5 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Ukraina, Mudryk Teratas!

Semuanya hengkang dari Shakhtar Donetsk

Premier Liga Ukraina adalah kasta teratas Liga Ukraina. Ada beberapa klub dari sana yang sering terdengar di kancah internasional, seperti Shakhtar Donetsk.

Meski dinilai kurang bergengsi, Liga Ukraina banyak melahirkan bintang sepak bola. Ada beberapa pemain top yang pernah mengembangkan karier di sana, di antaranya Fernandinho, Fred, dan Willian.

Belakangan muncul nama Mykhaylo Mudryk. Ia baru saja diboyong Chelsea. Mudryk kini menjadi pemain termahal yang dijual klub Liga Ukraina.

1. Mykhailo Mudryk diboyong Chelsea dengan biaya 70 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Ukraina, Mudryk Teratas!Mykhaylo Mudryk (twitter.com/ChelseaFC)

Mykhailo Mudryk menjadi pemain termahal yang dijual klub Liga Ukraina. Pemain Ukraina ini meninggalkan Shakhtar Donetsk dan bergabung dengan Chelsea pada pada Januari 2023.

Penampilannya yang impresif bersama Shakhtar membuat The Blues tak ragu mengeluarkan dana besar. Chelsea menebus Mudryk dengan harga cukup mahal, yaitu 70 juta euro atau setara dengan Rp1,1 triliun.

Mudryk sendiri bergabung dengan Shakhtar Donetsk pada Januari 2021. Selama bermain di Liga Ukraina, pemain 22 tahun ini mencatatkan 38 penampilan dengan mencetak 9 gol dan 13 assist.

2. Fred hengkang ke Manchester United setelah dibeli seharga 59 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Ukraina, Mudryk Teratas!Fred (premierleague.com)

Shakhtar Donetsk sebelumnya menjual beberapa pemain dengan harga mahal. Salah satunya adalah Fred, yang hengkang dari Shakhtar Donetsk ke Manchester United.

Gelandang asal Brasil ini juga mencatatkan nilai transfer tak kalah tinggi dengan Mudryk. Fred hengkang dari Liga Ukraina pada musim panas 2018 setelah ditebus MU dengan harga 59 juta euro atau setara dengan Rp964 miliar.

Pemain 29 tahun ini direkrut Shakhtar dari Internacional pada 2013. Selama 5 musim di Liga Ukraina, dia tampil dalam 92 pertandingan. Sebagai gelandang bertahan, Fred mencetak 9 gol dan 8 assist.

Baca Juga: 6 Pemain Ukraina yang Pernah Membela Klub London, Mudryk Teranyar 

3. Alex Teixeira menyeberang ke Jiangsu FC dengan biaya 50 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Ukraina, Mudryk Teratas!Alex Teixeira (twitter.com/AlexTeixeiraa)

Pemain lainnya yang hengkang dari Shakhtar Donetsk dengan harga mahal adalah Alex Teixeira. Pemain berkebangsaan Brasil itu dilepas Shakhtar pada Februari 2016 ke Liga China.

Tampil cukup baik bersama klub Ukraina tersebut, Teixeira ditebus Jiangsu FC dengan harga tinggi. Klub China tersebut rela merogoh kocek sebesar 50 juta euro atau setara dengan Rp817 miliar untuk dapatkan gelandang berkualitas ini.

Pemain yang kini berusia 33 tahun itu bermain di Liga Ukraina bersama Donetsk pada  Januari 2010. Teixeira mencatatkan 146 pertandingan di Liga Ukraina dengan torehan 67 gol dan 16 assist.

4. Fernandinho merapat ke Manchester City seharga 40 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Ukraina, Mudryk Teratas!Fernandinho (premierleague.com)

Sebelum pemain-pemain di atas, Fernandinho lebih dahulu hengkang dari Shakhtar Donetsk. Pada musim panas 2013, pemain Brasil tersebut dijual Shakhtar Donetsk ke Manchester City.

Saat itu, dia baru berusia 28 tahun. Fernandinho hengkang dari Liga Ukraina dengan harga 40 juta euro atau setara dengan Rp653 miliar.

Sang pemain sendiri bergabung dengan Shakhtar Donetsk pada 2005. Dia tampil di Liga Ukraina selama 8 musim dengan mencatatkan 184 penampilan. Pemain yang kini membela Athletico Paranaense itu mencetak 31 gol dan 37 assist.

5. Willian bergabung dengan Anzhi Makhachkala dengan tebusan 35 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Ukraina, Mudryk Teratas!Willian (uefa.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Willian, yang hengkang dari Liga Ukraina pada Januari 2013. Saat itu, pemain berkebangsaan Brasil ini dilepas Shakhtar Donetsk ke Anzhi Makhachkala. Klub Rusia itu menebus Willian dengan harga 35 juta euro atau setara dengan Rp571 miliar.

Willian sendiri hanya membela Shakhtar Donetsk selama berkarier di Liga Ukraina. Pemain berposisi penyerang sayap ini bergabung dengan mereka pada 2007. Dia mencatatkan 140 pertandingan Liga Ukraina dengan torehan 20 gol dan 44 assist.

Shakhtar Donetsk benar-benar menjadi klub Ukraina yang meraih banyak keuntungan. Bukan tidak mungkin akan ada rekor transfer baru dari Liga Ukraina.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea Pengguna Nomor Punggung 15 sebelum Mykhaylo Mudryk

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya