Comscore Tracker

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Scottish Premiership, Ada van Dijk!

Pemain Celtic mendominasi!

Skotlandia merupakan salah satu negara di Britania Raya. Scottish Premiership adalah kompetisi sepak bola kasta teratas di Skotlandia. Sepak bola di Skotlandia memang identik dengan dua klub ternama, Rangers dan Celtic. Scottish Premiership sendiri sebenarnya diikuti 12 klub setiap musimnya.

Meskipun dinilai kurang bergengsi, Liga Skotlandia banyak melahirkan bintang-bintang sepak bola. Ada beberapa pemain top yang pernah mengembangkan karier di Skotlandia, di antaranya Virgil van Dijk dan Mikel Arteta. Bahkan, van Dijk menjadi salah satu pemain termahal saat hengkang dari Scottish Premiership. Berikut daftar pemain termahal yang pernah dijual klub Scottish Premiership.

1. Kieran Tierney (27 Juta Euro)

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Scottish Premiership, Ada van Dijk!Kieran Tierney (goal.com/Julian Finney/Getty Images)

Pemain termahal yang pernah dijual klub Scottish Premiership adalah Kieran Tierney. Pemain berkebangsaan Skotlandia itu tampil meyakinkan bersama Celtic hingga dilirik klub top.

Akhirnya, ia direkrut Arsenal pada musim 2019/2020. Saat itu, The Gunners menggelontorkan dana sebesar 27 juta euro atau setara dengan Rp474 miliar.

2. Moussa Dembele (22 Juta Euro)

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Scottish Premiership, Ada van Dijk!Moussa Dembele (goal.com)

Berikutnya ada Moussa Dembele yang sempat diincar banyak klub beberapa musim lalu. Sebelum bersinar bersama Olympique Lyon, penyerang asal Prancis itu mengembangkan kariernya bersama Celtic.

Kepindahannya dari Celtic ke Lyon terjadi pada musim 2018/2019. Lyon menebus Dembele dengan harga 22 juta euro atau setara dengan Rp386 miliar.

3. Virgil van Dijk (15,7 Juta Euro)

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Scottish Premiership, Ada van Dijk!Virgil van Dijk (nytimes.com)

Virgil van Dijk menjelma salah satu bek tengah terbaik setelah berseragam Liverpool. Sebelumnya, pemain berkebangsaan Belanda ini pernah mencoba beberapa peruntungan bersama beberapa klub.

Salah satu klub yang ia bela adalah Celtic hingga akhirnya hengkang ke Southampton pada musim 2015/2016. Saat itu, Soton mengeluarkan dana sebesar 15,7 juta euro atau setara dengan Rp276 miliar untuk memboyong van Dijk.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool yang Menggunakan Nomor Punggung 4 sebelum Van Dijk

4. Victor Wanyama (14,5 Juta Euro)

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Scottish Premiership, Ada van Dijk!Victor Wanyama (bleacherreport.com/Steve Bardens/Getty Images)

Victor Wanyama pernah menjadi andalan Tottenham Hotspur dalam beberapa musim. Sebelum bergabung dengan Spurs, Wanyama juga merupakan pemain yang diboyong Southampton dari Celtic.

Kepindahannya ke Southampton tersebut terjadi pada musim 2013/2014 dengan melibatkan dana sebesar 14,5 juta euro atau setara dengan Rp254 miliar. Saat ini ia bermain di MLS bersama Montreal Impact.

5. Alan Hutton (13 Juta Euro)

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Scottish Premiership, Ada van Dijk!Alan Hutton (eurosport.com)

Berbeda dengan empat pemain sebelumnya, pemain keempat ini hengkang dari Scottish Premiership setelah membela Rangers FC.

Alan Hutton pindah dari Rangers ke Tottenham Hotspur pada musim 2007/2008. Saat itu Spurs memboyong bek asal Skotlandia itu dengan harga 13 juta euro atau setara dengan Rp228 miliar.

6. Fraser Forster (12,5 Juta Euro)

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Scottish Premiership, Ada van Dijk!Fraser Forster (goal.com)

Fraser Forster adalah kiper yang diandalkan oleh Southampton saat ini. Sebelumnya, kiper berkebangsaan Inggris ini juga diboyong Soton dari Celtic.

Transfer tersebut terjadi pada musim 2014/2015 dengan biaya sebesar 12,5 juta euro atau setara dengan Rp219 miliar.

7. Aiden McGeady (12 Juta Euro)

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Scottish Premiership, Ada van Dijk!Aiden McGeady (skysports.com)

Jika banyak pemain dalam daftar ini yang hengkang ke liga top Eropa, Aiden McGeady pindah dari Scottish Premiership ke Liga Russia.

Pemain berkebangsaan Irlandia itu dijual Celtic ke Spartak Moscow. Transfer yang terjadi pada musim 2010/2011 melibatkan mahar senilai 12 juta euro atau setara dengan Rp211 miliar. 

8. Jean-Alain Boumsong (11,3 Juta Euro)

8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Scottish Premiership, Ada van Dijk!Jean-Alain Boumsong (chroniclelive.co.uk)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Jean-Alain Boumsong yang berposisi sebagai bek tengah. Pemain berkebangsaan itu hengkang dari Rangers FC ke Newcastle United pada musim 2004/2005.

Saat itu, Newcastle menebus Boumsong dengan biaya transfer sebesar 11,3 juta euro atau setara dengan Rp198 miliar.

 

Nilai transfer pemain-pemain tersebut memang kalah fantastis dengan liga lainnya. Namun, mayoritas dari mereka masih berusia cukup muda saat hengkang dari Scottish Premiership.

Baca Juga: 5 Pelatih Asal Skotlandia Paling Sukses di Liga Inggris, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya