Comscore Tracker

6 Pemain Termahal yang Direkrut Sir Alex Ferguson untuk MU

Bukan CR7 atau David Beckham lho!

Sir Alex Ferguson adalah mantan pelatih Manchester United yang bisa dibilang sangat sukses. Melatih United sejak 1986 hingga 2013, Ferguson telah memberikan banyak gelar untuk Setan merah. Kesuksesannya tersebut tak lepas dari pemain-pemain berkualitas yang ia rekrut.

Tak sedikit pemain yang ia datangkan menjadi legenda di MU. Pelatih berkebangsaan Skotlandia ini sangat lihai meracik para pemain muda hingga menjadi pemain bintang. Cristiano Ronaldo hingga Ryan Giggs adalah contoh pemain bintang hasil didikan Ferguson. Dari banyaknya pemain yang ia rekrut, siapa yang pemain termahal? Berikut ulasannya. 

1. Rio Ferdinand - 46 juta euro

6 Pemain Termahal yang Direkrut Sir Alex Ferguson untuk MUpremierleague.com

Pemain termahal yang pernah direkrut Alex Ferguson bersama Manchester United adalah Rio Ferdinand. Pemain asal Inggris ini direkrut Ferguson dari tim Inggris lainnya, Leeds United. Ferdinand bergabung dengan United pada musim panas 2002 dengan mahar senilai 46 juta euro.

Pembelian mahal Ferguson tersebut pun tak sia-sia, Ferdinand menjelma menjadi benteng kokoh di lini belakang MU. Selama 12 musim membela Setan merah, Ferdinand mencatatkan 455 penampilan. Ia juga dipercaya menjadi kapten dalam beberapa musim. Ferdinand memutuskan gantung sepatu pada tahun 2015.

2. Juan Sebastian Veron - 42,6 juta euro

6 Pemain Termahal yang Direkrut Sir Alex Ferguson untuk MUmanchestereveningnews.co.uk

Setahun sebelum dipecahkan Ferdinand, Juan Sebastian Veron sempat menjadi pemain termahal. Veron adalah pemain asal Argentina yang berposisi sebagai gelandang. Ferguson memboyong Veron dari klub Serie A, yakni Lazio dengan harga sebesar 42,6 juta euro. Karier Veron bersama United tak bertahan lama.

Dua musim berselang, ia dijual MU ke Chelsea dengan harga jauh menurun yaitu 21,5 juta euro. Selama membela Setan merah, Veron telah tampil dalam 82 laga. Ia mencatatkan 11 gol dan 11 assist di semua kompetisi. Veron mengakhiri karier sepak bolanya pada tahun 2017. 

3. Dimitar Berbatov - 38 juta euro

6 Pemain Termahal yang Direkrut Sir Alex Ferguson untuk MUpremierleague.com

Pemain termahal ketiga adalah seorang striker, yaitu Dimitar Berbatov. Pemain asal Bulgaria ini diboyong Ferguson dari Tottenham Hotspur ke Manchester United pada musim panas 2008. Setan merah harus merogoh kocek sebesar 38 juta euro untuk dapatkan Berbatov.

Tak terlalu tampil mengesankan, Berbatov hanya bertahan empat musim di Old Trafford. Ia  memutuskan pindah ke tim Premier League lain yakni Fulham pada tahun 2012. Bersama United, Berbatov berhasil mencetak 56 gol dari 149 pertandingan. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2018 ini juga mencatatkan 27 assist

Baca Juga: Inilah 11 Pemain yang Paling Sering Dimainkan oleh Sir Alex Ferguson

4. Wayne Rooney - 37 juta euro 

6 Pemain Termahal yang Direkrut Sir Alex Ferguson untuk MUgoal.com

Wayne Rooney menjadi salah satu pemain rekrutan Ferguson yang sukses bersama Manchester United. Rooney bergabung dengan United pada musim panas 2004 dari Everton. Demi datangkan striker Inggris tersebut, Setan merah menggelontorkan dana sebesar 37 juta euro. Rooney bertahan cukup lama di Old Trafford, yakni selama 13 musim.

Kemudian ia kembali ke tim lamanya pada tahun 2017. Berbagai gelar telah dipersembahkan Rooney untuk United. Ia telah tampil dalam 559 laga bersama Setan merah di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut, Rooney sukses mencetak 253 gol serta 146 assist

5. Anderson - 31,5 juta euro 

6 Pemain Termahal yang Direkrut Sir Alex Ferguson untuk MUmirror.co.uk

Anderson adalah pemain rekrutan Ferguson di Manchester United yang berasal dari Brasil. United memboyong Anderson pada musim panas 2007 dari klub Portugal, FC Porto. Anderson ditebus United dengan harga mencapai 31,5 juta euro. Meskipun bertahan hingga 2014 di Old Trafford, namun karier Anderson tak berjalan mulus.

Ia sempat kesulitan menembus tim utama di bawah asuhan Ferguson. Pemain berposisi gelandang ini juga sempat dipinjamkan ke Fiorentina pada Januari 2014 selama setengah musim. Anderson mencatatkan 181 penampilan dan hanya mencetak 9 gol dan 21 assist selama membela Setan merah.

6. Robin Van Persie - 30,7

6 Pemain Termahal yang Direkrut Sir Alex Ferguson untuk MUmanutd.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Robin Van Persie. Striker asal Belanda inj direkrut Ferguson dari tim rival yaitu Arsenal pada tahun 2012. Meskipun hanya tiga musim berseragam United, namun penampilan Van Persie cukup mengesankan.

Demi datangkan Van Persie, United harus mengeluarkan dana sebesar 30,7 juta euro. Bersama Setan merah, Robin Van Persie telah tampil dalam 105 laga. Sebagai striker, ia mencatatkan 58 gol dan 21 assist. 

Itulah enam pemain termahal yang pernah direkrut Sir Alex Ferguson saat menangani Manchester United. Dari pembelian Ferguson, siapa pemain yang paling berkesan bagi kamu? 

Baca Juga: 5 Pemain Ini Pernah Berseragam Manchester United dan City, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya