Comscore Tracker

6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund, Jago Bisnis!

Siapa pemain paling menguntungkan bagi Dortmund? 

Borussia Dortmund dikenal dengan tempatnya calon pemain bintang. Anggapan tersebut tak mengherankan, karena cukup banyak pemain Dortmund yang direkrut tim elite Eropa. Mereka juga dikenal sebagai tim yang jago berbisnis dalam dunia sepak bola khususnya transfer pemain.

Dortmund merekrut para pemain muda yang potensial dengan harga yang relatif murah. Setelah tampil apik bersama De Borussian, pemain tersebut kemudian dijual dengan harga yang cukup tinggi. Lalu, siapa saja pemain termahal yang pernah dijual Borussia Dortmund? Berikut ulasannya. 

1. Ousmane Dembele - 125 juta euro 

6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund, Jago Bisnis!le10sport.com

Ousmane Dembele menjadi pemain termahal yang dijual Borussia Dortmund. Pemain asal Prancis ini dilepas Dortmund pada musim 2017/2018 ke raksasa Spanyol, Barcelona. Nilai transfer pemain yang saat itu berusia 20 tahun tersebut mencapai 125 juta euro.

Nilai tersebut tentu saja cukup fantastis untuk ukuran pemain muda. Tak hanya itu, Dortmund juga menerima untung besar dari penjualan Dembele. Pada tahun 2016, Dortmund membeli Dembele dari Stade Rennes hanya sebesar 15 juta euro. 

2. Christian Pulisic - 64 juta euro

6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund, Jago Bisnis!premierleague.com

Pemain yang tak kalah menguntungkan bagi Borussia Dortmund yakni Christian Pulisic. Pemain Amerika Serikat ini merupakan produk asli akademi Dortmund. Pada awal musim ini, Pulisic bergabung dengan tim Premier League yaitu Chelsea.

Pulisic bergabung dengan Chelsea setelah ditebus dengan harga 64 juta euro. Pemain berposisi sebagai sayap kiri ini digadang-gadang sebagai penerus Eden Hazard di Chelsea. Apalagi dengan usianya yang baru 21 tahun, Pulisic masih memiliki karier yang masih panjang. 

3. Pierre-Emerick Aubameyang - 63,75 juta euro

6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund, Jago Bisnis!arsenal.com

Selain melepas Dembele, pada musim awal musim 2017/2018 Borussia Dortmund juga menjual Pierre-Emerick Aubameyang. Pemain Gabon ini juga dijual Dortmund ke klub Premier League yakni Arsenal. Aubameyang dilepas Dortmund dengan harga 63,75 juta.

Pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut bergabung dengan Dortmund pada musim 2013/2014. Saat itu, Dortmund membeli Aubameyang dari Saint-Etienne dengan harga 13 juta euro. Aubameyang menjadi striker yang cukup garang meskipun sudah mulai menua. 

Baca Juga: Pengkhianat! Inilah 6 Pemain yang Pernah Membela Munchen dan Dortmund

4. Henrikh Mkhitaryan - 42 juta euro 

6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund, Jago Bisnis!metro.co.uk

Henrikh Mkhitaryan juga sempat menjadi pemain termahal saat ia dijual Borussia Dortmund ke Manchester United. Pemain Armenia ini dilepas Dortmund pada musim 2016/2017 dengan harga 42 juta euro. Penjualan Mkhitaryan juga cukup menguntungkan bagi Dortmund.

Pada musim 2013/2014, Dortmund membeli Mkhitaryan dari Shakhtar Donetsk. Saat itu Dortmund menebus Mkhitaryan dengan harga 27,5 juta euro. Setelah pindah dari Dortmund, karier Mkhitaryan tak berjalan mulus, kini ia membela AS Roma dengan status pinjaman dari Arsenal. 

5. Mario Gotze - 37 juta euro 

6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund, Jago Bisnis!fcbayern.com

Sama seperti pemain sebelumnya, Mario Gotze juga memberikan keuntungan bagi Borussia Dortmund. Gotze dijual Dortmund ke rivalnya yakni Bayern Munchen pada 2013/2014. Saat itu Gotze masih berusia 21 tahun dan diharapkan menjadi andalan Bayern Munchen.

Hal tersebut membuat Bayern tak ragu membeli Gotze dengan harga 37 juta euro. Penjualan tersebut tentu saja cukup menguntungkan karena Gotze merupakan produk akademi Dortmund. 

6. Mats Hummel - 35 juta euro

6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund, Jago Bisnis!bundesliga.com

Pemain termahal terakhir merupakan pemain bek yaitu Mats Hummels. Sama seperti Gotze, Hummels juga dijual Borussia Dortmund ke Bayern Munchen. Transfer tersebut terjadi pada musim 2016/2017 dengan harga mencapai 35 juta euro.

Sebenarnya Hummels merupakan pemain yang lulus dari akademi Bayern Munchen. Namun pada musim 2008/2009 Dortmund meminjam Hummels. Setelah semusim, Dortmund mempermanenkan Hummels dengan mahar sebesar 4,2 juta euro. 

Itulah enam pemain termahal yang pernah dijual Borussia Dortmund. Dengan banyaknya pemain berkualitas di Dortmund saat ini, tentu saja sangat memungkinkan akan terjadi penjualan yang dengan harga yang tak kalah tinggi. 

Baca Juga: Dengan Menjual Ousmane Dembele, Dortmund Datangkan 6 Pemain Bintang

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya