5 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Unai Emery, Ada Neymar

Bagaimana kiprah mereka selama ditangani Emery? 

Unai Emery merupakan salah satu pelatih sepak bola asal Spanyol dengan prestasi cukup baik. Ia disebut sebagai pelatih spesialis Europa League karena keberhasilannya meraih 4 trofi kompetisi kedua Eropa itu dengan 2 klub berbeda.

Tiga trofi Europa League di antaranya bersama Sevilla dan 1 trofi lainnya bersama Villarreal. Tak hanya dua klub Spanyol tersebut, Emery juga pernah melatih beberapa klub luar Spanyol seperti Paris Saint-Germain dan Arsenal.

Terbaru, pelatih 50 tahun ini baru saja menerima tawaran sebagai juru taktik Aston Villa. Selama karier kepelatihannya, Emery tentu saja telah mengandalkan banyak pemain.

Bahkan tak sedikit pemain yang diboyong dengan harga mahal. Berikut daftar pemain termahal yang pernah direkrut Unai Emery.

1. Neymar - Paris Saint-Germain (222 Juta Euro)

5 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Unai Emery, Ada NeymarNeymar (twitter.com/ChampionsLeague)

Pemain termahal yang pernah direkrut Unai Emery adalah Neymar. Bintang asal Brasil ini memang menjadi salah satu pemain dengan nilai transfer termahal di dunia. Transfer tersebut terjadi pada musim panas 2017 saat Paris Saint-Germain memboyongnya dari Barcelona.

Emery tentu saja tak menyangka bisa memboyong pemain ke timnya dengan harga fantastis. Saat itu, nilai transfer kepindahan Neymar mencapai 222 juta Euro. Ia pun menjadi suntikan kekuatan bagi skuad Emery di musim keduanya melatih PSG.

Selama ditangani Emery, Neymar dimainkan dalam 30 pertandingan di semua kompetisi. Beroperasi di lini depan, ia catatkan 28 gol dan 18 assists. 

2. Nicolas Pepe - Arsenal (80 Juta Euro)

5 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Unai Emery, Ada NeymarNicolas Pepe (twitter.com/Arsenal)

Nicolas Pepe menjadi pemain termahal Arsenal hingga saat ini. Rekor tersebut terukir saat Unai Emery memboyongnya dari Lille. Di musim keduanya bersama The Gunners, Emery mendapat suntikan dana untuk memperkuat skuadnya.

Nicolas Pepe pun menjadi salah satu rekrutan Emery saat itu hingga pecahkan rekor transfer Arsenal. Transfer yang terjadi pada musim panas 2019 itu melibatkan dana sebesar 80 juta Euro. Sayangnya, kerja sama Emery dengan pemain asal Pantai Gading itu tak berlangsung lama.

Emery dipecat Arsenal beberapa bulan kemudian dan hanya sempat memainkan Pepe dalam 16 pertandingan. Pepe yang berposisi sebagai penyerang sayap hanya mencetak 3 gol dan 4 assists dari penampilannya tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Diandalkan Unai Emery sebagai Pelatih Villarreal

3. Julian Draxler - Paris Saint-Germain (36 Juta Euro)

5 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Unai Emery, Ada NeymarJulian Draxler (twitter.com/PSG_English)

Sebelum memboyong Neymar, Unai Emery sempat mendatangkan beberapa pemain ke Paris Saint-Germain. Salah satunya yaitu Julian Draxler yang didatangkan pada musim dingin 2017.

Diboyong dari Wolfsburg, Draxler pun menjadi salah satu pemain mahal yang pernah direkrut Emery. Saat itu, kepindahannya ke PSG melibatkan dana hingga 36 juta Euro.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang kiri ini pun langsung menjadi andalan Emery. Di mana saat itu, pelatih 50 tahun ini memainkan Draxler dalam 72 pertandingan. Dari kesempatan yang didapatnya tersebut, pemain asal Jerman itu menorehkan 15 gol dan 13 assist. 

4. Goncalo Guedes - Paris Saint-Germain (30 Juta Euro)

5 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Unai Emery, Ada NeymarGoncalo Guedes (twitter.com/SquawkaNews)

Tak hanya Julian Draxler, Unai Emery juga memboyong beberapa pemain lain pada musim dingin 2017. Salah satu di antaranya ada Goncalo Guedes yang juga menjadi rekrutan termahal keempat Emery.

Pemain berkebangsaan Portugal ini didatangkan Emery dari Benfica. Sama seperti Draxler, Guedes juga berposisi sebagai penyerang sayap.

Namun dibanding Draxler, nilai transfer Guedes sedikit lebih murah, yakni sebesar 30 juta Euro. Emery yang lebih memilih Draxler di skuad utama membuat Guedes tersingkir lebih cepat. Emery memainkan Guedes hanya dalam 13 pertandingan. 

5. William Saliba - Arsenal (30 Juta Euro)

5 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Unai Emery, Ada NeymarWilliam Saliba (twitter.com/davidhickman14)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah William Saliba yang berposisi sebagai bek tengah. Sama seperti Nicolas Pepe, pemain asal Brasil ini didatangkan Emery pada musim panas 2019. Saat itu, Saliba direkrut The Gunners dari klub Prancis, Saint-Ettiene.

The Gunners mengeluarkan dana hingga 30 juta Euro untuk memboyong bek muda ini. Meskipun didatangkan dengan harga yang lumayan tinggi, Saliba belum sempat dimainkan hingga Emery meninggalkan Arsenal.

 

Dilihat dari daftar ini, Unai Emery justru tak butuh pemain mahal untuk meraih trofi Europa League. Emery justru banyak merekrut pemain mahal saat melatih PSG dan Arsenal. Apakah di Aston Villa ia juga melakukan transfer mahal lagi?

Baca Juga: 5 Klub Top Eropa yang Pernah Dilatih Unai Emery sebelum Aston Villa

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya