10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Ligue 1, Deretan Bintang Muda!

Bernilai fantastis lho!

Ligue 1 menjadi salah satu liga top Eropa yang merupakan kasta teratas liga Prancis. Meskipun kurang populer di banding liga lainnya, Ligue 1 memiliki pemain-pemain yang tak kalah berkualitas. Tak jarang, pemain-pemain Ligue 1 khususnya pemain muda jadi incaran tim-tim elite Eropa lainnya.

Hingga kini, ada beberapa pemain yang hengkang dari Ligue 1 dengan harga tinggi. Salah satunya yaitu Wesley Fofana yang baru saja bergabung dengan Leicester City. Meskipun sudah cukup tinggi, nilai transfer Fofana masih kalah dengan pemain sebelumnya yang juga hengkang dari Ligue. Berikut daftar pemain termahal yang hengkang dari Ligue 1.

1. Nicolas Pepe hengkang ke Arsenal - 80 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Ligue 1, Deretan Bintang Muda!goal.com

Pemain termahal yang hengkang dari Ligue 1 adalah Nicolas Pepe yang bergabung Arsenal pada awal musim 2019/2020. Pepe merupakan pesepak bola asal Pantai Gading yang berposisi sebagai sayap kanan. The Gunners merekrut Pepe setelah tampil mengesankan bersama LOSC Lille. Pemain yang saat itu berusia 24 tahun ini ditebus Arsenal dengan mahar senilai 80 juta euro. 

2. James Rodriguez hengkang ke Real Madrid - 75 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Ligue 1, Deretan Bintang Muda!skysports.com

Sebelum dipecahkan Pepe, James Rodriguez juga sempat menjadi pemain termahal yang hengkang dari Ligue 1. Pada musim 2014/2015, pemain asal Kolombia tersebut bergabung dengan Real Madrid. El Real terpikat setelah James tampil luar biasa di Piala Dunia 2014. Madrid menggelontorkan dana sebesar 75 juta euro untuk mendatangkan James dari AS Monaco.

4. Victor Osimhen hengkang ke Napoli - 70 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Ligue 1, Deretan Bintang Muda!twitter.com/en_sscnapoli

Pemain lainnya yang hengkang dari LOSC Lille ada Victor Osimhen. Osimhen meninggalkan Lille pada awal musim 2020/2021 ini. Striker asal Nigeria tersebut direkrut salah satu klub top Serie A, yakni Napoli. Baru berusia 21 tahun, Osimhen diboyong Napoli dengan harga 70 juta euro.

4. Thomas Lemar hengkang ke Atletico Madrid - 70 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Ligue 1, Deretan Bintang Muda!transfermarkt.com

Pemain berikutnya ada Thomas Lemar yang menjadi rekrutan Atletico Madrid. Saat dipinang dari AS Monaco, Lemar masih berusia cukup muda, yakni 22 tahun. Klub LaLiga tersebut rela mengeluarkan mahar 70 juta euro pada musim 2018/19. Lemar sendiri merupakan pemain berkebangsaan Prancis yang berposisi sayap kiri.

5. Tanguy Ndombele hengkang ke Tottenham Hotspur - 60 juta euro

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Ligue 1, Deretan Bintang Muda!premierleague.com

Sama seperti Nicolas Pepe, Tanguy Ndombele juga menjadi pemain yang hengkang dari Ligue 1 ke Premier League. Ndombele didatangkan Tottenham Hotspur dari Olympique Lyon pada musim 2019/2020. Demi dapatkan gelandang bertahan ini, Spurs menggelontorkan dana hingga 60 juta euro. Ndombele menjadi gelandang Prancis selanjutnya yang bermain di Premier League dan saat itu baru berusia 23 tahun.

Baca Juga: 8 Pemain Termahal yang Direkrut Chelsea dari Klub Ligue 1, Nama Besar!

6. Anthony Martial hengkang ke Manchester United - 60 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Ligue 1, Deretan Bintang Muda!premierleague.com

Jauh sebelum Nicolas Pepe dan Tanguy Ndombele, Anthony Martial lebih dulu menjadi pemain yang hengkang dari Ligue 1 ke Premier League. Striker asal Prancis ini direkrut Manchester United pada musim 2015/2016. United menebus Martial dari AS Monaco dengan dana sebesar 60 juta euro. Saat itu Martial baru berusia 19 tahun dan digadang-gadang menjadi penerus striker tajam di Setan merah. 

7. Benjamin Mendy hengkang ke Manchester City - 57,5 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Ligue 1, Deretan Bintang Muda!mancity.com

Tim sekota United yaitu Manchester City juga beberapa kali merekrut pemain dari Ligue 1. Salah satunya yaitu Benjamin Mendy yang didatangkan City dari AS Monaco. Transfer yang terjadi pada musim 2017/2018 tersebut, The Citizens mengeluarkan dana hingga 57,5 juta euro. Mendy merupakan bek kiri potensial yang berkebangsaan Prancis.

8. Alexandre Lacazette hengkang ke Arsenal - 53 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Ligue 1, Deretan Bintang Muda!arsenal.com

Arsenal seperti ingin mengulang kesuksesan mereka saat merekrut pemain dari Ligue 1. Sebelum Pepe, The Gunners juga merekrut striker dari Ligue 1 yaitu Alexandre Lacazette. Arsenal mendatangkan Lacazette dari Olympique Lyon pada musim 2017/2018. Saat itu Lacazette masih berusia 26 tahun dan ditebus Arsenal dengan mahar senilai 53 juta euro.

9. Bernardo Silva hengkang ke Manchester City - 50 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Ligue 1, Deretan Bintang Muda!mancity.com

Pada musim 2017/2018, Manchester City juga merekrut pemain dari salah satu klub Ligue 1. Pemain tersebut yaitu Bernardo Silva yang didatangkan City dari AS Monaco. Pemain berposisi sayap kanan ini langsung bisa masuk dalam skuat utama Pep Guardiola. Saat itu Silva baru berusia 22 tahun dan ditebus City dengan harga mencapai 50 juta euro. 

10. Ferland Mendy hengkang ke Real Madrid - 48 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Ligue 1, Deretan Bintang Muda!goal.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Ferland Mendy. Pemain berkebangsaan Prancis tersebut diharapkan Real Madrid bisa menjadi penerus Marcelo yang kini tak lagi muda. Pada musim 2019/2020, El Real memboyong Ferland Mendy dari Olympique Lyon. Bek kiri berusia 24 tahun tersebut diboyong Madrid dengan harga 48 juta euro

Pemain muda yang "dihasilkan" oleh klub-klub Ligue 1 memang gak main-main. Mahar tinggi dikeluarkan klub Eropa lainnya. Namuan, gak semua bersinar lho di luar Liga Prancis.

Nah, menurutmu, siapa pemain muda yang paling bersinar setelah tinggalkan klub Ligue 1?

Baca Juga: 8 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Ligue 1 Prancis, Pemain Berbakat!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya