Comscore Tracker

5 Pemain Termuda Timnas Portugal dalam Sejarah Piala Eropa, Ada CR7!

Deretan bintang Selecao das Quinas

Portugal merupakan juara bertahan yang akan berpartisipasi di Piala Eropa 2020. Timnas Portugal berhasil menjadi juara pada Piala Eropa 2016 lalu di Prancis. Pada gelaran kali ini, Timnas Portugal mengandalkan cukup banyak pemain bintang dan beberapa di antaranya masih terbilang muda.

Sebenarnya mereka sudah beberapa kali mengandalkan pemain muda di Piala Eropa. Rekor tersebut mungkin saja akan terpecahkan pada edisi kali ini karena beberapa pemain yang dipanggil masih cukup belia. Siapa saja pemain termuda Timnas Portugal dalam sejarah Piala Eropa?

1. Renato Sanches

5 Pemain Termuda Timnas Portugal dalam Sejarah Piala Eropa, Ada CR7!Renato Sanchez (en.as.com)

Pemegang rekor pemain termuda Timnas Portugal dalam sejarah Piala Eropa adalah Renato Sanches. Pemain Lille ini menjalani debut di Piala Eropa pada 14 Juni 2016. Saat itu Portugal menjalani babak grup menghadapi Islandia.

Dalam laga tersebut, Renato masih berusia 18 tahun, 9 bulan, dan 27 hari. Hingga kini pemain berusia 23 tahun tersebut telah membela Timnas Portugal dalam 26 pertandingan. Dari penampilannya tersebut, ia mampu mengoleksi 2 gol dan menjadi salah satu pemain yang akan berlaga di Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Kisah Renato Sanches, Wonderkid yang Sempat Tenggelam dan Kini Bangkit

2. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Termuda Timnas Portugal dalam Sejarah Piala Eropa, Ada CR7!Cristiano Ronaldo (twitter.com/goal)

Cristiano Ronaldo juga menjadi salah satu pemain yang bersinar sejak usia muda. Pemain megabintang ini pertama kali membela Timnas Portugal di Piala Eropa pada edisi tahun 2004. Laga pertamanya terjadi pada saat menghadapi Yunani dalam babak grup.

Pada pertandingan yang digelar 12 Juni 2004 tersebut, Ronaldo masih berusia 19 tahun, 4 bulan, dan 7 hari. Mantan pemain Manchester United ini menjadi pemain dengan caps dan gol terbanyak di Timnas Portugal. Pemain yang kini membela Juventus itu mencatatkan 175 caps dengan torehan 104 gol. 

3. Nelson Oliveira

5 Pemain Termuda Timnas Portugal dalam Sejarah Piala Eropa, Ada CR7!Nelson Oliveira (goal.com)

Nelson Oliveira, pemain ketiga dalam daftar ini, menjalani debut di Piala Eropa bersama Timnas Portugal pada edisi tahun 2012. Ia tampil perdana di Piala Eropa pada 11 Juni 2012, tepatnya saat Timnas Portugal menjalani pertandingan babak grup menghadapi Jerman.

Dalam laga tersebut, Oliveira masih berusia 20 tahun, 10 bulan, dan 1 hari. Pemain AEK Athens tersebut hingga kini sudah membela Timnas Portugal dalam 17 pertandingan. Sayangnya, ia tak dipanggil Fernando Santos untuk berlaga di ajang Piala Eropa 2020.

4. Luis Nani

5 Pemain Termuda Timnas Portugal dalam Sejarah Piala Eropa, Ada CR7!Luis Nani (bleacherreport.com/Alex Livesey/Getty Images)

Berikutnya juga tak kalah populer dengan nama-nama sebelumnya. Luis Nani menjadi salah satu pemain Portugal yang cukup sukses. Ia tampil perdana bersama Selecao das Quinas di ajang Piala Eropa pada 7 Juni 2008.

Saat usianya masih 21 tahun, 6 bulan, dan 21 hari, Nani diturunkan Timnas Portugal menghadapi Turki dalam pertandingan babak grup. Bersama Timnas Portugal, pemain yang kini membela Orlando City ini menciptakan 23 gol dari 112 penampilan.

5. Joao Moutinho

5 Pemain Termuda Timnas Portugal dalam Sejarah Piala Eropa, Ada CR7!Joao Moutinho (independent.ie)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Joao Moutinho yang saat ini membela Wolves. Pemain berusia 234 tahun itu menjalani debut bersama Timnas Portugal di Piala Eropa 2008, tepatnya pada 7 Juni 2008. Saat itu Portugal menjalani pertandingan babak grup menghadapi Turki.

Dalam laga tersebut, Moutinho masih berusia 21 tahun, 8 bulan, dan 30 hari. Hingga kini pemain gelandang tersebut telah tampil dalam 131 pertandingan bersama Timnas Portugal dengan catatan 7 gol. Moutinho menjadi salah satu pemain yang akan berlaga di Piala Eropa 2020.

 

Timnas Portugal menjadi salah satu unggulan terkuat di Piala Eropa 2020 kali ini. Selain berstatus sebagai juara bertahan, komposisi pemain mereka juga sangat merata hampir di semua lini.

Baca Juga: 5 Pemain Kunci Timnas Portugal di Ajang Piala Eropa 2020, Mampu Juara?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya