Comscore Tracker

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Ajax, Rata-rata Muda dan Jago!

Ajax untung besar nih!

Ajax Amsterdam adalah salah satu klub sepak bola populer dari Belanda. Ajax dikenal sebagai penghasil pemain muda bertalenta yang menjadi buruan tim-tim elite Eropa lain. Mereka tak pernah kehabisan pemain muda berkualitas setiap musimnya.

Johan Cruyff hingga yang terbaru ada Matthijs de Ligt adalah bukti bahwa akademi Ajax menjadi salah satu yang terbaik. Ajax pun mendapat keuntungan yang cukup besar dari penjualan pemain-pemain mudanya tersebut. Lalu, siapa saja pemain termahal yang pernah dijual Ajax? Berikut ulasannya. 

1. Matthijs de Ligt - 85,5 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Ajax, Rata-rata Muda dan Jago!metro.co.uk

Pemain termahal yang pernah dijual Ajax dalam sejarah adalah Matthijs de Ligt. Pemain berposisi bek ini ditebus Juventus dengan harga 85,5 juta euro atau setara dengan Rp1,4 triliun pada awal musim ini. Keberanian Juve membayar de Ligt dengan harga tinggi bukannya tanpa alasan.

Di usianya yang baru 19 tahun, de Ligt sudah dipercaya menjadi kapten Ajax. Ia pun sukses mengantarkan Ajax menjadi juara Eredivisie dan tampil mengejutkan di Liga Champions. Selama tim utama Ajax, de Ligt telah tampil dalam 177 laga dengan catatan 13 gol. 

2. Frenkie De Jong - 75 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Ajax, Rata-rata Muda dan Jago!fcbarcelona.com

Sama seperti Matthijs de Ligt, Frenkie De Jong juga baru meninggalkan Ajax pada awal musim ini. Pemain berusia 22 tahun ini bergabung dengan tim raksasa Spanyol, Barcelona. Pemain gelandang ini dilepas Ajax dengan mahar senilai 75 juta euro atau setara dengan Rp1,2 triliun.

Harga tersebut dinilai sebanding dengan kualitas yang dimiliki De Jong selama membela Ajax. Bersama Ajax, De Jong telah mencatatkan 89 penampilan di semua kompetisi. Ia berhasil mencetak 6 gol serta 13 assist

3. Hakim Ziyech - 40 juta euro 

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Ajax, Rata-rata Muda dan Jago!goal.com

Pemain termahal berikutnya ada Hakim Ziyech yang telah resmi dikontrak Chelsea. Meskipun sudah capai kesepakatan, namun Ziyech baru akan meninggalkan Ajax pada musim depan. Chelsea menggelontorkan dana sebesar 40 juta euro atau setara dengan Rp653 miliar untuk dapatkan Ziyech.

Pemain berusia 26 tahun ini merupakan pemain sayap yang berasal dari Maroko. Ziyech bergabung dengan Ajax sejak musim panas 2016. Sejauh ini, ia telah tampil dalam 165 pertandingan bersama Ajax. Ziyech sukses mencatatkan 48 gol dan 82 assist

Baca Juga: Sudah Pensiun, 10 Potret Terbaru Mantan Kiper Ajax Edwin van der Sar

4. Davinson Sanchez - 40 juta euro 

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Ajax, Rata-rata Muda dan Jago!premierleague.com

Selain Matthijs de Ligt, pemain bek tengah yang juga dijual dengan harga tinggi oleh Ajax adalah Davinson Sanchez. Ia merupakan pemain asal Kolombia yang dijual Ajax ke Tottenham Hotspur pada musim panas 2017.

Sanchez ditebus Spurs dengan mahar sebesar 40 juta euro atau setara dengan Rp653 miliar. Saat itu, Sanchez baru berusia 21 tahun dan telah membela Ajax selama satu musim. Ia mencatatkan 47 penampilan bersama Ajax dengan torehan 7 gol dan 2 assist.

5. Arkadiusz Milik - 32 juta euro 

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Ajax, Rata-rata Muda dan Jago!sportal.it

Sebelum pemain-pemain tersebut, Arkadiusz Milik sempat menjadi pemain termahal yang dijual Ajax. Milik dijual Ajax pada musim panas 2016 ke klub Serie A, yakni Napoli. Ajax melepas pemain asal Polandia tersebut dengan harga 32 juta euro atau setara dengan Rp522 miliar.

Saat itu, Milik baru berusia 22 tahun dan menjadi striker yang berbahaya. Meskipun hanya dua musim bersama Ajax, namun Milik berhasil mencatatkan 21 gol dari 47 penampilan. 

Pemain-pemain tersebut memberikan banyak keuntungan bagi Ajax. Siapa pemain yang paling bersinar selama membela Ajax?

Baca Juga: Tak Hanya Inter dan Ajax, Ini 8 Tim UCL yang Masuk ke Europa League 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya