp Nou, ia membela Barca dalam 391 pertandingan. Pemain yang kini berusia 37 tahun tersebut menorehkan 21 gol dan 101 assist.

3. Ronaldinho dari Paris Saint-Germain (32,25 Juta Euro)

6 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Barcelona di Era Joan Laportamedium.com

Pemain asal Brasil lainnya yang didatangkan Joan Laporta ke Barcelona adalah Ronaldinho. Seperti yang kita tahu, pemain yang gantung sepatu pada tahun 2018 itu cukup sukses bersama Blaugrana hingga meraih trofi Ballon d'Or. Ronaldinho sendiri direkrut Barca dari Paris Saint-Germain pada musim 2003/2004.

Saat itu ia ditebus El Barca dengan harga mencapai 32,25 juta euro. Pemain yang bernama lengkap Ronaldo de Assis Moreira ini meninggalkan Camp Nou pada musim 2008/2009 dan hengkang ke AC Milan. Bersama Barca, ia tampil dalam 207 pertandingan dengan torehan 94 gol dan 71 assist.

Baca Juga: 10 Gelandang Serang Terbaik Sepanjang Masa, Zidane Hingga Ronaldinho 

4. Samuel Eto'o dari RCD Mallorca (27 Juta Euro)

6 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Barcelona di Era Joan Laportafcbarcelona.com

Berikutnya ada nama Samuel Eto'o yang juga jadi andalan cukup lama di Barcelona. Pemain berkebangsaan Kamerun tersebut bergabung dengan El Barca pada musim 2004/2005. Saat itu, ia didatangkan dari RCD Mallorca dengan harga 27 juta euro.

Performa apiknya membuat Eto'o bertahan hingga musim 2008/2009. Sebelum hengkang ke Inter Milan, Eto'o membela Barca dalam 199 pertandingan. Beroperasi di lini serang, pemain yang gantung sepatu pada tahun 2019 lalu itu menorehkan 130 gol dan 40 assist.

5. Dmytro Chygrynskyi dari Shakhtar Donetsk (25 Juta Euro)

6 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Barcelona di Era Joan Laportatwitter.com/Squawka

Kembali dari lini belakang, ada nama Dmytro Chygrynskyi yang didatangkan Joan Laporta ke Barcelona. Bek tengah berkebangsaan Ukraina itu didatangkan Barca bersamaan dengan Zlatan Ibrahimovic, yakni pada musim 2009/2010.

Blaugrana merogoh kocek sebesar 25 juta euro untuk merekrut Chygrynskyi dari Shakhtar Donetsk. Saat itu usianya baru 22 tahun dan digadang-gadang bakal menjadi andalan El Barca. Namun, ia hanya bertahan semusim dan mencatatkan 14 pertandingan di semua kompetisi.

6. Thierry Henry dari Arsenal (24 Juta Euro)

6 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Barcelona di Era Joan Laportafcbarcelona.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Thierry Henry yang bergabung dengan Barcelona pada musim 2007/2008. Meskipun sudah sangat bersinar bersama Arsenal, harga Henry tidak terlalu tinggi. Saat itu, Joan Laporta merogoh kocek sebesar 24 juta euro untuk mendaratkan bintang asal Prancis itu ke Camp Nou.

Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2015 tersebut bertahan tiga musim di Barca. Ia berhasil menorehkan 49 gol dan 27 assist dari 121 pertandingan.

 

Itulah 6 pemain termahal yang pernah direkrut Barcelona di era Joan Laporta. Akankah ada rekor transfer baru di periode kedua Laporta sebagai presiden Barcelona? Patut kita nantikan.

Baca Juga: Jika Kembali Jadi Presiden Barcelona, Laporta Jamin Pulangkan Neymar

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya