Comscore Tracker

10 Pemain Termahal yang Pernah Dijual AS Monaco, Deretan Bintang Muda!

Bernardo Silva hingga Kylian Mbappe!

AS Monaco merupakan salah satu klub peserta Ligue 1 Prancis. Klub yang bermarkas di Stade Louis-II ini dikenal sebagai tim yang melahirkan bakat-bakat muda pesepak bola. Tak sedikit mantan pemain Monaco yang kini menjadi andalan tim-tim elite Eropa lain. Mayoritas dari mereka direkrut saat masih berusia muda. Hal tersebut tak terlepas dari penampilan impresifnya saat membela Monaco.

Meskipun masih belia, Monaco tak ragu memainkannya di skuat utama. Hasilnya pun tak mengecewakan, Monaco berhasil menjadi juara Ligue dalam beberapa edisi. Tak hanya itu, penjualan para pemain mudanya juga menghasilkan pundi-pundi keuntungan. Berikut sepuluh pemain termahal yang dijual Monaco. 

1. Kylian Mbappe - 145 juta euro

10 Pemain Termahal yang Pernah Dijual AS Monaco, Deretan Bintang Muda!en.as.com

Pemain termahal Monaco tentu sudah tak asing lagi bagi penggemar sepak bola yaitu Kylian Mbappe. Penyerang muda ini menjadi bintang Monaco saat meraih gelar Ligue 1 2016/2017. Hal tersebut membuat raksasa Ligue 1, Paris Saint-Germain, mengincarnya. Musim berikutnya Mbappe dipinjam oleh PSG sebelum akhirnya dipermanenkan pada musim 2018/2019. Saat itu Mbappe masih berusia 19 tahun dan ditebus dengan harga 145 juta euro. 

2. James Rodriguez - 75 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Pernah Dijual AS Monaco, Deretan Bintang Muda!skysports.com

Sebelum Mbappe, James Rodriguez lebih dulu menjadi pemain termahal yang dijual Monaco. Pemain asal Kolombia ini direkrut Real Madrid pada musim 2014/2015. El Real rela menggelontorkan dana sebesar 75 juta euro demi dapatkan pemain yang saat itu berusia 23 tahun. Gelandang serang ini masih membela Madrid hingga kini. 

3. Thomas Lemar - 70 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Pernah Dijual AS Monaco, Deretan Bintang Muda!transfermarkt.com

Thomas Lemar menjadi pemain termahal berikutnya yang dijual ke Atletico Madrid. Saat itu Lemar masih berusia 22 tahun dan cukup bersinar sebagai gelandang di Monaco. AS Monaco melepas Lemar pada musim 2018/2019 dengan harga 70 juta euro. Kini pemain Prancis tersebut masih menjadi bagian Atletico. 

4. Anthony Martial - 60 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Pernah Dijual AS Monaco, Deretan Bintang Muda!premierleague.com

Mungkin tak banyak orang tahu kalau Anthony Martial merupakan eks AS Monaco. Striker yang kini membela Manchester United ini direkrut saat usia 19 tahun. Pada musim 2015/2016, United merekrut Martial dari Monaco dengan mahar mencapai 60 juta euro. Meskipun penampilannya bersama Setan merah kurang menonjol, namun Martial masih menjadi andalan. 

5. Benjamin Mendy - 57,5 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Pernah Dijual AS Monaco, Deretan Bintang Muda!mancity.com

Pemain berikutnya juga muncul setelah Monaco juara pada musim 2016/2017. Manchester City tak ragu merekrut salah satu bek kiri potensial yaitu Benjamin Mendy. Saat musim 2017/2018, Mendy masih berusia 23 tahun. Monaco melepas pemain Prancis tersebut ke City dengan harga 57,5 juta euro. 

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Chelsea, Werner Salah Satunya?

6. Bernardo Silva - 50 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Pernah Dijual AS Monaco, Deretan Bintang Muda!premierleague.com

Tak hanya Benjamin Mendy, di musim yang sama Manchester City juga merekrut bintang muda lainnya yaitu Bernardo Silva. Pemain Portugal tersebut saat ini menjadi andalan di skuat utama Pep Guardiola. Pada saat direkrut, pemain sayap kanan ini masih berusia 22 tahun. City tak ragu menebusnya dari Monaco dengan mahar 50 juta euro. 

7. Fabinho - 45 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Pernah Dijual AS Monaco, Deretan Bintang Muda!liverpoolfc.com

Fabinho juga menjadi bagian Monaco dalam meraih gelar Ligue 1. Pada musim 2018/2019, Fabinho dijual Monaco ke Liverpool. Gelandang asal Brasil ini juga masih relatif muda saat bergabung dengan The Reds yaitu berusia 24 tahun. Liverpool harus mengeluarkan dana sebesar 45 juta euro untuk dapatkan Fabinho. 

8. Youri Tielemans - 45 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Pernah Dijual AS Monaco, Deretan Bintang Muda!lcfc.com

Awal musim ini Monaco juga menjual salah satu bintang mudanya yaitu Youri Tielemans. Tielemans merupakan pemain gelandang yang kini berusia 23 tahun. Pemain Belgia ini dijual Monaco ke Leicester City dengan mahar mencapai 45 juta euro. Tielemans pun langsung menjadi andalan di lini tengah Leicester. 

9. Tiemoue Bakayoko - 40 juta euro

10 Pemain Termahal yang Pernah Dijual AS Monaco, Deretan Bintang Muda!premierleague.com

Pemain lainnya yang dijual Monaco setelah juara Ligue 1 adalah Tiemoue Bakayoko. Pemain gelandang ini dilepas Monaco ke Chelsea pada musim 2017/2018. The Blues mengeluarkan dana sebesar 40 juta euro untuk dapatkan pemain yang saat itu berusia 22 tahun tersebut. Namun karier Bakayoko di Chelsea tak berjalan mulus, kini ia kembali ke Monaco dengan status pinjaman. 

10. Geoffrey Kondogbia - 36 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Pernah Dijual AS Monaco, Deretan Bintang Muda!sempreinter.com

Geoffrey Kondogbia menjadi pemain termahal terakhir dalam daftar ini. Pemain gelandang ini meninggalkan Monaco pada musim 2015/2016 dan bergabung dengan Inter Milan. Saat itu Kondogbia masih berusia 22 tahun dan ditebus Inter dengan harga sebesar 36 juta euro. 

Itulah sepuluh pemain termahal yang pernah dijual AS Monaco. Adakah pemain yang bergabung dengan klub favoritmu? 

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Didatangkan Klub Premier League dari Ligue 1

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya