5 Pemain Termahal yang Dijual FC Porto Sepanjang Sejarah, Jago Bisnis!

Porto sang juara Liga NOS 2019/2020, selamat!

FC Porto sukses merengkuh trofi Liga NOS Portugal musim 2019/2020. Klub berjuluk Si Naga ini memang dikenal sebagai salah satu tim elite dalam sepak bola Portugal. Tak hanya berprestasi, Porto juga menjadi tim yang jago dalam berbisnis. Mereka kerap menjadi pemasok pemain-pemain berkualitas ke klub elite Eropa.

Tak sedikit pemain yang bersinar saat membela Porto, menjadi bidikan tim lain. Porto pun kerap melepas pemainnya tersebut dengan harga yang cukup tinggi. Berikut daftar pemain termahal yang pernah dijual FC Porto sepanjang sejarah.

1. Eder Militao - 50 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual FC Porto Sepanjang Sejarah, Jago Bisnis!marca.com

Eder Militao menjadi pemain termahal yang pernah dijual FC Porto hingga saat ini. Pemain asal Brasil tersebut dilepas Porto ke Real Madrid pada awal musim 2019/2020. Masih berusia 21 tahun, El Real berani menebus Militao dengan harga 50 juta euro. Harga tersebut tentu saja cukup tinggi apalagi untuk ukuran seorang bek tengah.

Sebelum menjualnya, klub Portugal tersebut merekrut Militao pada musim 2018/2019. Mereka mendatangkannya dari Sao Paolo dengan harga 7 juta euro. Meskipun hanya semusim, Militao cukup banyak mendapat kesempatan tampil. Ia membela Porto dalam 47 laga dengan catatan 5 gol dan 4 assist.

2. Eliaquim Mangala - 45 juta euro 

5 Pemain Termahal yang Dijual FC Porto Sepanjang Sejarah, Jago Bisnis!goal.com

Bek tengah lainnya yang juga dijual Porto dengan harga yang cukup tinggi yaitu Eliaquim Mangala. Bek asal Prancis ini dilepas Porto ke Manchester City pada musim 2014/2015. Saat itu Mangala masih berusia 23 tahun dan ditebus The Citizens dengan harga 45 juta euro. Nilai tersebut tentu saja cukup menguntungkan bagi Porto karena harga beli Mangala hanya sebesar 6,75 juta euro.

Mangala bergabung dengan Si Naga pada musim 2011/2012 setelah meninggalkan Standard Liege. Selama berseragam jersey biru putih, Mangala tampil dalam 95 pertandingan dengan mencetak 13 gol dan 3 assist. Saat ini ia membela klub Spanyol yakni Valencia.

3. James Rodriguez - 45 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual FC Porto Sepanjang Sejarah, Jago Bisnis!le10sport.com

Berikutnya ada pemain berposisi sebagai gelandang serang yaitu James Rodriguez. Pada musim 2010/2011, James direkrut Porto dari CA Banfield dengan harga 7,35 juta euro. Setelah tiga musim berseragam Porto, James bergabung dengan AS Monaco. Si Naga melepas pemain yang saat itu berusia 21 tahun dengan harga 45 juta euro.

Harga tersebut cukup sepadan dengan penampilan pemain Kolombia tersebut saat membela Porto. Di mana ia tampil dalam 108 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai seorang gelandang serang, James mencatatkan 32 gol dan 41 assist. Karier James semakin menanjak hingga akhirnya bergabung dengan Real Madrid. 

Baca Juga: 8 Pemain Bayern Munchen dengan Banderol Termahal Usai Juara Bundesliga

4. Hulk - 40 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual FC Porto Sepanjang Sejarah, Jago Bisnis!bleacherreport.com

Hulk dikenal sebagai striker yang berbadan kekar layaknya super hero berwarna hijau. Pemain asal Brasil ini didatangkan Porto dari Tokyo Verdy pada musim 2008/2009. Saat itu Si Naga hanya merogoh kocek sebesar 5,5 juta euro untuk dapatkan Hulk. Karier Hulk berjalan mulus selama empat musim bertahan.

Pada musim 2012/2013, pemain bernama lengkap Givanildo Vieira de Souza ini hijrah ke Zenit Saint-Petersburg. Klub Rusia tersebut harus menebus Hulk dari Porto dengan harga 40 juta euro. Selama membela Porto, Hulk tampil dalam 169 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai seorang striker, ia mencetak 77 gol dan 61 assist. 

5. Radamel Falcao - 40 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual FC Porto Sepanjang Sejarah, Jago Bisnis!atleticodemadrid.com

Pemain terakhir dalam daftar ini juga tak kalah menguntungkan bagi FC Porto. Pemain tersebut yaitu Radamel Falcao yang dijual Porto ke klub Spanyol, Atletico Madrid. Transfer tersebut terjadi pada musim 2011/2012 dengan melibatkan dana sebesar 40 juta euro. Sebelum melepas sang pemain, Porto mendapatkan Falcao pada musim 2009/2010 dari River Plate.

Si Naga hanya mengeluarkan dana sebesar 5,43 juta euro untuk dapatkan pemain Kolombia tersebut. Dua musim berseragam Porto, Falcao tampil dalam 87 laga di semua kompetisi. Striker yang kini berusia 34 tahun tersebut tampil cukup produktif dengan raihan 72 gol dan 17 assist.

Itulah lima pemain termahal yang pernah dijual FC Porto. Klub asal Portugal tersebut cukup jeli dalam perekrutan pemain potensial hingga akhirnya dijual dengan harga lumayan tinggi. Siapa pemain jebolan FC Porto terbaik hingga saat ini?

Baca Juga: 6 Pemain Argentina dengan Banderol Tertinggi Saat Ini, Messi Termahal!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya