5 Pemain Termuda yang Debut di Laga Pertama Fase Grup Piala Dunia 2022

Duo pemain muda Spanyol tentunya juga masuk di daftar ini

Dibuka sejak, Minggu (20/11/2022), Piala Dunia 2022 Qatar telah merampungkan putaran pertama fase grup. Para tim peserta telah mengerahkan kekuatannya untuk meraih start terbaik di ajang empat tahunan ini.

Meski di panggung yang begitu megah, tim-tim yang berlaga tak ragu memainkan para pemain mudanya. Bahkan, beberapa di antaranya berani menurunkan remaja 18 tahun! Bermain di ajang bergengsi seperti Piala Dunia di usia yang masih belia tentu bakal jadi pengalaman berharga.

Tak hanya sebagai pelengkap, beberapa pemain muda yang debut di Piala Dunia 2022 ini juga sukses tampil mengesankan, lho! Siapa yang bakal terus bersinar hingga bisa menjadi bintang andalan masa depan?   

1. Youssoufa Moukoko (Jerman)

5 Pemain Termuda yang Debut di Laga Pertama Fase Grup Piala Dunia 2022Youssoufa Moukoko (twitter.com/DFB_Team_EN)

Youssoufa Moukoko menjadi pemain termuda yang debut di Piala Dunia 2022, khususnya pada laga putaran pertama fase grup. Ia juga memecahkan rekor pemain termuda Jerman dalam sejarah Piala Dunia.

Momen bersejarah itu terjadi pada 23 November 2022 saat Jerman menghadapi Jepang. Saat tertinggal dari Jepang, Hansi Flick memasukkan Moukoko untuk menambah daya dobrak.

Dalam laga perdana Grup E tersebut, pemain Borussia Dortmund ini masih berusia 18 tahun 3 hari. Sayangnya Moukoko juga belum mampu berkontribusi menyelamatkan Jerman dari rasa malu. Bersama Die Mannschaft, Moukoko sudah mencatatkan dua caps.

2. Garang Kuol (Australia)

5 Pemain Termuda yang Debut di Laga Pertama Fase Grup Piala Dunia 2022Garang Kuol (twitter.com/Socceroos)

Pemain kedua dalam daftar ini adalah pemain Timnas Australia, Garang Kuol. Kuol merupakan pemain klub Central Coast yang berposisi sebagai striker.

Ia menjalani debut di Piala Dunia 2022 saat Australia menghadapi Prancis. Pada laga ini, Kuol masih berusia 18 tahun, 2 bulan, dan 7 hari.

Sama seperti Moukoko, laga tersebut juga mencatatkan Kuol sebagai pemain termuda Australia dalam sejarah Piala Dunia. Hingga saat ini, ia sudah mengoleksi dua caps bersama Australia.

Baca Juga: 10 Potret Cody Gakpo, Pemain Muda Timnas Belanda yang Tampil Impresif

3. Gavi (Spanyol)

5 Pemain Termuda yang Debut di Laga Pertama Fase Grup Piala Dunia 2022Gavi (twitter.com/_pablogavi)

Pemain berikutnya begitu mengesankan saat debut di Piala Dunia 2022 Qatar. Pemain tersebut adalah Gavi yang menjadi andalan Timnas Spanyol di Piala Dunia kali ini.

Gavi pun turut pecahkan rekor sebagai pemain termuda Spanyol yang mentas di Piala Dunia. Gavi tampil perdana saat La Roja menghancurkan Kosta Rika pada laga perdana Grup E.

Dalam laga tersebut, sang gelandang masih berusia 18 tahun, 3 bulan, dan 18 hari. Menariknya, Gavi ikut mencetak gol yang sekaligus mencatatkan namanya sebagai pencetak gol termuda ketiga dalam sejarah Piala Dunia. 

4. Jewison Bennete (Kosta Rika)

5 Pemain Termuda yang Debut di Laga Pertama Fase Grup Piala Dunia 2022Jewison Bennette (twitter.com/Jewisonoficial9)

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Jewison Bennette yang tampil di Piala Dunia 2022 bersama Timnas Kosta Rika. Pemain muda Kosta Rika ini menjalani debut pada 23 November 2022 saat menghadapi Spanyol.

Ia menjalani debut Piala Dunia di usia18 tahun, 5 bulan, dan 8 hari. Bennette merupakan pemain yang saat ini membela klub Inggris, Sunderland.

Meski masih belia, ia sudah mencatatkan banyak pertandingan bersama Timnas Kosta Rika. Debut sejak 2021, hingga kini ia telah mencatatkan tujuh caps.

5. Alejandro Balde (Spanyol)

5 Pemain Termuda yang Debut di Laga Pertama Fase Grup Piala Dunia 2022Alejandro Balde (twitter.com/SEFutbol)

Pemain Spanyol lainnya, Alejandro Balde, juga menjadi pemain muda yang tampil di laga perdana grup Piala Dunia 2022. Sama seperti Gavi, sang bek kiri juga merupakan pemain yang membela Barcelona.

Alejandro Balde dipercaya tampil sebagai pengganti dalam laga menghadapi Kosta Rika. Pada laga yang digelar 23 November 2022 tersebut, Balde masih berusia 19 tahun, 1 bulan, dan 5 hari.

Uniknya, laga tersebut juga menjadi debutnya bersama Timnas Spanyol. Balde tampaknya sudah terplot sebagai pengganti Jordi Alba yang makin digerus usia.

Seberapa besar peluang sederet pemain muda di atas jadi bintang utama Piala Dunia edisi-edisi berikutnya? Bagaimana prediksimu?

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Timnas Spanyol di Piala Dunia, Gavi Pecahkan Rekor!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya