Comscore Tracker

5 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund ke Klub Premier League

Erling Haaland berikutnya?

Borussia Dortmund dikenal sebagai salah satu klub penghasil pemain-pemain berkualitas. Klub asal Jerman ini sangat jago mengembangkan pemain muda hingga bersinar. Mereka kerap merekrut pemain dengan harga yang relatif kecil. Setelah bersinar, Dortmund menjualnya dengan harga fantastis. Tak sedikit pemain-pemain Die Borussen yang jadi incaran klub-klub Premier League.

Terbaru tentu saja Erling Haaland yang pesonannya seperti menyihir klub elite Eropa lain termasuk Premier League. Bahkan kabarnya, Chelsea siap melepas beberapa pemainnya demi datangkan klub striker Norwegia tersebut. Sebelum Haaland, sudah cukup banyak pemain Dortmund yang direkrut klub Premier League. Lantas siapa saja pemain termahal yang dijual Borussia Dortmund ke Premier League? Berikut ulasannya.

1. Christian Pulisic dijual ke Chelsea dengan harga 64 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund ke Klub Premier Leaguepremierleague.com

Pemain termahal yang dijual Borussia Dortmund ke klub Premier League adalah Christian Pulisic. Pemain Amerika Serikat ini merupakan produk asli akademi Dortmund. Pada awal musim 2018/2019, Pulisic dikontrak oleh tim Premier League yaitu Chelsea.

Pulisic bergabung dengan Chelsea setelah ditebus dengan harga 64 juta euro. Pemain berposisi sebagai sayap kiri ini digadang-gadang sebagai penerus Eden Hazard di Chelsea. Apalagi dengan usianya yang baru 21 tahun, Pulisic masih memiliki karier yang masih panjang. 

2. Pierre-Emerick Aubameyang dijual ke Arsenal dengan harga 63,75 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund ke Klub Premier Leaguearsenal.com

Sebelum melepas Christian Pulisic, pada musim awal musim 2017/2018 Borussia Dortmund menjual Pierre-Emerick Aubameyang. Pemain Gabon ini juga dijual Dortmund ke klub Premier League yakni Arsenal. Aubameyang dilepas Dortmund dengan harga 63,75 juta euro.

Pemain yang kini berusia 31 tahun tersebut bergabung dengan Dortmund pada musim 2013/2014. Saat itu, Dortmund membeli Aubameyang dari Saint-Etienne dengan harga 13 juta euro. Aubameyang menjadi striker yang cukup garang meskipun sudah mulai menua. 

3. Henrikh Mkhitaryan dijual ke Manchester United dengan harga 42 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund ke Klub Premier Leaguemetro.co.uk

Henrikh Mkhitaryan juga sempat menjadi pemain termahal saat ia dijual Borussia Dortmund ke Manchester United. Pemain Armenia ini dilepas Dortmund pada musim 2016/2017 dengan harga 42 juta euro. Penjualan Mkhitaryan juga cukup menguntungkan bagi Dortmund.

Pada musim 2013/2014, Dortmund membeli Mkhitaryan dari Shakhtar Donetsk. Saat itu Dortmund menebus Mkhitaryan dengan harga 27,5 juta euro. Setelah pindah dari Dortmund, karier Mkhitaryan tak berjalan mulus, kini ia membela AS Roma setelah hengkang dari Arsenal. 

Baca Juga: 6 Pemain Borussia Dortmund Paling Diandalkan Lucien Favre, Siapa Saja?

4. Ilkay Gundogan dijual ke Manchester City dengan harga 27 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund ke Klub Premier Leaguegoal.com

Berikutnya ada Ilkay Gundogan yang jadi dijual Borussia Dortmund ke Manchester City. The Cityzens memboyong pemain gelandang ini dari pada musim 2016/2017. Saat itu Gundogan masih berusia 26 tahun dan diboyong dengan harga 27 juta euro. Pemain berkebangsaan Jerman merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah membela Die Borussen.

Gundogan bergabung dengan Dortmund pada musim 2011/2012. Diusianya yang masih belia, Dortmund memboyong Gundogan dari FC Nuremberg dengan harga 850 ribu euro. Penjualan pemain yang satu ini tentu saja memberikan keuntungan besar bagi Dortmund.

5. Andriy Yarmolenko dijual ke West Ham United dengan harga 20 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund ke Klub Premier Leaguewhufc.com

Pemain kelima dalam daftar ini adalah Andriy Yarmolenko. Pemain berkebangsaan Ukraina ini hengkang dari Borussia Dortmund pada musim 2018/2019. Saat itu pemain sayap kanan ini diboyong West Ham United dengan mahar senilai 20 juta euro. Berbeda dengan pemain-pemain sebelumnya, penjualan Yarmolenko justru merupakan kerugian bagi Dortmund.

Hal tersebut karena pemain yang kini berusia 31 tahun itu diboyong Die Borussen dengan harga 25 juta euro. Tepatnya pada musim 2017/2018 dari Dynamo Kyiv. Penurunan harga tersebut tak lepas dari penampilannya yang tak terlalu spesial selama berseragam Dortmund.

Itulah lima pemain termahal yang pernah dijual Borussia Dortmund ke klub Premier League. Bukan tidak mungkin, jika Erling Haaland dinego dengan harga tinggi oleh klub Premier League, Dortmund tak ragu melepasnya. Akankah akan ada rekor baru pada Januari nanti?

Baca Juga: 10 Rekrutan Terbaik Borussia Dortmund dalam Satu Dekade Terakhir

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya