Comscore Tracker

5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon, Tak Ada CR7?

Bruno Fernandes teratas!

Sporting Lisbon menjadi salah satu tim asal Portugal yang dikenal dengan akademi yang cukup baik. Tak sedikit pemain-pemain dari Sporting Lisbon menjadi andalan di tim elite Eropa lain hingga saat ini. Salah satunya tentu saja mega bintang Cristiano Ronaldo. Selain CR7 ada beberapa pemain lain yang juga tak kalah berkualitas.

Pemain-pemain tersebut dijual Sporting Lisbon dengan harga yang cukup tinggi. Namun saat dijual dijual ke Manchester United, nilai transfer CR7 tak terlalu tinggi. Lalu siapa pemain termahal yang pernah dijual Sporting Lisbon? Berikut ulasannya.

1. Bruno Fernandes - 55 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon, Tak Ada CR7?goal.com

Bruno Fernandes menjadi pemain yang batu dijual Sporting Lisbon pada Januari 2020. Pemain gelandang ini dilepas ke Manchester United dengan harga 55 juta euro. Nilai tersebut menjadi yang tertinggi dalam sejarah penjualan Sporting. Pemain berusia 25 tahun ini digadang-gadang sebagai penerus kesuksesan Ronaldo bersama Setan merah.

Pemain Portugal ini membela Sporting sejak musim 2017/2018 setelah direkrut dari Sampdoria dengan harga 9,69 juta euro. Bruno tampil dalam 137 laga Sporting di semua kompetisi. Dipercaya sebagai kapten, Bruno mencatatkan 63 gol dan 52 assist.

2. Joao Mario - 40 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon, Tak Ada CR7?inter.it

Pemain berikutnya juga berposisi sebagai gelandang yakni Joao Mario. Pemain berkebangsaan Portugal ini dijual Sporting Lisbon ke Inter Milan pada musim 2016/2017. Saat itu ia masih berusia 23 tahun dan ditebus Inter dengan harga 40 juta euro.

Sebelum dilepas ke Inter, Mario bergabung dengan skuat utama Sporting pada tahun 2014. Joao Mario menjadi salah satu pemain lulusan akademi Sporting Lisbon. Selama berseragam klub asal Portugal tersebut, Mario tampil dalam 93 pertandingan. Sebagai gelandang, ia mencatatkan 14 gol dan 18 assist.

3. Islam Slimani - 30,5 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon, Tak Ada CR7?goal.com

Penjualan Islam Slimani juga memberikan keuntungan finansial bagi Sporting Lisbon. Pemain asal Aljazair ini bergabung dengan Sporting Lisbon pada musim 2013/2014. Saat itu Sporting membeli Slimani dengan harga 300 ribu euro.

Setelah tiga musim berseragam Sporting, pemain striker ini dilepas ke Leicester dengan harga 30,5 juta euro. Pemain yang kini berusia 32 tahun ini telah membela Sporting dalam 111 pertandingan. Sebagai seorang striker, Slimani mencetak 57 gol dan 15 assist. 

Baca Juga: 8 Transfer Pemain Portugal Termahal Hingga Kini, Felix Ungguli CR7!

4. Luis Nani - 25,5 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon, Tak Ada CR7?bleacherreport.com

Pemain Sporting Lisbon lainnya yang pindah ke Manchester United selain Ronaldo dan Bruno Fernandes adalah Luis Nani. Penyerang sayap ini dilepas Sporting ke United pada musim 2007/2008. Saat itu Nani menjadi pemain muda potensial karena masih berusia 20 tahun dan ditebus MU dengan harga 25,5 juta euro.

Nani juga sempat menimba ilmu di akademi Sporting Lisbon. Selama menjadi bagian Sporting, pemain yang kini berusia 33 tahun ini tampil dalam 131 pertandingan. Sebagai penyerang sayap, Nani mencetak 31 gol dan 25 assist. 

5. Adrien Silva - 25 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon, Tak Ada CR7?bundesliga.com

Pemain termahal terakhir dalam daftar ini adalah Adrien Silva. Sama seperti Islam Slimani, Silva pindah dari Sporting Lisbon dan bergabung dengan Leicester City. Kepindahannya tersebut terjadi pada musim 2017/2018 dengan mahar senilai 25 juta euro. Pemain berkebangsaan Portugal ini merupakan pemain luluan akademi Sporting.

Sempat dipinjamka ke beberapa tim lain, Silva akhirnya dijual permanen ke Leicester. Selama berseragam Sporting Lisbon, pemain gelandang ini tampil dalam 238 laga. Pemain yang kini berusia 31 tahun tersebut mencetak 39 gol dan 19 assist dari penampilannya tersebut. 

Selain tampil apik saat membela Sporting Lisbon, pemain-pemain tersebut juga memberikan keuntungan secara finansial saat dijual. Selain Cristiano Ronaldo, siapa mantan pemain Sporting yang juga bersinar bersama klub Eropa lainnya?

Sumber 

https://www.transfermarkt.com/sporting-lissabon/rekordabgaenge/verein/336

Baca Juga: 5 Transfer Pemain U-17 Termahal Hingga Kini, Bellingham yang Terbaru?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya