5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Pep Guardiola, Sane hingga Kroos!

Deretan pemain top!

Josep 'Pep' Guardiola merupakan salah satu pelatih top yang ada di Eropa. Juru taktik berkebangsaan Spanyol itu sudah teruji kualitasnya dengan gelontoran berbagai trofi. Ia mengawali karier kepelatihannya di Barcelona sebelum menangani Bayern Munchen. Setelah mencatatkan tinta emas bersama kedua klub tersebut, Pep mencicipi persaingan Premier League bersama Manchester City dan bertahan hingga kini.

Memiliki pengalaman luar biasa, ia pun tak kesulitan meraih berbagai trofi. Dalam meraih kejayaannya tersebut, ia kerap melakukan bongkar pasa g pemain. Selain merekrut pemain top, ia tak segan menjual pemainnya dengan harga mahal. Berikut daftar pemain termahal yang pernah dijual Pep Guardiola.

1. Leroy Sane (45 Juta Euro) 

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Pep Guardiola, Sane hingga Kroos!Leroy Sane (goal.com)

Pemain termahal yang pernah dijual Pep Guardiola adalah Leroy Sane. Pemain berkebangsaan Jerman itu sebenarnya menjadi salah satu rekrutan Pep di awal masa jabatannya di Manchester City. Pemain yang diboyong dari Schalke 04 itu sebenarnya sempat menjadi andalan Pep hingga bersinar.

Namun, Sane yang kerap mengalami cedera membuat Guardiola akhirnya menjualnya pada awal musim 2020/2021 ini. Pep menerima tawaran Bayern Munchen untuk Sane dengan harga 45 juta euro atau setara dengan Rp788 miliar. Bersama Pep, Sane telah mencatatkan 135 pertandingan di semua kompetisi. Penyerang sayap ini berhasil mencatatkan 39 gol dan 45 assist.

2. Danilo (37 Juta Euro) 

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Pep Guardiola, Sane hingga Kroos!Danilo (goal.com)

Pemain kedua ini juga merupakan rekrutan Pep Guardiola di Manchester City sebelum akhirnya dijual. Pemain yang dimaksud adalah Danilo. Ia diboyong Pep dari Real Madrid pada musim 2017/2018. Pep yang gemar bongkar pasang pemain pun mengorbankan Danilo untuk dijual.

Pemain berkebangsaan Brasil itu hanya bertahan dua musim di Etihad Stadium. Pada musim 2019/2020, ia dilepas Pep ke Juventus dengan harga 37 juta euro atau setara dengan Rp648 miliar. Selama menjadi anak asuh Pep, pemain bek kanan ini tampil dalam 60 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 3 assist.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Paling Sering Dikalahkan Sepanjang Karier Pep Guardiola

3. Yaya Toure (30 Juta Euro) 

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Pep Guardiola, Sane hingga Kroos!Yaya Toure (bleacherreport.com/Manuel Queimadelos Alonso/Getty Images)

Yaya Toure menjadi pemain yang tampaknya tak diinginkan Pep Guardiola dalam skuadnya. Pemain berkebangsaan Pantai Gading itu bahkan dijual Pep dalam dua kesempatan. Sebelum pernah ditangani saat di Manchester City, Toure pernah ditangani Pep saat di Barcelona.

Namun, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu dijual Pep ke City pada musim 2010/2011. Saat itu nilai transfernya mencapai 30 juta euro atau setara dengan Rp525 miliar. Di City ia sempat bertemu kembali Pep, namun lagi-lagi ia tak diinginkan pelatih asal Spanyol itu. Selama ditangani Pep, Toure tampil dalam 128 pertandingan dengan catatan 11 gol dan 13 assist.

4. Kelechi Iheanacho (27,7 Juta Euro) 

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Pep Guardiola, Sane hingga Kroos!Kelechi Iheanacho (skysports.com)

Berikutnya ada Kelechi Iheanacho yang dijual Pep saat menangani Manchester City. Pemain berkebangsaan Nigeria itu sudah menjadi bagian City sejak musim 2015/2016. Menjadi salah satu pemain muda potensial, ia justru tak mendapat kesempatan tampil saat ditangani Pep Guardiola.

Pada musim 2017/2018, ia pun dilepas Pep ke Leicester City. Saat itu biaya transfernya mencapai 27,7 juta euro atau setara dengan Rp485 miliar. Iheanacho hanya tampil dalam 29 pertandingan dengan torehan 7 gol dan 3 assist.

5. Toni Kroos (25 Juta Euro) 

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Pep Guardiola, Sane hingga Kroos!Toni Kroos (goal.com)

Toni Kroos tampaknya menjadi pemain yang cukup disesalkan pernah dijual Pep Guardiola. Bagaimana tidak, Kroos menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia setelah berseragam Real Madrid. Pemain berkebangsaan Jerman itu dijual Pep saat menangani Bayern Munchen.

Kroos yang merupakan lulusan akademi Bayern harus rela meninggalkan klub pada 2014/2015. Pemain yang kini berusia 31 tahun itu ditebus El Real dengan harga 25 juta euro atau setara dengan Rp438 miliar. Ia dimainkan Pep dalam 51 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 9 assist.

 

Pep Guardiola menjadi pelatih yang gemar merekrut pemain-pemain top dengan harga fantastis. Namun, dalam hal penjualan, nilai transfernya masih kalah jauh.

Baca Juga: 5 Pemain Hebat Ini Bisa Jadi Penerus Toni Kroos di Real Madrid

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya