10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Bundesliga Sepanjang Sejarah

Kualitas tak diragukan lagi!

Bundesliga menjadi salah satu kompetisi yang tak kalah bergengsi dibanding liga top Eropa lain. Kasta teratas liga Jerman tersebut kerap kali menghasilkan pemain-pemain potensial yang menjadi incaran klub liga top Eropa. Pemain dari Bundesliga menjadi salah satu favorit tim elite untuk direkrut.

Tak sedikit pemain yang hengkang dari Bundesliga dan melanjutkan kariernya di liga top lain. Awal musim 2020/2021 ini cukup banyak pemain yang hengkang dari Bundesliga dengan nilai transfer yang fantastis. Berikut daftar pemain termahal yang hengkang dari Bundesliga sepanjang sejarah.

1. Ousmane Dembele ke Barcelona - 130 juta euro

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Bundesliga Sepanjang Sejarahle10sport.com

Pemain termahal yang hengkang dari Bundesliga sepanjang sejarah adalah Ousmane Dembele. Pemain Prancis ini direkrut Barcelona dengan harga tinggi pada musim 2017/2018. Barca tertarik mendatangkan Dembele dari Borussia Dortmund yang saat itu masih berusia 20 tahun. Dengan talenta yang dimilikinya, Barca berani menebusnya dengan harga hingga 125 juta euro.

2. Kai Havertz ke Chelsea - 80 juta euro

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Bundesliga Sepanjang Sejaraheurosport.com

Diurutan kedua ada Kai Havertz yang menjadi melanjutkan kariernya di Premier League. Pemain muda berusia 21 tahun tersebut menjadi salah satu pemain terbaru yang hengkang dari Bundesliga pada awal musim 2020/2021 ini. Tampil cukup mengesankan di Bundesliga, pemain gelandang serang ini direkrut Chelsea dari Bayer Leverkusen dengan harga 80 juta euro. 

3. Kevin De Bruyne ke Manchester City - 76 juta euro

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Bundesliga Sepanjang Sejarahpremierleague.com

Sebelum Kai Havertz, Kevin De Bruyne lebih dulu tercatat sebagai pemain termahal hengkang dari Bundesliga ke Premier League. Pemain asal Belgia ini hijrah dari Wolfsburg ke Manchester City pada musim 2015/2016. City harus mengeluarkan dana sebesar 76 juta euro demi dapatkan pemain yang saat itu berusia 24 tahun tersebut. 

4. Christian Pulisic ke Chelsea - 64 juta euro

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Bundesliga Sepanjang Sejarahpremierleague.com

Christian Pulisic menjadi pemain termahal selanjutnya yang hengkang dari Bundesliga sepanjang sejarah. Pemain Amerika Serikat ini pindah ke Premier League setelah ditebus Chelsea sebesar 64 juta euro dari Borussia Dortmund. Chelsea sudah mengikat pemain Amerika Serikat tersebut sejak musim 2018/2019, namun ia baru bergabung pada musim 2019/2020.

5. Pierre-Emerick Aubameyang ke Arsenal - 63,75 juta euro

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Bundesliga Sepanjang Sejaraharsenal.com

Sebelum Pulisic, Borussia Dortmund juga telah menjual pemainnya ke tim Premier League. Pemain tersebut yaitu Pierre-Emerick Aubameyang yang hengkang ke Arsenal pada Januari 2018. The Gunners juga harus mengeluarkan dana  besar untuk dapatkan pemain Gabon tersebut, yakni sebesar 63,75 juta euro. 

Baca Juga: 8 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Bundesliga, Lewandowski Teratas

6. Luka Jovic ke Real Madrid - 60 juta euro

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Bundesliga Sepanjang Sejarah90min.com

Tak hanya Barcelona, klub LaLiga lainnya yang merekrut pemain Bundesliga dengan harga tinggi ada Real Madrid. Luka Jovic menjadi pemain yang hengkang dari Bundesliga dan bergabung dengan El Real. Madrid memboyong pemain Serbia tersebut dari Eintracht Frankfurt pada musim 2019/2020. Saat itu pemain berposisi striker ini masih berusia 21 tahun dan ditebus dengan mahar 60 juta euro.

7. Naby Keita ke Liverpool - 60 juta euro

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Bundesliga Sepanjang Sejarahliverpool.com

Tak mau kalah dengan tim Premier League lainnya, Liverpool juga turut merekrut pemain dari Bundesliga. Pada musim 2018/2019, The Reds mendatangkan pemain berposisi sebagai gelandang. Pemain tersebut yaitu Naby Keita yang direkrut dari RB Leipzig. Mereka harus merogoh kocek hingga 60 juta euro untuk dapatkan pemain Guinea tersebut.

8. Timo Werner ke Chelsea - 53 juta euro

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Bundesliga Sepanjang Sejarahgoal.com

Sebelum meresmikan transfer Havertz, Chelsea lebih dulu mengumumkan pemain baru lainnya pada musim ini yang berasal dari Jerman, Timo Werner. Striker 24 tahun tersebut tampil impresif selama berseragam RB Leipzig. Hal tersebut membuat The Blues rela merogoh kocek sebesar 53 juta euro untuk dapatkan Werner. 

9. Leroy Sane ke Manchester City - 52 juta euro

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Bundesliga Sepanjang Sejarahmancity.com

Pemain berikutnya juga tak kalah mahal dari binatang Bundesliga lainnya yang hengkang ke Premier League. Pemain tersebut yaitu Leroy Sane yang diboyong Manchester City dari FC Schalke pada musim 2016/2017. Sane didatangkan City ke Etihad Stadium setelah membayar biaya transfer sebesar 52 juta euro. 

10. Sebastian Haller ke West Ham United - 50 juta euro

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Bundesliga Sepanjang Sejarahwhufc.com

Tak hanya tim-tim elite Premier League, West Ham United juga merekrut salah satu pemain Bundesliga dengan harga tinggi yaitu Sebastian Haller. Pemain asal Prancis ini bergabung dengan The Hammers setelah meninggalkan Eintracht Frankfurt pada musim 2019/2020. Dinilai memiliki potensi yang cukup baik sebagai striker, Haller ditebus West Ham dengan harga 50 juta euro.

Mayoritas pemain yang hengkang dari Bundesliga masih berusia cukup muda. Tentunya diboyong dengan mahar tinggi, mereka dipercaya dapat menghadirkan penampilan yang apik. Adakah pemain yang hengkang ke klub favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Pengabdian Terlama di Klub Bundesliga, Setia!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya