Comscore Tracker

7 Pemain Termuda yang Jalani Debut di La Liga dalam Sedekade Terakhir

Bagaimana kabar mereka saat ini? 

La Liga menjadi kompetisi berikutnya yang kembali digelar usai COVID-19. Kasta teratas liga Spanyol ini merupakan salah satu liga top di Eropa. Pemain-pemain terbaik juga bertanding di La Liga seperti Hazard hingga Lionel Messi.

Meskipun banyak pemain bintang, namun tim La Liga juga tak segan memberikan kesempatan pemain muda. Ada beberapa pemain termuda yang jalani debut di setiap musimnya. Berikut tujuh pemain termuda yang debut di La Liga dalam sedekade terakhir. 

1. Fabrice Olinga (Malaga) 

7 Pemain Termuda yang Jalani Debut di La Liga dalam Sedekade Terakhiralchetron.com

Pemain termuda yang debut di La Liga dalam sepuluh tahun terakhir adalah Fabrice Olinga. Pemain asal Kamerun ini debut bersama Malaga pada 18 Agustus 2012. Hal tersebut terjadi saat Malaga menghadapi Celta Vigo. Saat itu, Olinga masih berusia 16 tahun, 3 bulan dan 6 hari.

Namun usai debut karier Olinga tak berkembang secara signifikan. Pemain sayap kiri ini hanya bermain dalam 16 laga bersama Malaga. Saat ini Olinga membela klub Belgia yakni Mouscron sejak 2015.

2. Martin Odegaard (Real Madrid)

7 Pemain Termuda yang Jalani Debut di La Liga dalam Sedekade Terakhirbeinsports.com

Meskipun dikenal dengan tim bertabur bintang, Real Madrid juga tak ragu memainkan pemain muda potensial. Salah satunya yaitu Martin Odegaard yang debut pada 23 Mei 2015. Tepatnya pada laga antara Madrid menghadapi Getafe.

Pada laga tersebut, Odegaard masih berusia 16 tahun, 5 bulan dan 6 hari. Meskipun saat ini masih berstatus pemain El Real, namun Odegaard lebih banyak dipinjamkan. Pemain Norwegia ini hanya mencatatkan 2 kali penampilan bersama tim utama Madrid. 

3. Paul Quaye (Espanyol)

7 Pemain Termuda yang Jalani Debut di La Liga dalam Sedekade Terakhirghanasoccernet.com

Pemain berikutnya yaitu Paul Quaye yang menjalani debut di La Liga bersama Espanyol. Pemain asal Ghana ini tampil perdana untuk Espanyol saat menghadapi Rayo Vallecano. Pada laga yang digelar 11 Maret 2011 tersebut, Quaye masih berusia 16 tahun, 5 bulan dan 24 hari.

Setelah menjalani debut, pemain gelandang ini juga tak terlalu berkembang. Laga melawan Rayo Vallecano menjadi satu-satunya pertandingan yang dimainkan Quaye bersama tim utama Espanyol. Kini, pemain berusia 24 tahun tersebut membela tim Amatir Spanyol, Moralo CP. 

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut di Liga Champions Musim Ini, Siapa Saja?

4. Gaspar Panadero (Almeria) 

7 Pemain Termuda yang Jalani Debut di La Liga dalam Sedekade Terakhiras.com

Gaspar Panadero menjadi pemain termuda selanjutnya dalam daftar ini. Pemain asal Spanyol ini menjalani debut pada 12 September 2014 bersama Almeria. Ia diberikan kesempatan debut pada saat Almeria menghadapi Cordoba.

Pada laga tersebut, Panadero masih berusia 16 tahun, 9 bulan dan 3 hari. Ia sempat menjadi andalan Almeria hingga musim ini. Namun pada Januari lalu, Panadero resmi pindah ke Uni Emirat Arab bersama Al Wahda. Pemain sayap kiri ini bermain dalam 47 laga bersama tim utama Almeria.

5. Joel Valencia (Real Zaragoza) 

7 Pemain Termuda yang Jalani Debut di La Liga dalam Sedekade Terakhiralchetron.com

Joel Valencia adalah pemain asal Eduador yang berposisi sebagai gelandang serang. Ia menjalani debut di La Liga bersama Real Zaragoza. Tepatnya saat laga melawan Real Madrid pada 28 Agustus 2011. Pada saat jalani debut, Valencia masih berusia 16 tahun, 9 bulan dan 12 hari.

Pertandingan tersebut menjadi satu-satunya laga di La Liga bersama Real Zaragoza. Pemain berusia 25 tahun tersebut kini membela klub divisi Championship Inggris, Brentford. 

6. Ansu Fati (FC Barcelona) 

7 Pemain Termuda yang Jalani Debut di La Liga dalam Sedekade Terakhirfcbarcelona.es

Ansu Fati menjadi pemain termuda yang debut pada musim ini. Pemain Spanyol ini mendapat kesempatan berharga karena debut bersama tim raksasa La Liga, Barcelona. Tepatnya pada saat Barca menghadapi Real Betis.

Pada laga yang digelar 25 Agustus 2019 tersebut, Fati masih berusia 16 tahun, 9 bulan dan 25 hari. Sejauh ini, Fati cukup bersinar dengan tim utama Barca. Ia telah tampil dalam 16 laga di La Liga dengan catatan 4 gol. 

7. Jose Garcia (Osasuna) 

7 Pemain Termuda yang Jalani Debut di La Liga dalam Sedekade Terakhirfutbolfantasy.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Jose Garcia. Pemain Spanyol ini menjalani debut di La Liga bersama Osasuna. Tepatnya pada 8 November 2013 saat Osasuna menghadapi Almeria. Saat itu, pemain sayap kiri ini masih berusia 16 tahun, 9 bulan dan 26 hari.

Setelah laga tersebut, Garcia tak mendapat kesempatan tampil kembali. Pemain berusia 23 tahun tersebut kini membela tim amatir liga Spanyol yaitu Pontevedra. 

Meskipun tak terlalu bersinar setelah jalani debut, nama mereka tetap tercatat dalam sejarah. Akankah ada pemain yang memecahkan rekor pemain termuda di La Liga? 

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Main di Premier League Musim Ini, Calon Bintang?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya