5 Pemain Termahal yang Dijual PSV Eindhoven ke Klub EPL, Gakpo Teratas

Cody Gakpo dijual PSV ke Liverpool

PSV Eindhoven menjadi salah satu klub Eredivisie Belanda yang kerap melahirkan pemain-pemain potensial. Setelah tampil apik bersama PSV, tak sedikit pemain yang kemudian jadi incaran klub-klub elite Eropa.

Terbaru, ada Cody Gakpo yang resmi bergabung dengan Liverpool. Sebagai pemain muda bertalenta, ia diboyong Liverpool dengan mahar yang tak sedikit.

Sebelum Gakpo, ada beberapa pemain lain yang pernah dijual PSV ke klub English Premier League (EPL). Mereka juga dijual PSV dengan harga yang cukup tinggi.

Siapa saja pemain termahal yang dijual PSV Eindhoven ke klub EPL.

1. Cody Gakpo ke Liverpool (42 juta euro)

5 Pemain Termahal yang Dijual PSV Eindhoven ke Klub EPL, Gakpo TeratasCody Gakpo diboyong Liverpool (liverpoolfc.com)

Pemain termahal yang pernah dijual PSV Eindhoven ke klub Premier League adalah Cody Gakpo. Performa apiknya bersama PSV serta Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 membuat Gakpo menjadi buruan klub elite.

Akhirnya, Liverpool menjadi klub yang beruntung mendapatkan tanda tangannya. Demi mendatangkan pemain 23 tahun ini, The Reds mengeluarkan kocek sebesar 42 juta euro atau setara dengan Rp698 miliar.

Gakpo sendiri merupakan pemain yang berposisi sebagai sayap kiri. Pemain PSV Eindhoven tersebut musim ini telah mengoleksi 29 pertandingan dengan torehan 15 gol dan 18 assist.

2. Memphis Depay ke Manchester United (34 juta euro)

5 Pemain Termahal yang Dijual PSV Eindhoven ke Klub EPL, Gakpo TeratasMemphis Depay (twitter.com/ManUtd)

Berikutnya yaitu Memphis Depay yang dijual ke Manchester United. Transfer yang terjadi pada 2015/2016 ini melibatkan dana sebesar 34 juta euro atau setara dengan Rp580 miliar.

Saat itu, usianya masih 21 tahun dan tentu saja bisa menjadi bintang masa depan Manchester United. Menggunakan nomor 7 MU, ia pun digadang-gadang sebagai penerus Cristiano Ronaldo.

Meski begitu, ekspektasi itu ternyata menjadi beban bagi Depay yang hanya mampu mencetak 7 gol dari 53 pertandingan. Pada Januari 2017, akhirnya ia hengkang ke Olympique Lyon dengan harga 16 juta euro atau sekitar Rp273 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Termahal di Premier League 2022/2023, Haaland Termahal!

3. Steven Bergwijn ke Tottenham Hotspur (30 juta euro)

5 Pemain Termahal yang Dijual PSV Eindhoven ke Klub EPL, Gakpo TeratasSteven Bergwijn (premierleague.com)

Tottenham Hotspur juga tak mau kalah dalam merekrut pemain PSV Eindhoven. Steven Bergwijn menjadi pemain yang diboyong Spurs dari klub Eredivisie tersebut.

Pemain berkebangsaan Belanda ini diboyong The Lylywhites pada Januari 2020 lalu. Masih berusia 22 tahun, Bergwijn didatangkan Spurs dengan mahar sebesar 30 juta euro atau setara dengan Rp494 miliar.

Tak mampu bersaing di Premier League, Bergwijn kembali ke Eredivisie pada musim panas 2022. Bukan kembali ke PSV, Bergwijn justru membela rivalnya, yakni Ajax Amsterdam.

4. Ruud van Nistelrooy ke Manchester United (28,5 juta euro)

5 Pemain Termahal yang Dijual PSV Eindhoven ke Klub EPL, Gakpo TeratasRuud van Nistelrooy (premierleague.com)

Jauh sebelum pemain-pemain tersebut, Ruud van Nistelrooy lebih dahulu jadi pemain termahal yang dijual PSV ke klub Premier League. Ia diboyong Manchester United pada 2001/2002 dengan harga 28,5 juta euro atau setara dengan Rp468 miliar.

Bertahan hingga 2005/2006, Nistelrooy memiliki catatan mengesankan. Ia berhasil mengantarkan Manchester United menjuarai Premier League sebanyak satu kali.

Bersama The Reds Devils, Nistelrooy telah tampil dalam 150 laga dan sukses mencatatkan 95 gol serta 14 assist. Penghargaan pribadi lainnya yang diraih adalah Player of the Month sebanyak tiga kali, Golden Boot, hingga Player of the Season. 

5. Georginio Wijnaldum ke Newcastle United (20 juta euro)

5 Pemain Termahal yang Dijual PSV Eindhoven ke Klub EPL, Gakpo TeratasGeorginio Wijnaldum (twitter.com/NUFC)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Georginio Wijnaldum. Pemain berposisi gelandang ini dijual PSV Eindhoven ke Newcastle United pada 2015/2016.

Newcastle mengeluarkan dana sebesar 20 juta euro atau setara dengan Rp329 miliar untuk dapatkan pemain Belanda tersebut. Ia kemudian tampil apik bersama The Magpies.

Hanya membela Newcastle United dalam semusim, ia catatkan 40 pertandingan dengan torehan 11 gol dan 5 assist. Hingga akhirnya, ia diboyong klub elite Premier League, Liverpool, pada musim panas 2016.

Dari pemain-pemain tersebut, ada yang gagal, tetapi banyak juga yang sukses. Patut kita nantikan kiprah Gakpo bersama Liverpool.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda Termahal yang Diboyong Klub Premier League, Ada Gakpo

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya